Edit Foto 3D di Android

Tips Edit Foto 3D di Android dengan Aplikasi Sederhana

Foto 3D termasuk seni modern yang kini banyak dibuat. Foto 3D bisa dibuat dengan berbagai macam cara, menggunakan software yang ada di komputer atau menggunakan aplikasi di hp android. Foto 3D dibuat dengan menonjolkan sebuah objek sehingga terlihat nyata. Mengedit menggunakan software pastinya membutuhkan ketelatenan dan langkah yang banyak sehingga sulit diikuti oleh pemula. Untungnya kini ada banyak aplikasi di android yang bisa dimanfaatkan.

Jika Anda ingin mengedit foto 3D tapi belum terlalu paham akan penggunaan tools dalam software maka gunakan saja aplikasi pengedit foto 3D di android. Ada banyak aplikasi yang bisa Anda pilih. Artikel ini akan membahasnya untuk Anda.

Edit Foto 3D Menggunakan PicSay Pro

Di dalam dunia aplikasi edit foto di android, nama Picsay Pro termasuk yang paling dikenal dan banyak digunakan. Oleh karena aplikasi ini memiliki banyak sekali fitur dan kelebihan. Sayangnya ini adalah aplikasi berbayar. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan di Google Play Store. Jika mau yang gratis Anda harus mencari aplikasinya di situs lainnya yang memberikan versi gratis. Salah satu kelebihan dari aplikasi PicSay Pro ini adalah memiliki plug in menu yang tidak terlalu banyak jika dibandingkan Picsart.

Mengedit foto 3D dengan PicSay Pro ini lumayan mudah karena hanya perlu menggunakan beberapa menu yang sudah disediakan. Jadi jika Anda tidak bisa menggunakan Photoshop atau software editing lainnya yang sulit langsung saja ikuti tutorial di bawah ini.

  • Oleh karena jika mendownload di Google Play Store akan mendapatkan versi yang berbayar maka Anda harus mencari aplikasi ini di website. Pasti ada yang memberikan link untuk PicSay Pro gratis. Jika sudah menemukannya maka langsung download lalu instal di hp.
  • Selanjutnya buka aplikasi tersebut. Kemudian ambil foto yang akan Anda jadikan background, dalam tutorial ini gunakan foto smartphone yang gambarnya vertikal. Caranya adalah dengan memilih menu Get a Picture.
  • Sesudah itu akan muncul gambar yang telah Anda pilih. Lalu sekarang saatnya pilih menu Effect untuk membuat foto background ini lebih unik. Banyak sekali pilihannya beserta gambar contoh hasil efek yang akan dihasilkan.
  • Cari mana yang menurut Anda cocok untuk dibuat efek 3D. Namun lebih baik pilih efek Vertical Stretch supaya gambar hp jadi memanjang.
  • Sesudah dipilih lanjutkan dengan melakukan mengimport gambar kedua yang akan dijadikan objek 3D-nya atau objek yang dibuat seperti menonjol dari background. Jangan dulu lakukan perubahan sedikit pun.
  • Setelahnya sesuaikan letak gambar dan ukuran gambar kedua. Atur supaya efek 3D bisa didapatkan, simpan gambar kedua di pinggir gambar background. Selanjutnya buat gambar tersebut jadi agak transparan. Caranya adalah menggeser transparency-nya jadi lebih kecil atau sesuai dengan keinginan Anda dan bagusnya seperti apa.
  • Sesudah itu atur kembali nilai transparency-nya menjadi 100 persen lalu klik tanda ceklis hijau yang letaknya ada di bagian kanan atas aplikasi ini.
  • Lalu hapus background gambar yang Anda import supaya hasilkan efek 3D yang bagus. Misalnya jika gambar kedua yang dijadikan objek 3D diambil di sebuah tempat maka hapus gambar tempatnya. Gunakan Eraser untuk menghapusnya. Jangan takut gagal karena Anda bisa mengembalikannya kembali dengan ikon Painter yang ada di sebelahnya.
  • Hapus secara perlahan supaya rapi. Supaya lebih bagus hasilnya maka zooming dulu pada bagian yang akan dihapus, caranya dengan mencubit area yang akan diedit lalu tarik keluar. Sama seperti ketika Anda zoom foto di smartphone umumnya.
  • Sesudah area sekitar gambar berhasil dihapus maka sekarang hapus bagian lainnya yang tidak terpakai.
  • Jika menurut Anda sudah pas atau gambarnya sudah bagus maka sekararang Anda hanya perlu menyimpannya. Caranya adalah dengan klik ikon ceklist berwarna hijau. Kemudian pilih Export dan Save gambarnya.

