Cara Menggunakan VirtualDub

Belajar Cara Menggunakan VirtualDub untuk Pemula

Jika anda jago editing video, khususnya yang berkutat dengan cara memotong dan membersihkan video, Anda dapat menggunakan software VirtualDub. Tahukah kamu bahwa software ini dirancang sebagai video berbasis Windows 32-bit dan 64-bit, atau yang lebih diakrab dikenal sebagai video capture/pemprosesan utilitas.

VirtualDub salah satu software pengolahan file yang cocok digunakan menggunakan file AVI, MPEG-1 dan dapat juga digunakan utnuk menangani set gambar BMP. Hal lain yang perlu kamu tahu yang lain nih, VirtualDub tidak memiliki kemampuan pengeditan editor umum semacamnya.

Hal penting yang perlu kamu tahu nih, software VirtualDub ini tidak memiliki pengeditan editor layaknya seperti Adobe Premiere. Meskipun demikian, kamu tetap melakukan editing lebih efisien untuk melakukan operasi linier. Atau jika kamu seorang editing video yang memakan video panjang, kamu juga bisa menggunakan software ini. Kenapa , alasannya sederhana karena dapat digunakan buntuk batch-processing ketika dilakukan dengan menggabungkan video filter oleh pihak ketiga.

Bagi kamu nih yang penasaran dengan VirtualDub, artikel ini akan mengupas bagaimana cara menggunakannya disertai dengan kelemahan dan kelebihan. Jika penasaran, bisa langsung disimak ulasannya di sini.

Cara Menggunakan VirtualDub

Download Software

Pertamakali yang harus dilakukan adalah mendwonload software VirtualDub terlebih dahulu. Kemudian pasang agar dapat digunakan. Virsi yang sebaiknya didownload adalah versi 32 bit, lebih aman untuk menghindari permasalah codec.

Proses Editing

Setelah software terpasang, langkah selanjtunya kamu cukup klik “file” kemudian lembar kerja akan diarahkan ke penambahan file video kamu. Sebagai catatan, pastikan video yang akan di edit formatnya AVI secara default.

Penggunaan Fitur Editing

Ketika melakukan editing video, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena di lembar kerja akan beberapa fungsi fitur yang dapat kamu manfaatkan, di antaranya sebagai berikut.

Split dan Trim

Split & trims sering dimanfaatkan untuk membagi dan memotong video yang diambil dari file video menjadi slider.

Tutorial

  • Pilih menu video, pilih “langsung stream salinan”, selanjutnya pilih ke menu audio dan lakukan langkah yang sama.
  • Pilih “edit” kemudian pilih lagi “set mulai dan edit. Selanjutnya di set akhir pilih perintah untuk memilih video yang diinginkan. Setelah itu, kamu bisa langsung melakukan mark-in dan mark-out di sisi bawah slider di tombol home pada keyboard.
  • Selanjutnya, kamu bisa plih “file” kemudian save hasil editing sebagai AVI.

Menggabungkan Video

  • Pilih “file” kemudian untuk menambahkan video, tekan “avi segmen”.
  • Masuk ke menu video, dan pastikan Anda akan memilih “penuh processing mode” atau tidak.
  • Selanjutnya Anda cukup klik “kompresi” di menu video. kemudian output Anda bisa pilih video codec.. selanjutnya pilih “file” dan jika sudah selesai dapat menyimpan di “append AVI Segment”.

Memutar Video

  • Cari di menu dan pilih “filter”.
  • Jika sudah ketemu, pilih “add filter” dan pilih “rotate” untuk memutar. Di sini akan dihadapkan pada pemilihan rotasi yang sesuai yang kamu inginkan. Setelah itu, terakhir klik “oke”.

Kompres Video

  • Pilih “processing mode” di menu video.
  • Klik video lalu kompres, dan akan muncul sebuah dialog.
  • Kemudian, pilih ke menu audio dan klik “processing mode” lagi.
  • Jika ingin membuka dialog, pilih “Kompresi” dan file yang dianjurkan adalah MPEG layer 3.
  • Jika file sudah dikompres dan ingin melanjutkan dengan menyimpan, cukup pilih “file” and save sebagai AVI. Simpan seperti cara biasannya, Save As.

