Cara Merekam Video Agar Suara Jernih

Cara Merekam Video Agar Suara Jernih Dengan Smartphone

Apakah anda pernah merekam video tapi berakhir dengan kualitas jelek karena suara latar belakang video yang anda ambil terlalu bising? Hal ini biasa terjadi apalagi ketika anda ingin merekam konser band faforit anda yang nota benenya dipenuhi oleh orang ramai yang masing-masing mereka berteriak mengelu-elukan band faforit mereka.  Tentu saja dengan kondisi seperti ini hasil video yang anda hasilkan tidak akan agus, jangankan anda dapat merekam performance band secara langsung dan original, video yag anda rekam hanya berisikan teriakan penonton yang berada disekita randa.

Hal ini tidak hanya terjadi ketika anda merekam viedo dalam suasana konser, terkadang viedo dapat terlalu bising bahkan ketika anda merekam kegiatan sehari-hari. Tidak hanya itu, suara yang anda rekam juga tidak memiliki kejernihan yang memadai sehingga anda akan sulit mengerti suara atau percakapan yang anda rekam.

Anda mungkin ingin tau apakah anda juga dapat menghasilkan video dengan kualitas suara yang jernih seperti yang biasa dihasilkan oleh pembawa berita live. Tentunya statiun televisi dapat menghasilkan kualitas video yang baik karena mereka memiliki peralatan dan tenaga videografi yang profesional, sehingga mereka dapat  mengurangi munculnya gangguan suara sekecil apapun dan memaksimalkan suara pembaca acara dalam video yang mereka hasilkan.

Hal ini tidak semata dikarenakan oleh penggunaan mike pada pembawa acara, tetapi juga tergantung pada proses pengambilan gambar dan penetapan lokasi perekaman. Meskipun demikian, bukan berarti anda tidak dapat menghasilkan kualitas video yang tidak kalah bagusnya dengan apa yang dihasilkan oleh stasiun TV. Berikut adalah beberapa tips yang dapat anda pejajari guna  menghasilkan videografi dengan kualitas suara yang baik.

Menghasilkan Video Dengan Suara Jernih Meski Hanya Dengan Menggunakan Handphone

Handpone sekarang ini menjadi instrumen utama dalam hal fotografi dan videografi,  seringkali handphone digunakan untuk merekam kegiatan-kegiatan yang diannggap penting bagi penggunanya agar kemudian dapat dipublish pada media sosial pribadi mereka, sehingga mereka dapat berbagi video tersebut dengan keluarga atau teman dekat mereka. Bahkan sekarang ini, banyak kaum muda yang berusaha untuk membagi pengalaman, ilu, tips dan trik, serta pengetahuan mereka akan topik tertentu lewat akun youtube mereka; dan semua itu dilakukan dengan hanya menggunakan handphone.

Untuk menghasilkan video dengan kualitas audio yang jernih dengan menggunakan handphone bukanlah hal yang mustahil, anda hanya harus memperhatikan hal-hal berikut.

  • Untuk mengahasilkan suara yang jernih, hal pertama yang harus anda sediakan adalah mic external. Apabila anda tidak memiliki mic external, maka anda dapat menggunakan headset atau headphone yang tersambung ke handphone anda. Penggunaan mic atau heandsset sangatlah penting karena anda dapat memfokuskan suara yang anda rekam pada si pembicara, sehingga anda tidak harus khawatir dengan latar belakang bising yang kemungkinan akan menurunkan tingkat kejernihan suara yang anda rekam.
  • Apabila anda mengambil video live tanpa menggunakan headset ataupun mic esternal, maka anda harus berhati-hati dalam mengambilan video dengan model selfie.  Kebanyakan orang ketika mengambil video dengan menggunakan metode ini lupa bahwa microphone terletak pada bagian bawah handphone.  Pada beberapa tipe telepon selular, tombol shutter pada screen handphone sengaja diletakkan pada bagian bawah handphone sehingga mengambil video menjadi salah satu tantangan tersendiri.

