Cara Merubah Warna di Photoshop

Cara Merubah Warna di Photoshop untuk Pemula

Warna berpengaruh penting dalam komponen foto secara menyeluruh. warna primer seperti merah, biru dan kuning misalnya, ketiganya punya efek dominasi yang masing-masing mencirikan makna tersendiri. Jika merah menggambarkan ketegasan, biru akan memperlihatkan ketenangan. Sementara kuning, identing dengan keceriaan dan kehangatan.

Begitu pula warna-warna sekunder yang didapat dari campuran warna primer. Misal, warna kuning dan biru akan menghasilkan warna hijau. Warna yang dominan di alam ini lekat dengan makna-makna menyejukkan hati seperti kesuburan, kesegaran, hingga kelimpahan. Namun di sisi lain, warna hijau juga identik dengan perasaan iri.

Itulah mengapa, penyajian warna yang tepat dalam sebuah foto juga sama pentingnya dengan kehadiran warna itu sendiri.

Suatu warna bisa berubah karena ada efek cahaya yang berbeda. Bahkan pengaturan white balance pada kamera juga berpengaruh pada hasil foto akhir. Meski gagal, sebetulnya Anda tak perlu khawatir. teknik editing yang baik akan  bisa mengatasinya.

Untuk itu, seorang editor perlu memahami bagaimana pilihan warna bisa memberi kesan yang kuat, dinamis, dan seimbang. Jika warna yang disajikan dominan, maka buatah kesan yang kontras. Begitu pula jika warnanya kontras atau tampak terang, maka perlu diberi efek penenang.

Mengingat betapa pentingnya warna dalam foto, berikut beberapa teknik pewarnaan yang perlu Anda kuasai dan segera praktikan untuk mendapat hasil edit foto terbaik.

Mengoptimalkan Warna Foto dengan Teknik Blending Mode Photoshop

Blending mode merupakan fasilitas Photoshop yang berfungsi mengatur interaksi antara layer satu dengan beberap layer di bawahnya. Langkah ini terbilang paling sederhana untuk menghasilkan foto dengan warna yang jauh lebih baik dari sebelumnya, meski Anda harus membuat duplikat layer terlebih dulu. Blending mode terletak pada panel layer tepat di sebelah opacity.  Pada menu blending mode terdapat beberapa pilihan style seperti screen, overlay, vivid light, hard light, soft light, dan lain-lain. Beda nama, beda pula interaksi yang dihasilkan tiap layer. Berikut tiga cara yang dapat dilakukan.

1. Hard Light

Sebelum mengedit, pertama kita buka adobe Photoshop. Lalu masukkan foto kedalam aplikasi Photoshop. Setelah itu buat duplikat layer dengan memilih menu layer > duplicate layer atau dengan menggunakan keyboard klik CTRL + J. Selanjutnya ubah warna layer menjadi hitam putih yaitu dengan cara memilih menu image > adjustments > desaturate atau dengan menggunakan keyboard klik CTRL + Shift + U. Jika layer 1 sudah berubah menjadi hitam putih, maka selanjutnya ubah blending mode pada layer menjadi hard light. Lalu klik enter, maka warna yang akan kita dapatkan menjadi lebih pekat dari sebelumnya.

2. Screen

Fungsi screen ini dapat mencerahkan warna pada gambar atau meningkatkan kontras gambar. Seperti cara sebelumnya, kita duplikatkan terlebih dahulu layer seperti cara diatas. Ubah saja blending modenya menjadi screen, maka tampilan foto yang dihasilkan akan menjadi lebih cerah.

3. Overlay

Overlay ini digunakan oleh kebanyakan editor untuk mempertajam warna pada foto daripada sebelumnya. Sama seperti kedua teknik diatas, kita duplikatkan terlebih dahulu layer menggunakan cara diatas. Ubah blending mode menjadi overlay, lalu ubah opacitynya menjadi 50%. Jika sudah, kita akan menghasilkan warna yang lebih tajam dibandingkan foto yang sebelumnya.

