Cleaning Kit Kamera

Mana Cleaning Kit Kamera Digital Favoritmu?

Ketika fotografi semakin populer, semakin banyak orang belajar memotret. Karena semakin mudah diperoleh dan dengan harga terjangkau. Teknologi digital telah mempercepat perkembangan teknologi. Dengan jumlah penduduk Indonesia yang sangat banyak, jumlah pemilik kamera digital pun kian bertambah dari hari ke hari. Karena pertumbuhan yang sangat signifikan itu, semakin banyak pula orang yang belajar memotret sekaligus menggeluti dunia fotografi.

Pentingnya Alat Pembersih Kamera

Agar kamera dan lensa tetap berfungsi dengan optimal, perlu dilakukan perawatan ringan dengan membersihkannya saat diperlukan. Jika kamu memang seseorang yang hoby dan serius dalam dunia fotografi, pasti tahu cara menggunakan alat pembersih pada kamera milikmu. Kamera yang dirawat dan dijaga kebersihannya pasti bisa akan beroperasi semaksimal mungkin hingga waktu yang cukup lama.

Pastinya kamu tidak mau jika kemera yang baru kamu gunakan, tidak dapat melakukan kinerjanya secara maksimal sebab terjadi kerusakan. Penyebab kerusakan bisa bermacam-macam, mulai dari hal sepele hingga yang fatal. Sungguh sangat disayangkan jika kamera digitalmu mengalami kerusakan disebabkan hal sepele, misalnya karena kurang perawatan, tidak dibersihkan dalam waktu lama, dan lain-lain.

Pembersihkan kamera harus dilakukan secara rutin. Biasanya ketika membeli kamera digital, alat pembersih tidak diikut sertakan. Itulah mengapa kamu wajib membeli alat pembersih kamera secara terpisah. Jangan menganggap sepele hal ini sebab jika kamera tidak dibersihkan secara rutin, bisa menyebkan terjadinya masalah. Seperti kata pepatah, “Mencegah lebih baik daripada mengobati.” Hal ini juga berlaku pada kemera digital kesayanganmu.

Membersihkan kamera merupakan suatu kegiatan yang tidak menyita waktu dan pasti akan terasa menyenangkan. Mengapa demikian? Sebab kamu bisa membongkar dan melihat komponen yang ada di dalam kamera digitalmu satu-persatu. Kegiatan ini juga membuat kamu lebih perhatian pada kamera sekaligus lebih tahu cara merawat dan menjaga benda kesayanganmu itu.

Komponen yang terdapat pada alat pembersih kamera memiliki jenis dan ragam berbeda. Misal penggunaan lap pembersih. Jangan karena kamu pikir namanya sama dengan lap yang sering kamu gunakan di dapur, lalu kamu pun menggunakannya pada kameramu. Lap pembersih kamera tidak boleh digunakan dengan sembarang lap, namun pilihlah lap yang terbuat dari bahan baik dan lembut, misal lap pembersih untuk kaca mata. Lap pembersih berbahan kasar jika digunakan pada kamera dapat menyebakan kerusakan pada bagian baret.

Selain itu bekas kotoran ataupun debu bisa saja tertinggal pada komponen-komponen kamera yang tengah dibersihkan. Intinya jangan membersikan kamera dengan kain lap sembarangan. Jika kamu menggunakannya tanpa perhitungan dan pertimbangan, namun asal main bersihkan saja, tidak menutup kemungkinan kameramu mengalami kerusakan.

Ketika membeli perlengkapan pembersih kamera, kamu juga akan mendapat cairan pembersih. Cairan ini dapat digunakan pada permukaan kamera. Teteskan pada kain lap pembersih, lalu bersihkan secara perlahan-lahan. Pada bagian lensa, kamu bisa menyemprotkan cairan pembersih secukupnya, lalu bersihkan lagi dengan lap pembersih. Disarankan untuk membersihkan kamera dengan arah yang sama alias tidak berulang-ulang. Ketika membersihkan lensa, jangan lap dalam keadaan kering, sebab debu juga dapat menempel sehingga goresan pun terjadi.

