DSLR untuk Pemula

DSLR untuk Pemula? Jawabannya Nikon D3400

Salah satu kamera DSLR yang memiliki kualitas baik adalah Nikon D3400. Kamera ini dibanderol dengan harga sekitar 8 juta rupiah. Kamera ini memiliki kemampuan menghadirkan hasil gambar yang berkualitas dan kecepatan yang diharapkan oleh pembeli pertama kamera DSLR. Berdasarkan editor situs terkemuka, kamera ini secara keseluruhan mendapatkan nilai 7.7 dengan angka 8 untuk kualitas gambar serta performa.

Spesifikasi Nikon D3400

Spesifikasi yang dimiliki kamera ini, antara lain:

  • Nama: Nikon D3400
  • Tipe: DSLR
  • Sensor: APS-C CMOS
  • Resolusi: 24.2 MP
  • Lensa: Nikon F mount(DX)
  • Viewfinder: Optical
  • Tipe layar: 3.0 inc, 921,000 dots
  • Kecepatan maksimum mode pemotretan beruntun: 5fps
  • Film: 1080p

Sensor kamera 24,2 MP pada kamera ini tidak memiliki filter Low Pass. Hal ini membuat foto menjadi terlihat lebih tajam daripada hasil dari kamera yang memiliki filter Low-Pass. Kamera ini muda digunakan baik kondisi pencahayaan tinggi ataupun rendah. Sensitivitas ISO yang berada pada rentang 100 sampai 25.600 serta dukungan Processor EXPEED 4 membuat kamera bisa menangkap gambar menjadi lebih cepat.

Kamera Nikon D3400 memiliki mode pemotretan beruntun dengan menekan serta menahan tombol Shutter. Mode beruntun atau Continuous Shoot  yang dimiliki kamera ini bisa menangkap gambar dengan kecepatan sampai 5 frame per detik. Fitur Automatic Focus(AF) dapat digunakan saat kamera dalam mode pemotretan beruntun. Video yang dihasilkan oleh rekaman kamera ini berupa video full HD 1080/60p. Fitur video yang terdapat dalam kamera ini antara lain Time-lapse, video slow motion, dan lain-lain.

Dibandingkan dengan D3300, kamera ini dibekali dengan baterai yang lebih tahan lama. Nikon D3400 bisa memotret hingga 1.200 foto dalam satu kali pengisian daya baterai. Ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan D3300 yang hanya dapat memotret sekitar 700 foto dalam sekali pemakaian. Selain itu D3400 dilengkapi dengan SnapBridge yang bisa menghubungkan kamera dengan perangkat mobile melalui Bluetooth Low Energy. Bobot kamera ini sendiri lebih ringan dari kamera D3300.

Nikon D3400 merupakan penerus dari kamera Nikon D3300 yang sebelumnya sukses menjadi kamera DSLR yang banyak direkomendasikan untuk pemula. Meskipun penerus, namun peningkatan pada kamera ini sebenarnya tidak terlalu vital. Beruntungnya keunggulan milik pendahulunya bisa kita rasakan pada kamera ini. Kecepatan serta hasil foto dan video yang berkualitas serta optimisasi lensa untuk merekam melalui LCD. Sayangnya fasilitas untuk mentransfer file secara wireless atau tanpa kabel sedikit memiliki kekurangan. Ini merupakan salah satu kekurangannya.

Lensa dan Foto Kamera

Bersama dengan kameranya, Nikon menghadirkan dua versi dari dua lensa kit baru. Lensa AF-P menggabungkan lensa STM Canon untuk kelembutan dan fokus Live View yang lebih diam pada tampilan LCD kamera. Masing-masing terdir dari dua versi yaitu 18-55mm dan 70-300mm. Satu dengan fitur optical image stabilization(Nikon Vibration Reduction atau VR) dan satunya tidak. Tambahan nama VR dibubuhkan bagi yang memiliki fitur tersebut.

Nikon menawarkan dua kit dari D3400, tersedia pada beberapa negara. Pilihan utama dengan lensa 18-55mm VR dengan harga $650 dan AU$700 untuk versi non-VR. Pilihan lainnya yaitu lensa dual kit dengan versi VR  18-55mm tapi versi non VR memiliki 70-300mm. Terdapat konfigurasi stabilisasi pada lensa dan tanpa stabilisasi.

