Cara Menggunakan VideoPad Video Editor

Cara Menggunakan VideoPad Video Editor agar Terasa Lebih Mudah

VideoPad Video Editor merupakan salah satu aplikasi editing video yang sangat cocok banget buat kamu yang suka sama editing. Aplikasi ini bakalan bantuin kamu banget dalam membuat video-video kece sekelas profesional. Selain itu penggunaannya pun juga mudah dan gak ribet. Meskipun hanya berukuran kecil, yaitu 3, 75 MB tetapi memiliki fitur yang cukup lengkap yang bisa kamu pakai untuk editing. Selain itu aplikasi ini juga bisa membuat video dengan format 3D. Keren bukan, pasti kamu udah gak sabar ingin memilikinya sebagai salah satu aplikasi editing video.

Aplikasi ini juga dikhususkan untuk pengguna Windows dan bisa diinstal di sistem operasi Windows XP, Vista, dan Windows 7. Kamu pengguna Windows bisa mulai kepo-kepoin aplikasi ini dan segera instal di PC mu. Gimana udah gak sabar pengen eksekusi langsung menggunakan VideoPad Video Editor. Kebetulan banget, kali ini kita bakalan ngebahas step-step editing menggunakan VideoPad ini. Simak ya ulasan berikut ini.

1. Buka Aplikasi dan Mulai Editing

Tentunya kamu harus sudah menginstal aplikasi VideoPad Video Editor di PC mu ya. Setelah itu kamu bisa membukannya dan memulai editing video. Klik Home kemudian klik Add File untuk menambahkan video yang akan kamu edit. Setelah kamu klik Add Media, akan tampil dialog add media untukmu memilih video mana yang akan kamu edit. Klik video tersebut dan otomatis akan masuk ke aplikasi.

2. Drag Video ke Clip Editing

Setelah video berhasil di tambahkan, drag video tersebut ke Clip editing atau ke bawah kotak video yang ditambahkan tadi. Pada Clip editing inilah nantinya proses editing akan berlangsung. Kamu bisa mengedit videomu sekreatif mungkin menggunakan berbagai fitur yang disediakan oleh VideoPad Video Editor.

3. Memotong dan Menambahkan Efek pada Video

Kalian ingin membuat video yang menampilkan beberapa potongan video yang berbeda. Kalian juga merasa ada bagian video yang kurang bagus sehingga berniat untuk memotong bagian video tersebut. Kalian bisa menggunakan fasilitas yang disediakan oleh VideoPad. Jalankan video kemudian klik tab spite untuk memotong video yang kalian edit. Kemudian kalian bisa mempercantik video kalian dengan memberikan beberapa efek dengan mengklik Effect dan subtitle menggunakan tab subtitle agar video semakin dimengerti.

4. Tambahkan Musik sebagai Backsound

Selanjutnya kita bisa menambahkan musik agar video kita semakin menarik. Caranya klik Add Media lalu pilih pilihan Music. Kemudian pilih musik berformat mp3 dan drag ke kotak soundtrack. Musikpun telah ditambahkan dalam video editingmu. Selain menambahkan music, kalian juga bisa mengatur volume suara dari music yang kalian masukan agar tidak menutupi suara utama di video. Aturlah music tersebut sesuka kalian di setting.

5. Buat Video

Setelah semua editing selesai kalian bisa mengakhiri proses pembuatan video dengan mengklik Save Movie. Proses rendering videopun telah dimulai.

Suara menjadi salah satu bagian yang penting dalam sebuah video. Oleh karenanya, kita perlu mengatur kualitas suara dalam video agar penonton bisa menangkap isi video dengan baik. Suara yang kurang jelas akan membuat penonton merasa terganggu saat menyaksikan video. Pengaturan suara dalam editing video juga cukup mudah dilakukan. Kamu bisa mengaturnya sesuai langkah-langkah berikut ini.

