Dasar Adobe Premiere

9 Dasar Adobe Premire yang Wajib Diketahui Para Vlogger

Adobe premire menjadi salah satu aplikasi atau software edit video yang banyak digunakan oleh para vlogger. Selain cara penggunaannya terbilang mudah, para vlogger bisa menggunakan menu edit yang begitu bervariasi. Dengan begitu, video anda akan mempunyai tampilan yang lebih ciamik. Bagi anda yang baru belajar menggunakan adobe premire, berikut dasar – dasar yang wajib anda ketahui.

1. Tips Paling Awal Cara Capture Video atau Gambar di Adobe Premire

Setelah software atau aplikasi adobe premire terinstall pada laptop anda, tahap selanjutnya yakni melakukan Capture. Dengan melakukan Capture, anda bisa melakukan proses pemindahan video bahkan gambar yang akan anda edit dari memori penyimpanan  ke dalam hardisk laptop atau komputer. Berikut langkah demi langkah yang bisa anda lakukan:

  1. Anda harus mengaktifkan kamera yang videonya akan dipindahkan nantinya .
  2. Aktifkan aplikasi adobe premire di laptop atau komputer anda.
  3. Pada menu Digital Video Device pilih Edit and Record lalu OK.
  4. Untuk memulai project baru, klik New Project.
  5. Klik pada menu DV Pal atau DV NTSC lalu pilih sesuai jenis kamera anda.
  6. Beri nama project baru anda lalu klik OK. Setelah ini secara otomatis tampilan interface Adobe Premire akan muncul.
  7. Plih menu Capture lalu pilihlah direktori yang akan anda gunakan.
  8. Klik Setting supaya anda bisa mendapatkan hasil capture video anda.
  9. Klik menu Browser dan pilih video yang akan anda edit, setelah itu jangan lupa klik OK.

2. Tips Kedua Cara untuk Capture Audio di Adobe Premire

Pada dasarnya, Capture ini mempunyai fungsi yang sama seperti capture video atau gambar, yakni untuk memindahkan audio dari memori penyimpanan ke dalam hardisk. Hanya saja yang membedakan, yakni jenis file yang dipindahkan saja. Untuk langkah – langkahnya pun kurang lebih mempunyai kesamaan untuk membuka video pada memori exsternal. Berikut ini detail langkah – langkahnya.

  1. Aktifkan kamera yang videonya akan anda gunakan.
  2. Aktifkan aplikasi adobe premire.
  3. Klik menu Digital Video Device dan pilih Edit and Record lalu klik OK.
  4. Klik New Project.
  5. Pili menu DV Pal atau DV NTSC sesuai dengan jenis kamera anda.
  6. Setelah project anda namai, otomatis akan muncul tampilan antarmuka adobe premire.
  7. Klik menu Play and Record supaya proses capture bisa segera aktif.
  8. Klik Stop apabila telah selesai, setelah itu anda bisa memberi nama dengan format file (.AVI).

3. Cara Memotong Klip Video yang Tidak Diperlukan di Adobe Premire

Dalam proses editing video, anda pasti menemui beberapa klip adegan yang ingin anda buang karena beberapa alasan. Dengan menggunakan adobe premire anda bisa mengedit video untuk membuang beberapa klip yang tidak diperlukan sebelum mengunggahnya ke Youtube. Berikut ini cara mudah memotong klip video menggunakan aplikasi adobe premire.

  1. Langkah pertama anda harus memilih menu Drag dan Drop video anda pada Source Monitor.
  2. Tentukan bagian awal yang akan dipotong dengan cara menggeser garis lalu klik In Point.
  3. Selanjutnya tentukan sampai batas mana bagian video yang akan di potong lalu klik Out Point.
  4. Langkah terakhir yakni dengan memindahkan video yang telah terpotong ke dalam Timeline dengan cara digeser atau Drag.

 4. Cara Memotong Video yang Pernah Anda Potong di Adobe Premire

Cara di atas bisa anda coba jika ingin memotong atau membuang beberapa klip dalam video anda dalam Editing Sourch Monitor. Jika setelah video terpotong masih ada beberapa bagian lagi yang ingin anda buang, maka anda bisa mengeditnya kembali pada Editing dalam Timeline. Berikut ini caranya.