Sewaktu membersihkan kamera, lakukan secara hati-hati dan perlahan-lahan. Tidak semua komponen yang terdapat pada kamera tahan terhadap cairan, jadi ada bagian-bagian yang kamu hanya bisa mengelapnya saja. Salah satu solusi untuk membersihkan kamera terhadap komponen yang rentan terhadap cairan adalah mini vacuum. Alat ini dapat menyedot debu membandel, termasuk debu yang terdapat pada selah-selah tombol pada kamera.

Sebenarnya saat ini sudah banyak alat pembersih kamera yang dapat ditemukan dengan mudah di pasaran baik secara offline ataupun online. Semua alat pembersih kamera digital memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tergantung kita pilih yang mana. Namun kamu juga perlu berhati-hati, apalagi saat ingin membersihkan interior kamera, misalnya pada bagian sensor. Sangat disarankan agar kamu mendatangi toko penyedia layanan pembersihan sensor. Tujuannya agar keamanan sekaligus kebersihan kamera lebih terjamin sehingga kamu tidak perlu takut atau khawatir kameramu mengalami kesalahan ataupun kerusakan saat membersihkannya.

Berikut ini beberapa alat pembersih yang bisa kamu gunakan:

1. Blower

Hindari meniup perangkat fotografi dengan mulut sebab uap air yang terkandung pada tiupan bisa memicu datangnya jamur dan karat. Blower adalah balon yang digunakan untuk meniup debu atau serat pada permukaan alat.

2. Lenspen

Alat berbentuk pulpen ini terdiri dari kuas dan permukaan pembersih, otomatis sangat praktis, efektif, dan aman. Ujung pembersihnya terbuat dari bahan karbon yang dirancang khusus untuk tidak menimbulkan gesekan yang membahayakan lensa.

3. Kertas Tisu Lensa (Lens Tissue)

Kertas tisu khusus sekali pakai ini sangat efektif untuk membersihkan lensa dari kotoran yang bersifat cair. Cocok digunakan apabila terdapat bekas minyak atau basah pada lensa atau filter.

4. Lap

Kamu juga bisa menggunakan lap untuk membersihkan body kamera dan lensa, namun bukan pada bagian kaca atau optiknya.

5. Karet Penghapus

Terkadang kontak pada baterai tertutup karat atau minyak. Kamu bisa menggunakan penghapus untuk membersihkan bagian kontak beterai. Bahkan ini tidak terlalu keras seperti amplas, namun cukup efektif untuk membersihkan kontak.

6. Swab Kit

Alat yang satu ini digunakan untuk membersihkan kotoran pada sensor kamera. Namun jika kamu tidak tahu cara penggunaannya, lebih baik pergi ke tempat cleaning sensor kamera yang terdapat di tempat tinggalmu saja. Sebab salah memperbaiki, bisa-bisa sensor kameramu malah menjadi rusak. Swab Kit bisa didapatkan pada toko offline maupun online dengan harga terjangkau, yakni Rp 85ribu.

7. Sensor Clean

Fungsinya sama dengan Swab Kit, yakni untuk membersihkan sensor pada kamera. Cara penggunaannya adalah dengan membersihkan sensor dari arah kiri ke kanan, begitu juga sebaliknya hingga kotoran sirna.

8. Cotton Bud

Alat ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan untuk membersihkan kotoran pada kamera yang kasat mata. Gunakan cotton bud pada kamera secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan.

Daftar Harga Alat Pembersih Kamera Digital Agustus 2017

Berikut beberapa list daftar harga yang bisa kamu jadikan panduan dalam memilih dan membeli alat pembersih untuk kamera digitalmu.

Nama Alat Pembersih Kamera Digital Harga
SDV Large Blower Rp 35.000
Kokai Cleaning Set 6in1 Rp 75.000
ProTama Lens-Pen Rp 99.000
Lespen MiniPro II Rp 75.000
Lespen Digi Clear Rp 80.000
Lespen Lp – 1 Rp 50.000
Visible Dust Swabs 1.6x Rp 762.000
Visible Dust Swabs 1.0x Rp 762.000
Visible Dust Zeeion Filters Refill Rp 545.000
Visible Dust Chamber Cleaner 8ml Rp 646.000

Harga di atas bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi. Selain alat pembersih di atas, tentunya masih banyak jenis alat pembersih kamera yang bisa kita temukan di pasaran. Pilihlah alat pembersih kamera yang sesuai dengan kameramu dan nyaman kamu gunakan.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Menggunakan Kamera Drone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.