Seringkali ketika mengambil video dengan menggunakan metode ini, anda secara tidak sengaja akan menutup seluruh atau sebagian microphone pada handphone anda. Akibatnya suara yang anda hasilkan tidaklah maksimal, sedangkan apabila anda menggunakan tongkat selvie untuk merekam video maka anda harus memastikan bahwa jarak antara handphone dengan asal suara cukup dekat sehingga suara yang direkam dapat ditangkap dengan jernih.

  • Anda juga harus melakukan deteksi atau cek suara sebelum memulai perekaman, hal ini diperlukan untuk memastikan apakah handphone yang anda pakai dapat dengan maksimal  merekam suara dan audio dengan baik. Deteksi suara dilakukan dengan beberapa tahap;
    1. Perhatikan setingan suara yang ada pada handphone, pastikan bahwa setingan video pada handphone anda tidak dalam keadaan mute.
    2. Atur kembali volume handphone yang ada pada telepon selular. d) titup semua aplikasi yang berkemungkinan menghasilkan suara seperti aplikasi musik, video, rekaman, dan applikasi lainnya, karena apabila aplikasi suara lainnya dalam keadaan run biasanya akan mengakibatkan volume suara video yang kecil.
    3. Jika diperlukan lakukan percobaan terlebih dahulu untuk memastikan kualitas video yang mungkin dihasilkan.
  • Aspek lainnya yang berperan penting dalam menentukan kualitas suara yang dihasilkan oleh rekaman video adalah kemampuan anda dalam memilih latar belakang yang tepat. Akan sangat disarankan apabila anda dapat menemukan latar belakang dengan tingkat kebisingan yang rendah, sehingga anda dapat mengurangi kecatatan audio pada video yang anda rekam. Usahakan anda tidak merekam video di sekitar kawasan yang hiruk pikuk, karena suara latar belakang dari rekaman anda akan saling tumpang tindih.
  • Anda juga dapat menghasilkan suara video yang jernih dengan menggaplikasikan beberapa app yang tersedia di playstore secara gratis. Beberapa merek handphone tertentu bahkan menyediakan aplikasi tertentu untuk membantu anda dalam menghasilkan rekaman video yang baik.
  • Dalam keadaan terdesak juga dapat memanfaatkan isolasi bening, ini dapat dilakukan apabila mikrophone pada telepon seluler anda memiliki sensitivitas suara yang tinggi. Dengan mengaplikasikan isolasi putih yang dipasang pada bagian mic pada handphone android, isolasi putih dapat bekerja sebagai penyaring yang akan menstabilkan sensitivitas microphone.

Pada dasarnya, anda dapat menghasilkan video dengan kualitas audio yang baik bahkan dengan menggunakan telepon seluler yang anda miliki. Anda tidak harus menggunakan  kamera profesional dengan perlengkapan peredam suara atau mic recorder professional. Dengan menggunakan handphone yang anda miliki, maka anda dapat menghasilkan video yang sama bagusnya dengan apa yang dihasilkan oleh kamera profesional. Untuk mic external, anda dapat menemukannya pada toko-toko asessoris handphone yang ada di sekitar anda. Mic external tersedia dalam berbegai model dan kualitas, dan mereka biasanya cukup murah sehingga anda tidak harus menyediakan dana tertentu untuk membelinya.

Penggunaan aplikasi yang tepat juga merupakan salah satu solusi yang tepat bagi anda yang ingin merekam  video dengan menggunakan handphone tanpa harus mengeluarkan dana tambahan. Beberapa aplikasi perekam video yang mendapat review bagus adalah Snap Kamera HDR, Camera MX, dan HD Camera Ultra. Mereka tidak hanya memiliki resolusi vido yang agus, tetapi anda juga dapat mengatur suara dari pengaturan suara yang terdapat pada masing-masing aplikasi tersebut. Hal terpenting yang anda perhatikan sebelum merekam video adalah, anda harus memastikan bahwa handphone anda terbebas dari aplikasi yang masih run dan faktor external lain seperti Wifi, bluetooth, dan tatering, dan sebagainya.

Baca artikel yang lain mengenai Kamera Leica Q

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − seven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.