Secara keseluruhan, kamera menghadirkan hasil foto yang sangat bagus dan kualitas video yang sesuai dengan harganya. Terdapat sensor baru meskipun memiliki resolusi yang sama dengan D3300, tapi tanpa filter anti-aliasing. Ini menjadi hasilnya lebih tajam pada cahaya rendah daripada kamera pendahulunya. Meskipun tampak tak lebih baik dalam hal tonal range, tapi kelebihan ketajaman ini yang membuat perbedaan.

Adanya automatic white balance tidak begitu memberikan dampak baik. Ini menampilkan semu ungu sehingga foto tampak sedikit dingin. Tapi kita biasanya tidak akan terlalu melihatnya jika tidak hipersensitif pada akurasi warna atau membandingkan dengan kamera yang lebih akurat.

Performa Kamera

D3400 cukup cepat dalam hal fokus dan perekaman termasuk rekaman yang berkelanjutan. Memotret atau merekam anak-anak, hewan, dan perjalanan dapat dilakukan dengan baik oleh kamrea ini secepat kamera yang lebih mahal. Kamera ini mampu autofocus selama perekaman berlangsung, meskipun kecepatan dan akurasi tergantung pada mode autocus yang dipilih dan secepat apa subyek tersebut bergerak.

Ini tidak dapat melakukan autoexpose pada waktu yang sama. Jadi untuk subyek bergerak di siang hari dan cahaya yang mungkin kita dapatkan akan sedikit kurang atau over tergantung dari kondisi. Titik autofocus yang  kecil membuat sulit untuk mengetahui apakah kamera sedang fokus dan atau tidak.

Beruntungnya terjadi peningkatan pada dua lensa Live View  via LCD. Ini tidak terlalu cepat namun setidaknya cukup berguna dalam pemotretan.

Desain dan fitur kamera tidak berubah banyak dari pendahulunya D3300 namun pemotretan menjadi jauh lebih mudah. Menghubungkan kamera ini dengan ponsel tampaknya tidak terlalu sempurna karena hanya ada fitur Bluetooth tanpa Wifi yang memadai. Ini berarti kamera memiliki tenaga atau power yang rendah. Koneksi yang terbatas membuat kita akan kesulitan jika mentransfer file. Mentransfer video dengan ponsel juga  cukup dipertanyakan. Namun kamera ini tetap menjadi kamera DSLR murah yang layak dibeli jika harga menjadi penting bagi kita.

Dari segi kontrol, kamera ini memiliki fisik yang cukup sederhana. Terdapat tombol-tombol yang tersedia  untuk beberapa fitur seperti Fn yang mengakses ISO atau tombol i yang digunakan untuk mengakses pengaturan umum yang diperlukan. Salah satu yang sedikit mengganggu adalah mode Auto ISO yang hanya tersedia via sub menu. Lensa baru yang tersedia harus melalui pengaturan manual fokus pada menu.

Mode video D3300 sudah cukup baik, dan D3400 semakin baik kualitasnya. Pada kualitas foto, ini lebih baik dari Canon EOS 1300D. Memiliki sensor 24 megapiksel yang menangkap detail lebih tajam dan juga memiliki noise lebih sedikit pada ISO 3200 dan atasnya.

Kesimpulan

Kamera DSLR Nikon 3400 merupakan kamera yang ditujukan untuk pemula. Artinya ditujukan untuk pecinta fotografi yang bukan profesional. Namun kualitas foto yang dihasilkan sebenarnya sudah cukup baik untuk nantinya dicetak secara profesional. Selain itu video hasil rekaman dari kamera ini juga telah HD. Memotret maupun merekam video dapat dilakukan dengan baik. Tentu saja hasil yang didapatkan tersebut juga bergantung pada bagaimana seseorang menggunakannya. Karena ditujukan untuk pemula tentu saja kontrol pada kamera ini juga dibuat menjadi mudah digunakan.

Jika sebelumnya sudah pernah memiliki D3300, sebenarnya penerusnya ini tidak begitu berbeda walaupun ada peningkatan di beberapa bagian. Tapi jika sebelumnya belum pernah menggunakan kamera DSLR maka kamera ini tentu akan menjadi sesuatu yang istimewa.

Harga yang dibanderol untuk kamera ini memang tergolong tidak murah namun ada banyak fitur yang sangat berguna bagi fotografer pemula. Selain itu hasil foto yang didapat juga cukup berkualitas dapat digunakan untuk dokumentasi pekerjaan, foto cetak, ataupun dokumentasi pribadi.

Baca artikel yang lain mengenai Kamera untuk Vlog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 + sixteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.