Cara Menggunakan Viva Video

Belajar Cara Menggunakan Viva Video untuk Pemula

Viva Video merupakan aplikasi video yang sering digunakan karena dapat dioperasikan di HP. Pengoperasian editing video bisa dijalankan secara online maupun secara offline. Viva Video merupakan editing video yang cukup populer di pengguna teknologi elektronik. karena fasilitas dan fitur yang ada sangat praktis. misalnya, mulai ada proses editingcahaya, pemberian efek sampai pemberian musik.

Memperlambat dan Mempercepat Video

Editing video ini juga dapat kamu aplikasikan dengan gerakan perlambat, seperti slow motion dan mempercepat gerakan loh. Bagaimana carannya? Cara mempercepat dan memperlambat gerakan video android di smartphone maupun di iOS (iPhone, Ipad). Berikut ulasannya.

  1. Pertama kamu harus memasang aplikasi Viva Video terlebih dahulu. Setelah itu, baru masuk ke tahap berikut.
  2. Buka Viva Video kemudian buka tap edit, baru masuk tap video dari gallery.
  3. Di tahap selanjutnya, akan diarahkan pada lembar kerja dimana kamu nanti muncur tap konfirmasi yang berisi apakah kamu ingin memotong video itu atau tidak. Nah, nanti tinggal tekan tap done.
  4. Nanti akan masuk ke layar Viva tekan edit di pojok bawah kanan, dan pilih tap clip edit.
  5. Kemudian, di sinilah akan muncul tap speed, yang digunakan untuk mengatur gerakan melambat ataupun mempercepat video.
  6. Selanjutnya, akan muncul tap icon ceklis di pojok kanan atas.
  7. Pilih “save video” ke galeri maupun di tempat penyimpanan yang kamu inginkan.

Jika kamu masih kurang merasa puas dengan hasil editing videonya. Kamu tetap melakukan editing ulang menggunakan file video aslinya. Sekedar sebagai catatan, ketika video diperlambat, maka juga akan mempengaruhi perubahan suara (lebih tinggi dan keras) dan mempengaruhi speed video.

Cara Mengedit Video

Khusus bagi kamu nih, yang ingin sempet membuat video dan ingin mengeditnya. Jika kamu menggunakan ponsel atau smartphone, kamu bisa melakukannya. Nah, adas beberapa hal yang perlu kamu perhatikan nih sebelum mengedit.

Pertama, kamu jelas harus punya video yang mau diedit, jika belum punya harus mempersiapkan terlebih dahulu. Kedua, jika kamu ingin mengedit video dengan lagus favoritmu, kamu juga bisa memastikan backsoundnya terlebih dahulu. Nah, berikut langkah editing video lebih lengkapnya.

  1. Masuk di aplikasi Viva Video terlebih dahulu. nanti akan muncul banyak pilihan. di bagian atas, ada dua menu tombol “edit” dan “slideshow”. Karena kali ini kita akan melakukan editing, maka tekan dan klik “edit”
  2. Kamu akan diarahkan ke lembar kerja editing. dan pilih atau masukan video yang ingin diedit. Cara memasukan video ke lembar kerja bisa kamu pilih di bagian bawah pojok kanan yang ada “add”.
  3. Ketika video sudah dipilih, tekan dibagian bawah yang bertuliskan “1 clip”, maka video akan masuk, bisa kamu edit sesuai keinginan.

Menambahkan Tema

Oh ya, jika kamu ingin video kamu lebih menarik dan bagus. Kamu juga bisa menambahkan tema yang disediakan oleh Viva Video log. carannya sebagai berikut.

  1. Pastikan terlebih dahulu jika kamu sudah memasang tema, terutama tema yang sifatnya gratis. Lokasi tema berada dibagian bawah dan memiliki banyak pilihan.
  2. Pilihlah tema yang tidak ada kode gembok.
  3. Pilih salah satu tema yang menurut kamu paling pas da paling cocok.
  4. Kamu hanya cukup mengeklik. Maka tema yang kamu pilih langsung terpasang di Video.

