Cara Menjadi Youtuber

Hanya Perlu 4 Cara Menjadi Youtuber Terkenal!

Sepuluh tahun terakhir ini media sosial seakan telah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar masyarakat khususnya para kaum muda. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh We Are Social dan Hootsuite, tercatat sekitar 130 juta warga Indonesia menggunakan berbagai platform media sosial yang diakses melalui internet. Angka itu berarti menunjukkan sekitar setengah dari penduduk Indonesia menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Youtube dan lainnya. Media sosial menjadi salah satu primadona bagi para pengguna internet karena aksesiblitasnya yang tak terbatas hingga ke seluruh belahan dunia.

Youtube, Media Sosial Berbasis Video Unggahan

Salah satu platform atau aplikasi media sosial yang saat ini digandrungi kawula muda adalah Youtube. Aplikasi ini berbasis pada video unggahan para penggunanya yang dapat ditonton oleh pengguna lainnya. Youtube juga memungkinkan penggunanya atau pemilik kanal memiliki pelanggan yang akan mendapatkan notifikasi jika ada unggahan video baru. Youtube dapat dikatakan membawa angin segar bagi para pengguna media sosial yang gemar membuat dan membagikan karya yang lebih interaktif ketimbang hanya sebuah foto atau tulisan.

Selain dapat mengunggah karyanya, pengguna Youtube juga dapat melakukan monetisasi kanal Youtube yang dimilikinya dengan mekanisme yang sudah ditentukan oleh pihak pengelola Youtube. Monetisasi tersebut memiliki dua mekanisme dasar yaitu berdasarkan jumlah penonton video dan frekuensi iklan yang dilihat oleh para penontonnya. Sederhananya, semakin banyak penonton pada suatu video, maka semakin banyak pula pendapatan pemilik kanal tersebut. Semakin banyak iklan yang disaksikan oleh penonton, semakin bertambah pula pundi-pundi uang para pemilik kanal. Monetisasi video Youtube inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh para seniman kreatif untuk mendapatkan uang. Munculah fenomena dimana menjadi seorang pemilik kanal Youtube atau Youtubers merupakan sebuah profesi berpenghasilan besar.

Fenomena Youtubers Terkenal

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa di Indonesia hampir setengah dari penduduknya adalah pengguna media sosial aktif, tak terkecuali para pecinta Youtube. Kemudahan akses internet dan murahnya harga layanan internet (kuota) yang ditawarkan berbagai provider layanan seluler mengakibatkan melonjaknya pengguna Youtube. Jumlah pengguna Youtube terbesar di Indonesia adalah penonton atau viewers, dan hanya sebagian kecil saja yang merupakan Youtubers.

Hal tersebut akhirnya menjadikan Youtube sebagai sebuah ladang bisnis karena ada penjual atau penyedia layanan yaitu Youtubers dan ada konsumennya yaitu para penonton. Semakin kreatif para Youtubers dalam membuat video, maka akan semakin banyak pula penonton dan pelanggan yang setia menyaksikan setiap video unggahannya. Hal inilah yang kemudian memunculkan para seniman yang sukses sebagai Youtubers.

Beberapa nama seniman kreatif Indonesia yang sukses sebagai Youtubers diantaranya Raditya Dika yang saat ini memliki lebih dari 3 juta pelanggan, Ria Ricis dengan pelanggan mencapai 4 juta, lalu ada Bayu Skak, Edhozell, Atta Halilintar, Chandra Liauw, Reza Oktovian dan lainnya yang memiliki pelanggan mencapai angka satu juta lebih. Belum lagi nama-nama seperti Awkarin atau Young Lex yang menjadi terkenal berkat unggahan video Youtube yang kontroversial.

Selain itu, banyak artis-artis layar kaca yang mulai merambah Youtube, sebut saja Deddy Corbuzier yang sukses sebagai Youtubers dengan berbagai video motivasi dan video yang berisi opini anti mainstream. Para Youtubers terkenal tersebut berpenghasilan minimal ratusan juta hingga milyaran rupiah setiap bulannya.

Bagaimana Ya Cara menjadi Youtubers Terkenal?