1. Atur Kualitas Audio

Gak kebayangkan gimana rasanya bila kita sedang asyik-asyiknya menonton video yang kita sukai. Eh ditengah jalan tiba-tiba suaranya mengecil atau ada percakapan yang tidak jelas. Duh, rasanya kayak pingin marah tapi sama siapa gitu kan ya. Untungnya VideoPad memfasilitasi kita dengan fitur pengatur kualitas suara. Jadi masalah suara terlalu pelan dan percakapan yang tidak jelas bukanlah masalah lagi saat kita menonton video. Setelah kita sudah berada dalam proses editing, kita bisa mengatur kualitas suara atau audio didalam video dengan mengklik menu Audio efek.

2. Setel Amplify Audio agar Lebih Jelas

Setelah itu akan muncul dialog audio efek dengan berbagai macam pilihan, lalu klik add efek dan klik Amplify.  Amplify ini digunakan untuk menyetel suara yang dikeluarkan dalam sebuah video baik itu untuk mengecilkan maupun memperbesar suara.

3. Atur ukuran suara sesuai dengan keinginan

Settingan untuk suara di bawah 100 akan menjadikan amplitudo dan kuat dan lemahnya bunyi lebih kecil dari suara asli, yang mana angka 100 akan sama dengan suara asli dalam video. Setelah selesai menyetel amplify atau kuat lemahnya suara, kemudian klik apply untuk menerapkan settingan kedalam video editing anda.

Mudah bukan melakukan editing menggunakan VideoPad Video Editor, kamu jadi bisa membuat sebanyak mungkin video baik untuk keperluan pribadi maupun komersial. Suoaya skill editingmu semakin bagus, kamu perlu menghimpun sebanyak mungkin informasi tentang editing, khususnya editing menggunakan VideoPad Video Editor. Kamu bisa mencari informasi lainnya tentang bagaimana tips-tips menggunakan aplikasi ini agar menghasilkan video editing yang bagus. Mengumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang menu-menu dan berbagai fitur yang disediakan oleh VideoPad Video Editor yang akan berguna bagii proses belajar editing.

Setelah kamu terbiasa dan mulai mahir menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mengumpulkan informasi lain mengenai aplikasi dan software editing yang mempunyai taraf kesukaran diatas VideoPad. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya, dan mulailah menginstal aplikasi lain tersebut di komputer atau laptopmu. Lakukan latihan berulang-ulang kali sama seperti saat kamu berlatih dengan menggunakan VideoPad Video Editor. Latihanlah sampai kamu menguasai fitur-fitur yang disediakan dalam sebuah software editing. Setiap aplikasi dan software editing tentu mempunyai tingkat kesulitan sendiri-sendiri, yang mana antara satu aplikasi dengan aplikasi yang lainnya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Oleh karena itu, sebelum menginstal suatu aplikasi dan software editing ke komputer atau laptop kita. Terlebih dahulu kita harus menghimpun sebanyak mungkin informasi tentang kelebihan, kekurangan, dan peruntukan diciptakannya aplikasi tersebut. Ada aplikasi yang memang didesain untuk profesional sehingga saat para pemula akan menggunakan aplikasi tersebut akan merasa kesulitan. Akan tetapi ada pula aplikasi yang dibuat untuk pemula sehingga saat orang yang baru pertama kali belajar editing tidak akan kesusahan dalam menggunakan aplikasi tersebut.

Meskipun demikian, ada juga aplikasi yang memang didesain untuk pemula, tetapi menawarkan fitur-fitur layaknya aplikasi yang didesain khusus untuk para profesional.  Nah, inilah aplikasi yang patut kamu pertimbangkan untuk kamu instal di dalam komputer dan laptopmu. Selain mudah digunakan untuk pemula, fitur ediiting yang ditawarkan juga akan membuat hasil editingmu semakin mantap saja. Meskipun didesain untuk pemula tapi kamu juga bisa menghasilkan karya-karya yang tidak kalah bagus bila dibandingkan dengan hasil editing karya profesional.

Nah, kamu perlu nih mencari-cari info software yang seperti ini. Selamat hunting aplikasi dan software editing yang ciamik sehingga bisa membuat kemampuan editingmu semakin berkembang pesat.

Baca artikel yang lain mengenai Edit Foto Hitam Putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 19 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.