Cara Menghapus Objek di Foto

Cara Menghapus Objek di Foto Menggunakan Tools di Photoshop

Beberapa orang pernah ketika mengambil sebuah foto tidak sengaja mengcapture sesuatu yang mengganggu hasilnya. Contohnya saja tanpa sengaja mengambil foto orang yang ada di latar belakang. Kalau untuk di koleksi pribadi mungkin tidak menjadi masalah tapi jika hasil foto akan digunakan untuk keperluan lain yang penting maka sesuatu yang mengganggu itu harus dihilangkan dengan cara diseleksi menggunakan Photoshop.

Bagi orang awam mungkin akan bingung bagaimana caranya untuk menghilangkan sesuatu tersebut atau bahkan tidak ambil pusing dengan hasilnya. Namun bagi profesional, hal-hal seperti itu akan merusak nilai dari foto tersebut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan sesuatu atau orang yang ada di dalam foto. Artikel ini akan membahasnya.

Marquee Tool untuk Menyeleksi Objek

Tentu saja Anda tahu bahwa di dalam Adobe Photoshop ada banyak sekali menu dan tool yang masing-masing memiliki kegunaan tersendiri. Ada yang berguna untuk lebih mempertajam foto, memberikan berbagai efek, dan lain sebagainya. Masing-masing dari menu tersebut mempunyai namanya tersendiri.

Salah satu jenis tool yang digunakan untuk menyeleksi objek yang akan diedit misalnya dihilangkan bernama Marquee Tool. Di bawah ini akan ada sedikit penjelasan mengenai tool satu ini.

Di dalam Adobe Photoshop Marquee Tool bisa digunakan untuk menyeleksi objek dengan mudah. Untuk menghilangkan objek tertentu anda hanya perlu menekan Mouse lalu drag menuju bagian tertentu yang akan dihapus lalu tekan delete. Dengan sekejap gambar tersebut akan hilang dari foto anda.

Perlu Anda ketahui bahwa ada dua jenis Marquee Tool. Pertama bernama elliptical Marquee Tool dan yang kedua bernama rectangular Marquee Tool. Dua jenis ini punya fungsi yang berbeda.

Untuk elliptical Marquee Tool oleh dibutuhkan untuk seleksi objek yang mempunyai pola elips atau bulat. Cara menyeleksinya sangat mudah sekali, hanya perlu menekan shift sekaligus mouse kiri lalu drag ke bagian tertentu yang akan anda crop. Cara untuk mengaktifkannya supaya lebih mudah adalah hanya menekan tombol huruf M di keyboard. Sesudah itu tentukan kehalusan area seleksi dengan cara mengatur Feather.

Sementara itu, untuk rectangular marquee itu memiliki fungsi yang kebalikannya, yaitu untuk menyeleksi gambar yang memiliki pola persegi. Jika yang akan dicrop memiliki banyak garis lurus maka gunakan Marquee Tool ini. Selain itu dapat digunakan untuk memperbaiki garis yang kurang lurus.

Cara menggunakannya juga sama, harus menekan tombol Shift di keyboard sekaligus klik mouse kiri dan drag menuju bagian yang akan di crop atau hilangkan.

Namun kebanyakan tool ini digunakan untuk membuat foto kolase, logo, dan seleksi lurus. Penggunaannya yang mudah bisa membuat orang awam juga bisa menggunakannya. Tapi untuk menciptakan gambar yang lebih bagus harus dilakukan pengeditan lanjutan, tidak cukup dengan hanya menggunakan tool ini.

Menghilangkan Orang Menggunakan Photoshop

Selain Marquee Tool masih ada jenis lain yang bisa digunakan untuk menyeleksi sebuah objek. Ada 4 jenis tool lainnya yang bisa digunakan. Mengenai jenis-jenisnya akan dibahas di bawah ini beserta sedikit tutorial cara menggunakannya.

1. Menggunakan Clone Stamp Tool

Tool satu ini juga mudah diaplikasikan. Langkah untuk seleksi objek menggunakan cara ini adalah sebagai berikut.

  • Pertama pilih tool ini sesudah itu atur opacity, mode, sampel dan flownya. Untuk ini anda bisa sesuaikan sendiri sesuai dengan hasil yang Anda inginkan.
  • Sesudah itu anda langsung bisa menghilangkan objek. Caranya adalah  tekan tombol Alt du keyboard kemudian ambil sampelnya. Kemudian klik pada bagian objek yang akan dihilangkan klik terus sampai menghilang dan tidak ada bekas sedikitpun.
  • Selesai.

