DSLR Nikon D7500

DSLR Nikon D7500 Sang Petarung

Kamera Nikon D7500 ditujukan bagi pecinta fotografi yang sudah berpengalaman. Kamera ini tidak sepenuhnya pengganti langsung dari D7200, namun menjadi penerus di atasnya. Fitur yang dimiliki kamera ini antara lain APS-C CMOS sensor, 20.9MP, layar sentuh 3.2 inch, dan video 4K.

Spesifikasi dan Fitur Kamera

Dibandingkan dengan rentang ISO D7200 yang 100-25,600 maka D7500 memiliki rentang lebih yaitu 100-51,200. Ada pengaturan rendah pada ISO50 sementara yang paling tinggi mencapai ISO1,640,000. Namun nyatanya sensitivitas terlalu tinggi tersebut kurang berguna. Layar sentuh yang dimiliki kamera ini sebesar 3.2 inch dengan resolusi 922,000 dot. Kamera ini juga dilengkapi dengan optikal viewfinder.

Kamera Nikon D7500 mampu menangkap video 4K UHD(3850 x 2160) dengan 30, 25, dan 24p sampai 29 menit dan 59 detik. Seperti biasa tersedia fitur untuk mode video yang lebih rendah, dan Full HD video yang dapat direkam pada 60p untuk slow motion. Tambahannya 4k UHD timelapse video bisa diciptakan di kamera. Terdapat juga teknologi Vibratio Reduction yang bisa mengurangi dampak kamera yang bergoyang saat merekam video dengan tangan.

D7500 menawarkan hasil video 4K UHD pada kartu dan tanpa dikompresi via HDMI. Serta adanya colokan headphone dan microphone untuk langsung melakuan monitoring maupun recording. Kamera ini hanya memiliki sebuah slot SD card yang mungkin sedikit mengecewakan karena D7200 memiliki dua slot SD card.

Seperti yang kita lihat pada kamera Nikon sebelumnya, di kamera ini juga terbenam teknologi SnapBridge. Kamera dapat terhubung dengan perangkat lain seperti smartphone melalui koneksi Bluetooth atau via Wi-Fi. Ini berarti bahwa setelah terhubung maka gambar dapat dapat langsung ditransfer secara otomatis.

Terdapat baterai baru yang ditanamkan yaitu EN-EL15a yang dapat digunakan untuk 950 tangkapan gambar sebelum perlu diisi dayanya. Ini lebih baik dari kebanyakan kamera mirrorless lainnya yang memerlukan dua atau lebih baterai. Tapi sebenarnya ini menurun 150 gambar fari D7200 yang memiliki daya tahan sampai 1.100 gambar sekali isi.

Fisik Kamera

Kamera D7500 lebih ringan 5% dibandingkan dengan D7200. Kamera ini memiliki berat sekitar 640 gram. Meskipun tergolong ringan namun saat dipegang kamera ini terasa solid di tangan. Dibandingkan dengan handgrip milik D7200, maka D7500 memiliki handgrip lebih dalam. Body kamera dikombinasikan dengan pelapis bertekstur lembut pada bagian depan dan belakang grip sehingga membuat nyaman dan aman bagi yang memegang.

D7500 cukup solid dan tebal, sehingga kadang jari tangan yang kecil pun tidak terpeleset. Sayangnya bagi perekaman vertikal akan sedikit tidak nyaman karena tidak ada pilihan grip vertikal. Seperti D7200, D7500 merupakan weather-proofed, sehingga ini bisa digunakan untuk cuaca apapun.

Tampilan belakang kamera lebih langsing daripada milik D500. Kita dapat membaliknya ke atas dan ke bawah. Ini cukup berguna karena fleksibel serta fungsional. Kita bisa melihat gambar melalui layar dan membesarkannya. Menu yang tersedia memungkinkan kita untuk menavigasikan kamera via layar sentuh. Hal ini merupakan yang pertama bagi kamera DSLR Nikon.

Autofokus Kamera

Sistem Autofocus D7500 sekarang mendapatkan mode Group-Area AF. Ini menjanjikan deteksi dan tracking yang secara konstan memonitor lima perbedaan AF dan meningkatkan fokus serta isolasi latar belakang. Kamera ini juga memiliki sensor 180.000 piksel RGB seperti pada D500. Seperti halnya D500 dan D5, kamera ini memiliki Auto AF Fine Tune. Fitur ini pada Live View memungkinkan pengguna secara otomatis mengkalibrasi autofocus dengan lensa tertentu jika diperlukan.