Menghapus atau Menambahkan Audio

  1. Cari menu “Audio” dan pilih “No Audio” untuk menghapus audio asli.
  2. Jika ingin menambahkan audio baru, pilih “audio” dari file lain.
  3. Pilih di menu video “saling langsung aliran” dan masuk ke “file” dilanjutkan pilih “Simpan sebagai AVI”

Menambahkan Sub Judul

  • Pasang vobsub filter terlebih dahulu. Selanjutnya lakukan install. Sebagai catatan penting, selama proses pemasangan, pastikan kamu memilih “vobsub” untuk “VirtualDub” dan “textsub untuk Virtualdub dan avisynth” di sisi bagian bawah. Jangan lupa anda juga harus menentukan direktori di tempat kamu membuka virtualdub.
  • Selanjutnya, pilih “video”.
  • Pilih “filter”, nanti akan muncul dialog. Pilih “textsub” lalu pilih OK untuk mencari file subjudul. Setelah itu, klik OK.
  • Selanjutnya, pilih di menu video, dan pilih “penuh penolahan modus”. Selanjutnya, anda tinggal pilih “kompresi” dan “video codec” di output.
  • Langkah terakhir untuk penyimpanan, pilih “File” lalu simpan sebagai AVI.

Capture Video

Bagi kamu yang suka melakukan webcam dengan komputer, Anda juga dapat diedit. Berikut carannya.

  • Menghidupkan Webcam. Hidupkan webcam dan masuk ke VirtualDub. Selanjutnya tekan “File” kemudian pilih “Capture AVI” dan akan muncul kotak dialog.
  • Memilih Perangkat dan Output Folder. Pilih tombol perangkat, dan pilih file, dan pilih “set menangkap file”. Selanjutnya tinggal menyimpan video yang sudah diambil. Selanjutnya, masukan nama file dalam kolom input dengan “nama file”, setelah selesai klik save.
  • Memilih Perangkat dan Output Folder. Bagi kamu nih yang ingin melakukan pemilihan perangkat, juga sangat mudah. Anda cukup tinggal klik file, kemudian klik “set menangkap file” dan kamu tinggal memilih lokasi penyimanan untuk video yang akan diambil. Seraya memberikan nama file, dan Save As.

Menstabilkan Video VirtualDub dan Deshaker

Kamu sering mengalami permasalahan saat pengambilan video? misalnya bergetar dan hasil video yang pecah-pecah. Kini kamu tidak perlu khawatir. Kamu dapat menstabilkan menggunakan VirtualDub dan Deshaker.

  • Pasang terlebih dahulu VirtualDub. Kamu cukup tinggal ekstrak file yang sudah terdownload.
  • Selanjutnya, kamu juga perlu mendownload plugin Deshaker di sini .
  • Kamu sudah mulai bisa masuk ke lembar kerja dan proses editing. Klik “File” kemudian pilih “Open video file”.
  • Di lembar kerja, kita gunakan plugin deshaker lewat menu “video”, kemudian “filter” dan pilih Add kemudian klik Deshaker.
  • Hasilnya, akan muncul jendela baru dengan setting “pass 1”. Nah, kamu tinggal klik OK.
  • Selanjutnya, kata akakn melakukan analisa video dengan cara pilih “file” selanjutnya pilih “run video analysis pass” dan tunggu karena memakan waktu lebih lama.
  • Kemudian, kamu masuk lagi ke menu “video” pilih “filters”. Lalu klik Deshaker dua kali. Maka nanti akan muncul jendela baru, dan klik pass 2, kemudian klik OK.
  • Jika sudah selesai, langkah terakhir jangan lupa untuk menyimpan, dengan cara Save As AVI.

Kelemahan VirtualDub

Sekedar untuk menambah informasi dan pengayaan pengetahuan aja nih. Sisi kekurangan VirtualDub seperti yang sudah saya singgung nih, yaitu, tidak memiliki kekuatan pengeditan editor. Soal editing editor dibandingkan dengan Adobe Premiere jelas jauh berbeda. Meskipun demikian, VirtualDub tetap memiliki kelebihan yang bisa kamu manfaatkan. Apa saja kelebihannya. Ada di poin berikutnya.

Kelebihan VirtualDub

Kelebihan VirtualDub dibandingkan yang lain terletak pada fitur yang disediakan. Fitur yang diunggulkan adalah kompresi video, penambahan track audio dan video splitting. Kelebihan yang disukai bagi editing video karena software ini berkemampuan batch-processing dalam menangani sejumlah file. Tidak hanya itu, terkadang juga dapat dimasukan filter tambahan lain yang sudah disediakan oleh perangkat tersebut.

Itulah cara menggunakan VirtualDub yang bisa kamu coba dan kamu praktikkan. Semoga ulasan ini bermanfaat.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Edit Foto di Photoshop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 + thirteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.