Memanipulasi Warna Depan dan Latar Belakang Melalui Photoshop

Terdapat dua teknik pewarnaan pada Photoshop, yaitu pewarnaan pada bagian depan (foreground) dan pewarnaan pada bagian dalam (background). Warna pada sebuah gambar dapat dimanipulasi menggunakan tool gradient dan paint bucket. Gradient berfungsi menghasilkan warna gradasi pada sebuah gambar, sedangkan paint bucket digunakan untuk memberi warna pada sebuah gambar.

  1. Mulai dengan membuka program Adobe Photoshop, lalu buat dokumen baru dengan mengklik File > New atau menggunakan keyboard dengan menekan Ctrl + N.
  2. Jika dokumen baru telah berhasil dibuat dengan background berwarna putih atau dengan warna lain yang anda inginkan.
  3. Pada toolbox kotak foreground kita warnai dengan menggunakan warna hitam sedangkan backgroundnya berwarna putih. Jika kita tidak sengaja mengubah warnanya menjadi warna yang lain maka tekan saja huruf D pada keyboard. Jika ingin menggunakan foreground dengan warna lain kita dapat mengklik kotak berwarna hitan dan akan muncul kotak dialog yang berisi pilihan warna yang kita inginkan.
  4. Pada kotak colour picker kita dapat memilih warna yang kita inginkan untuk mengganti warna default pada foreground. Lalu klik edit > fill. Akan muncul kotak dialog fill, lalu pilihlah warna foreground > OK.
  5. Untuk membuat gradasi pada foto maka kita tinggal klik gradient tool pada toolbar. Pada toolbar tersebut akan nampak gradasi warna dari warna yang kita pilih ke putih. Jika kita ingin mengganti gradasi warna maka cukup dengan double klik pada kotak warna gradasi yang ada pada toolbar.
  6. Untuk mengatur lebarnya maka tinggal klik bar ilustrasi warna gradasi yang dipilih lalu klik dua kali kotak petunjuk warna yang ingin diganti.
  7. Tarik garis gradasi pada lembar kerja anda.

Seleksi Warna Menggunakan Photoshop

Andai Anda ingin mengubah warna foto menjadi hitam putih, tetapi  tetap mempertahankan warna objek tertentu untuk menampilkan kesan artistik dan fokus,  gunakan perintah select > color range untuk menyeleksi warna.

Jika objek memiliki banyak perbedaan warna, cukup gunakan tools seleksi. Namun, bila objek memiliki warna yang solid, Anda dapat menggunakan select > color range, ditambah adjustment layer agar foto tidak rusak. Begini caranya:

1. Seleksi Warna yang Diinginkan

Klik menu select > color range maka akan muncul kotak dialog. Pilih sampled colors pada drop down, lalu geser slider fuzziness ke angka 80. Kemudian klik icon eye dropped tool dan tempatkan sesuai area foto yang akan diubah.

2. Seleksi Warna yang Lain

Jika seleksi foto jauh dari warna solid, cukup klik icon add to sample, lalu klik warna lain > OK.

3. Inversi Seleksi

Jika anda ingin mempertahankan warna objek tertentu dan membuat foto yang lain menjadi hitam putih, langsung saja klik select > inverse atau gunakan keyboard Shift + Ctrl + I. Ubah warna pada area yang diseleksi dengan klik icon saturation pallete adjustmen yang ada disebelah kanan atas layer pallete. Geser slider saturation ke angka -100, kemudian klik panah ke kanan untuk menutup saturation. Berikutnya, area yang diseleksi akan berubah hitam putih, kecuali objek dengan warna senada.

Seleksi Warna Menggunakan PhotoScape

Anda yang tidak mahir memanfaatkan Photoshop, bisa juga menyeleksi warna dengan aplikasi lebih mudah macam Photoscape. Caranya pun jauh lebih sederhana. Pertama, buka aplikasi lalu klik editor. Selanjutnya cari lokasi foto lewat menu browse. Pilih menu Filter lalu klik Region (out of focus). Setelah itu buat pengaturan dengan cara mengklik pada area yang ingin Anda jadikan pusat fokus. Anda bisa mulai mengotak-atik foto sesuai selera dengan memilih tab Radial, lalu klik menu Grayscale, kemudian atur Feather dan slider Size. Jika sudah, klik OK.

Baca artikel yang lain mengenai Spesifikasi Panasonic Lumix GH5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.