Keberhasilan sejumlah Youtubers terkenal membuat sebagian orang ingin mengikuti jejak mereka menjadi Youtubers sukses. Memang tidak mudah menjadi Youtubers yang mampu menarik perhatian para penonton dan para calon pelanggan. Berikut ini ada beberapa cara atau tips untuk bisa menjadi Youtubers terkenal :

1. Tentukan Konsep Kanal Youtube Yang Akan Dikelola

Untuk dapat menarik perhatian para penonton dan para calon pelanggan, kita harus memiliki konsep dasar dari kanal Youtube yang akan kita kelola. Sebagai contoh, kita ingin kanal kita berisi video parodi, video tips dan trik, video memasak, atau hanya sekedar berisi catatan kegiatan harian kita. Konsep yang jelas dari sebuah kanal Youtube memudahkan penonton untuk mencari dan mengidentifikasi kanal Youtube yang ingin mereka tonton.

Jika sebuah kanal berisi hal-hal yang terkonsep apik dan konsisten, para penonton pun akan semakin yakin bahwa pemilik kanal tersebut mampu membuat video yang baik dan akan tetap setia menanti unggahan video baru.

2. Buat Konten Yang Menarik Dan Kreatif

Membuat konten yang menarik dan kreatif memang tidaklah mudah. Untuk menghasilkan konten apik dan menarik, ada baiknya seorang Youtubers merancang sebuah konsep sebelum melakukan pengambilan gambar video. Konsep video minimal berisikan gambaran isi video, teks atau skenario yang akan digunakan dalam video, penentuan lokasi atau latar belakang video serta orang-orang yang akan masuk dalam video. Jika perlu, diskusikan konsep video dengan orang lain agar kita mendapatkan gambaran yang jelas serta mendapat masukan dari orang lain.

3. Siapkan Peralatan Dan Software Editor Yang Memadai

Guna menghasilkan video yang bagus dan pantas menjadi tontonan khayalak memerlukan peralatan memadai. Bagi para Youtubers pemula, peralatan mahal memang menjadi kendala tersendiri. Oleh karena itu, diperlukan trik jitu dalam menghasilkan video dengan peralatan murah namun memadai. Para Youtubers pemula dapat menggunakan peralatan sederhana seperti kamera telepon pintar dan clip microphone.

Keduanya sudah cukup memadai untuk membuat sebuah video khususnya video yang berada dalam ruangan (indoor). Gangguan suara di dalam ruangan memang relatif kecil, sehingga distraksi suara yang masuk dalam video tidak terlalu besar dan tidak mengganggu suara inti video. Jika ingin membuat video di luar ruangan, kamera dan microphone yang digunakan memang harus lebih canggih dan mampu menangkap gambar serta suara dengan baik. Kamera jenis DSLR dan microphone yang memiliki peredam dapat menjadi pilihan bagi Youtubers yang ingin membuat video di luar ruangan.

Selain peralatan, aplikasi atau perangkat lunak penyunting video yang mumpuni juga mutlak dibutuhkan untuk menghasilkan video yang baik. Saat ini berbagai perangkat lunak penyunting video telah banyak beredar dari yang gratis hingga berbayar, dari aplikasi telepon pintar hingga perangkat lunak berbayar buatan vendor perangkat lunak ternama. Para Youtubers pemula dapat menggunakan aplikasi gratis yang tersedia di telepon pintar. Sebaiknya pilih aplikasi yang mempunyai fasilitas sunting gambar, efek gambar atau animasi serta sunting suara dan efek suara. Pilih aplikasi yang sesuai dengan konsep video yang dibuat, jika konsep videonya bersifat menghibur, kita bisa memilih aplikasi dengan fasilitas edit gambar berbagai animasi lucu.

4. Proses Pengambilan Gambar Yang Tepat

Pada akhirnya sebuah video yang baik tergantung dari proses pengambilan gambar yang tepat. Ketika konsep video sudah tertata dan peralatan sudah memadai, jika tidak didukung dengan eksekusi pengambilan gambar yang tepat, video yang dihasilkan akan menjadi tidak memuaskan. Oleh karena itu, tidak haram hukumnya bagi Youtubers pemula untuk melakukan pengambilan gambar berkali-kali dengan sudut yang berbeda-beda agar mendapatkan sudut pandang yang tepat dari video yang sedang dibuat.

Para Youtubers pemula juga bisa mengikuti berbagai tips dan trik pembuatan video baik secara formal dalam sebuah pelatihan atau secara otodidak dengan mengamati dan belajar dari video-video yang sudah ada.

Menjadi Youtubers yang sukses bukanlah hal mustahil untuk dicapai. Asal ada kemauan pasti ada jalan dalam memahami bagaimana cara menjadi youtubers yang bisa terkenal, benar begitu?

Baca artikel yang lain mengenai Perbedaan Lensa Kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five + 20 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.