2. Menggunakan Spot Healing Brush Tool

Menggunakan Spot Healing Meski nama toolnya berbeda tapi langkah menggunakannya sama-sama mudah. Untuk menyeleksi objek dan menghilangkannya dengan tool ini langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Pertama pilih tool Spot healing brush kemudian atur tipe dan modenya. Sesuaikan juga dengan yang anda inginkan.
  • Sesudah itu seleksi objek yang akan dihilangkan dengan cara klik kiri pada mouse kemudian tahan dan “olesi” sampai seluruh objek yang akan dihapus tertutup. Sesudah itu lepaskan klik kirinya.
  • Secara otomatis, objek yang dipilih tersebut akan hilang.

3. Menggunakan Lasso Tool

Langkah menghilangkan objek menggunakan Lasso tool juga sama mudahnya tapi lebih panjang dan banyak. Mungkin akan sulit dilakukan untuk para pemula karena harus menghapalkan caranya dan menghapal ikon menu-menunya. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan.

  • Pertama buka foto yang akan diedit kemudian pilih menu Lasso tool. Sesudah itu pilih objek yang akan dihilangkan dengan cara klik kiri lalu ikuti pola dari objek yang akan anda hilangkan. Untuk ini anda harus berhati-hati karena harus benar-benar mengikuti pola dari objeknya.
  • Kemudian lepaskan klik kiri garis putus-putus membentuk pola objek tersebut.
  • Selanjutnya pilih menu edit kemudian pilih opsi Fill. Agar lebih mudah dan cepat langsung klik tombol Shift dan F5 secara bersamaan keyboard. Sesudah itu nanti akan muncul tab fill dan aturlah blending dan parameter contents sesuai dengan keinginan anda. Jika sudah klik OK.
  • Sampai cara ini objek sudah hilang tapi masih ada bekas garis-garis hasil seleksi tadi. Hilangkan dengan cara menekan tombol CTRL dan D secara bersamaan menggunakan keyboard.
  • Sesudah itu klik Save dan simpan gambarnya di tempat yang anda kehendaki.

Cara ini mudah bukan? Jika anda sering mempraktikkannya pasti nanti akan mahir dengan sendirinya.

4. Menggunakan Patch Tool

Ini adalah tool pada Photoshop terakhir yang bisa digunakan untuk menyeleksi objek. Level kemudahannya juga lumayan sehingga jika Anda pemula yang mengikuti tutorial ini tetap bisa mengikuti.

Langkahnya juga tidak banyak berbeda seperti jika menggunakan tiga buah tool di atas. Namun untuk menggunakan tool ini objek tidak benar-benar dihilangkan seperti menggunakan tool lain tapi ditutupi oleh bagian lain dari background. Misalnya jika Anda akan menghilangkan orang di depan laut maka gunakan laut untuk menutupi orangnya. Langsung saja berikut ini langkah-langkahnya.

  • Buka dulu foto Anda dengan cara menekan tombol CTRL dan O. Sesudah itu pilih menu Patch Tool yang ada di bagian Toolbox, apabila tidak menemukannya maka cari saja Healing Brush. Sesudah itu klik kanan dan nanti patch akan ada menjadi kelompok dari Healing Brush.
  • Selanjutnya klik dan tahan patch tool yang dimulai dari sebuah sisi kemudian tarik menuju objek yang akan Anda hapus. Seleksinya lakukan secara memutar seperti halnya jika Anda menggunting gambar dari sebuah kertas. Pertemukan titik awal dan akhirnya sehingga garis putus-putus akan mengelilingi objek.
  • Lalu dari bagian tengah objek seleksi klik kiri kemudian tahan. Selanjutnya bawa atau geser objek ke background yang akan Anda gunakan untuk menutupi objek tersebut, pilih tekstur yang tepat.
  • Sampai cara tersebut objek langsung tapi jika menurut Anda masih kurang rapi maka hapus seleksinya dengan cara menekan tombol CTRL dan D kemudian ulangi lagi caranya.
  • Selesai, sekarang Anda bisa menyimpan fotonya.

Itulah dia pembahasan mengenai cara menghilangkan orang di foto dengan berbagai tool yang ada di Photoshop. Kelihatannya rumit tapi sebenarnya tidak. Makanya supaya hasil editingnya bagus Anda harus sering belajar menggunakan berbagai tool-tool di Photoshop ini. Semoga pembahasan ini bermanfaat!

Baca artikel yang lain mengenai Edit Foto dengan Photoshop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 13 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.