  1. Untuk memilik klip yang anda inginkan klik Move Tool.
  2. Lalu untuk mengatur tingkat kecepatan klip video gunakan Rate Stretch Tool.
  3. Lakukan pemotongan video dengan menggunakan menu Razor Tool pada menu Tools yang bertempat di samping timeline.
  4. Anda bisa mengarahkan Razoor Tool kedalam video yang akan anda potong.
  5. Untuk perintah hapus bagian video yang telah anda pilih, tekan tombol Delete pada keyboard atau bisa juga melalui klik kanan dengan posisi kursor ada di video dan klik Clear.
  6. Untuk menghilangkan adanya jarak pada timeline, klik kanan lalu pilih Ripple Delete.

5. Cara Mudah Menggabungkan Dua Video atau Gambar di Adobe Premire

Untuk memaksimalkan tampilan video anda, gabungkan satu video dengan video lainnya. Selain menyambungkan antar video, melalui adobe premire anda juga bisa menyambungnya dengan gambar. Posisi video pertama akan ada di Track 1 maka anda bisa melakukan Drag video tertentu ke Track 2. Cara menggabungkan video dengan gambar juga sama. Anda bisa men-drag file gambar pada posisi track 2.

6. Cara Mudah Menambahkan Efek Video di Adobe Premire

Tambahkan beberapa efek supaya tampilan video anda terlihat lebih ciamik. Cara menambahkan efek di Adobe Premire terbilang mudah. Anda bisa memilih efek tertentu pada menu Effect dan setelah itu drag pada video anda. Penggunaan efek video sebaiknya tetap disesuaikan dengan jenis video anda. Terlebih apabila jenis video anda merupakan reportase atau tema yang terkesan serius.

7. Cara Mudah Menambahkan Transisi di Adobe Premire

Sebelum video anda unggah ke Youtube, sebagai vlogger anda tentunya ingin membuat tampilan video anda lebih menarik, bukan? Selain menambah beragam efek yang sesuai, anda juga bisa menambahkan menu Transisi supaya perpindahan dari video ke gambar atau bahkan video selanjutnya bisa terlihat lebih halus. Caranya sangatlah mudah yakni dengan melakukan Drag Video Transitions ke tengah – tengan dua video atau gambar yang anda sambung.

8. Cara Mudah Menyimpan Project di Adobe Premire

Meskipun sangat simple, menyimpan project bisa sangat fatal jika tidak anda lakukan setelah mengedit video. Fungsinya yakni project yang anda edit tetap bisa anda lanjutkan kapanpun dengan hasil terakhir yang anda simpan. Tentunya ini akan sangat membantu anda karena jika ingin menambah variasi tertentu, anda tidak perlu lagi melakukan editing dari nol.  Selain itu, dengan menyimpan project bisa mengantisipasi kehilangan hasil editan video anda ketika laptop hang dan aplikasi tertutup mendadak. Untuk menyimpan project video anda, tekan tombol keyboard Ctrl + S secara bersamaan. Cara lainnya yakni dengan klik menu File lalu klik Save.

9. Cara Mudah Rendering Video di Adobe Premire

Rendering dilakukan ketika proses editing video telah selesai dan siap anda unggah ke Youtube. Hasil video yang telah di rendering inilah yang bisa anda play di aplikasi pemutar video dan mengunggahnya langsung ke Youtube. Berikut ini cara mudah untuk rendering video di adobe premire.

  1. Pilih menu File  pada tab menu adobe premire.
  2. Pilih Export.
  3. Klik Movie, bisa juga memilih Media atau Adobe Media Encorder (sesuai dengan jenis adobe premire anda).

Proses kecepatan rendering umumnya tergantung dari tiga hal yakni lamanya video, versi aplikasi adobe premire, hingga spek laptop atau komputer yang anda gunakan untuk proses editing video. Tips supaya proses rendering berjalan lancar yakni dengan membatasi penggunaan aplikasi lainnya secara bersamaan. Terlebih untuk spek laptop atau komputer dengan kapasitas RAM yang tidak terlalu besar. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya hang atau deadlock sehingga anda harus menutup aplikasi secara paksa. Proses rendering harus dilakukan dari awal kembali ketika aplikasi adobe premire tertutup sebelum proses rendering selesai.

Baca artikel yang lain mengenai Lensa Sudut Lebar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − eleven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.