Mengedit Suara Video

Jika kamu tidak suka dengan musik bawaan yang disediakan oleh Viva, kamu juga menggantinya dengan cara menambahkan musik kesukann. Carannya pun juga sangat mudah banget. Berikut ulasannya

  1. Masih di lembar kerja yangs sama, kemudian tekan tombol “music”. Di sinilah kamu dapat mengkreasi backsound dengan musik maupun dengan suara yang kamu inginkan.
  2. Di bagian bawah menu musik, tersedia simbol audio yang dapat dinyalakan. Ketika kamu nyalakan dan kamu hidupkan, maka akan mengeluarkan suara asli yang di dalam videonya.
  3. Jika kamu tidak menginginkan suara itu muncul, kamu tinggal menekan simbol audio dan pilih “original audio in the video is off”, maka dengan sendirinya suara video asli akan mati.

Cara Menghilangkan Backsound

Saat kamu melakukan proses editing video di Viva, ada fitur yang menyediakan menggunakan fitur gratis yang sudah disediakan backsound bawaan. Nah, jika kamu tidak ingin menggunakan backsound bawaan tersebut, kamu bisa membuangnya dengan menekan klik simbol sampah di pojok kanan. Kemudian, kamu bisa mengganti backsound dengan musik yang kamu inginkan. Berikut langkah mengganti dan menghilangkannya.

  1. Tekan tap to add music.
  2. Kamu akan masuk dan diarahkan di lembar yang menambilkan tiga pilihan seperti pilihan music, downloaded dan my library.
  3. Selanjutnya, kamu cukup memilih musik yang sudah disiapkan dengan memilih “My Library”, maka kamu akan diarahkan ke penyimpanan video berada.
  4. Selanjutnya, pilih garis musik. Kemudian di garis musik akan tampak dua balok putih di sisi kiri dan kanan. Fungsi balok tersebut digunakan untuk memotong musik.
  5. Musik yang sudah ditentukan kamu klik. Dan pilihlah “add”

Cara Menambahkan Teks pada Video

Khusus bagi kamu nih yang bertanya-tanya bagaimana menambahkan text pada video. Berikut caranya.

  1. Pertama, masuk di lembar Viva Video. Kemudian cari edit yang disimbolkan dengan bentuk gunting.
  2. Selanjutnya kamu akan dibawa ke menu selanjutnya yang berisi tentang clip edit, text, filter, silder dan FX.
  3. Kamu juga dapat memilih menu “teks” atau yang ditulis menggunakan huruf T besar di bagian bawah. Fungsi simbol ini bisa juga digunakan untuk menambahkan teks.
  4. Kemudian, nanti akan masuk ke beberapa pilihan teks, kamu bisa memilih salah satu model yang kamu sukai.
  5. Di tahap ini, kamu juga akan diberi pilihan. Kamu bisa mengganti teks tersebut dengan teks default, dengan cara memilih garis putus-putus berwarna orange.
  6. Kemudian klik “ok”, maka hasil editing penambahan animasi bergerak pada huruf akan bergerak sendiri.

Cara Menyimpan Hasil Editing Viva Video

Jika kamu ingin menyimpan video hasil editing. Kamu cukup melakukan beberapa langkah sebagai berikut.

    1. Jika kamu ingin menyimpan hasil editing tersebut, kamu cukup menekan tanda checklist di bagian pojok kanan di bagian atas.
    2. Selanjutnya, dengan sendirinya akan muncul hasil editing video yang kamu buat.
    3. Ketika sudah manteb tidak ada yang dilakukan editing, kamu bisa langsung membagikan hasil editing ke media sosial seperti Youtube, Instagram, Facebook maupun lewat media yang lain.
    4. Jika kamu tidak ingin membagikan dimedsos, kamu bisa langsung mengekport dengan mengeklik export to gallery secara otomatis.

Itulah ketujuh hal yang perlu kamu perhatikan saat melakukan proses editing Viva Video. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca artikel yang lain mengenai Aplikasi Edit Foto Selain Photoshop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − 6 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.