Selesai sudah caranya. Ini adalah cara mudah untuk mengedit foto menjadi 3D jadi pemula juga bisa melakukannya. Untuk editan yang lain Anda bisa belajar sendiri karena menunya mudah digunakan.

Kelebihan PicSay Pro

Aplikasi PicSay Pro memang memiliki banyak kelebihan sehingga Anda bisa mengandalkannya. Salah satu alasannya karena memilki banyak fitur dan menu berguna. Berikut ini beberapa hal yang menjadi kelebihannya.

  • Effect

Efek yang dimiliki oleh aplikasi ini bisa digunakan secara instan seperti filter, photo effect, dan frame. Oleh karena itu pemula jadi bisa mudah menggunakannya. Dibandingkan menggunakan aplikasi lainnya seperti Photoshop Touch pasti Anda akan repot karena kebanyakan manual.

  • Adjustment

Di dalam fitur ini PicSay Pro pengaturannya digabungkan menjadi beberapa jenis. Beberapa di antaranya ada misc dan transform picture yang ada dalam satu menu ini. Sayangnya di aplikasi ini tidak ada fitur replace color.

  • Blend Mode dan Layer

Memiliki lumayan banyak pilihan layer dan blend mode tapi mungkin tidak sebanyak aplikasi Photoshop Touch.

  • Sticker and Font

Di dalam PicSay Pro Anda bisa melakukan custom font dan ada banyak pilihan sticker. Anda juga menambahkan font jika menginginkannya.

  • Layout

Navigasi fitur PicSay Pro pada menu ini lumayan tertata dengan baik sehingga akan mudah dipilih dan digunakan.

Selain itu PicSay Pro memiliki ukuran yang sangat ringan jadi tidak perlu memakan tempat yang banyak. Anda jadi tidak akan mengalami yang namanya hang atau lag karena hp bekerja terlalu keras.

Bagaimana menurut Anda mengenai aplikasi ini? Apakah tertarik untuk menggunakannya? Jika dirasa masih kurang Anda bisa memilih aplikasi lainnya yang akan dibahas di bawah ini.

Aplikasi untuk Membuat Foto 3D di Android

Selain dengan menggunakan aplikasi tersebut, masih banyak aplikasi lainnya di android yang bisa digunakan. Semua aplikasi ini memiliki menu yang sederhana sehingga akan mudah digunakan. Antara lain sebagai berikut.

  • Camera 3D By AppTech

Aplikasi foto 3D yang merupakan buatan developer AppTech ini bisa digunakan untuk membuat foto 3D secara langsung. Untuk menggunakannya Anda harus mengambil gambar dari berbagai angle supaya hasilnya akan terlihat benar-benar seperti foto 3D dengan “menghidupkan” fotonya. Aplikasi ini bisa membuat Anda bisa melihat foto 3D tanpa menggunakan kacamata khusus.

  • 3D Camera By Wise Shark Software

Aplikasi ini termasuk yang paling sederhana, hanya menciptakan dua buah foto yang diambil dari sisi berbeda. Sesudah itu hasilnya foto akan tampak 3D. Pendekatannya sama dengan aplikasi pertama yang dibahas di atas.

  • 3D Camera By R120

Aplikasi ini termasuk yang terbaik karena memiliki fitur terbaru. Cara menggunakannya juga mudah dibandingkan jika menggunakan software pembuat efek 3D. Untuk menghasilkan foto 3D dengan aplikasi ini Anda harus membuat dua buah garis. Satu garis akan menjadi latar belakangnya dan satu garis lainnya menjadi latar depan.

Setelah itu kamera ini akan langsung mensimulasikannya supaya menjadi efek 3D. Anda bisa melihat hasilnya dengan cara menggoyangkan perangkat atau menggerakan jari pada layar. Untuk melakukan editnya Anda hanya perlu menarik jari di sekitar objek agar hasilnya dapat teruraikan kemudian ikuti panduan langsung dari aplikasinya.

Itulah dia berbagai aplikasi android lainnya yang bisa Anda gunakan untuk membuat foto dengan efek 3D. Cara menggunakannya lebih mudah dibandingkan menggunakan PicSay Pro.

Demikianlah pembahasan mengenai cara mengedit foto menjadi 3D di android. Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang sedang mencari informasinya.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Mengedit Video

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − eight =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.