Autofocus pada Live View memang sedikit bermasalah pada beberapa kamera DSLR milik Nikon, namun pada D7500 kinerjanya terbilang cukup baik. Meskipun tidak sebanding dengan sistem Dual Pixel AF yang dimiliki Canon, tapi pada kamera ini jauh lebih baik daripada kamera Nikon lainnya.

Dibantu oleh prosesor gambar baru EXPEED 5, D7500 bisa menangkap gambar 50 raw file sebelum buffer perlu dibersihkan. Ini merupakan peningkatan dari D7300 yang hanya 18 files pada 6fps. Seperti yang diperkirakan performa kamera ini berjalan cukup baik. Fitur Auto White Balance juga bekerja solid.

Memiliki sensor yang sama dengan D500, hasil dari D7500 sudah bisa diprediksi sangat baik. Ini mungkin memiliki piksel yang lebih rendah dari DX Nikon DSLR. Tapi jika kita menghabiskan waktu dengan merekam pada ISO100 maka resolusinya akan sedikit menurun. Noise noda akan lebih terlihat pada ISO 25,600 dan ISO51,200 tapi hasilnya adalah sama baiknya seperti dari kamera pada sensitivitas seperti ini.

Dynamic range pada kamera ini juga sangat impresif. Ini memungkinkan untuk memperbaiki detail bayangan dalam sebuah gambar yang tidak terekspos dengan five stop dan masih dapat menghasilkan foto yang memuaskan.

Perbandingan Kamera

Dilihat dari kekurangannya, kamera ini tidak menggunakan magnesium alloy yang dipakai pada kamera canggih lainnya. Meskipun demikian bahan yang digunakan tergolong cukup tahan lama . kamera ini juga tidak memiliki 153 point AF dari D500, tapi sistem yang dipakai sekarang sudah cukup baik dibandingkan dengan kamera pesaingnya. Sementara itu, kemampuan merekam video 4K juga menjadi salah satu kelebihan.

Yang paling menarik dari Nikon D7500 adalah kehadiran sensor 20.9MP dan EXPEED 5. Ini sesuatu yang akan menarik perhatian dari pada pengguna baru maupun pengguna lama yang menginginkan upgrade.

Jika kita ingin membandingkan dengan kamera lainnya maka yang pertama adalah dengan kamera Nikon D500. Kamera Nikon ini menjadi pembanding karena sudah dikenal sebagai kamera dengan kualitas yang sangat baik. Kamera D500 memiliki sensor 20.9MP, dan performa autofokus yang lebih baik.

Ada juga kamera sebelumnya yaitu Nikon D7200. Kamera D7200 merupakan kamera favorit bagi fotografer yang sudah berpengalaman. Kamera ini memiliki spesifikasi yang cukup impresif. Namun D7500 yang merupakan penerusnya secara keseluruhan memiliki kualitas yang lebih baik, walau D7200 lebih terjangkau.

Rival terbesar dari non-Nikon untuk D7500 adalah Canon EOS 80D. Ini merupakan kamera DSLR yang disukai para fotografer. Meskipun D7500 lebih unggul dalam beberapa aspek, namun kamera ini memiliki keunggulan pada pemotretan dengan display belakang. Layar belakang kamera ini fleksibel serta dilengkapi dengan Dual Pixel AF.

Kesimpulan

Secara keseluruhan kemera Nikon D7500 merupakan kamera profesional yang cukup memuaskan. Kamera ini bisa memiliki kecepatan yang dimiliki oleh D500 serta body yang lebih praktikal dari D7200. Kamera ini memiliki sensor gambar, light meter dan prosesor yang unggul dari Nikon D500 dan memiliki body mirip D7200 dengan mode dial dan sistem AF serta tambahan Bluetooth, video 4K serta layar sentuh yang bisa dibalik.

Terdapat motor fokus pada D7500 sehingga ini bisa bekerja dengan semua lensa AF yang dibuat sejak tahun 1986. Namun jika kita ingin membeli lensa Tamron atau Sigma, kita tidak bisa menjamin apakah lensa tersebut bisa digunakan untuk kamera baru yang akan datang. Ada baiknya membeli lensa lama Nikon.

Baca artikel yang lain mengenai Teknik Fotografi Makro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + 18 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.