Cara Menggunakan Movie Maker

Belajar Cara Menggunakan Movie Maker untuk Pemula

Kalian pecinta editing tentu sering mendengar nama Windows Movie Maker kan. Yups, benar sekali Windows Movie Maker ini merupakan software editing video dari Windows. Kalian bisa menggunakan software ini untuk membuat skill editing kalian semakin mumpuni.

Software yang dibuat khusus untuk pengguna Windows ini menawarkan banyak fitur editing, yang tentunya akan membuat proses belajar editingmu semakin menyenangkan. Semakin penasaran bukan gimana penggunaan Widows Movie Maker ini. Ulasan ini mengulas cara menggunakan Windows Movie Maker dari cara instal, cara penggunaan sampai cara memotong video. Simak ulasan berikut ya, supaya rasa penasaranmu atas Windows Movie Maker segera terjawab.

Cara Mengedit Video di Movie Maker

Bagi kamu yang penasaran dan masih pemula menggunakan movie maker, berikut tutorial menggunakan movie maker dan bisa kamu coba gunakan. Langkah awal kamu harus memasang software movie maker terlebih dahulu, dan pasangkanlah. Setelah itu, kamu masuk ke lembar kerja movie maker sebagai berikut.

  1. Klik movie maker, sampai masuk ke lembar kerja.
  2. Setelah masuk, layar lembar kerja akan terbagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama, berada di bagian atas tampilan. Pada tampilan ini akan ditemukan beberapa menu seperti transition, audio levels, penyimpanan video, captions dan masih banyak bentuk menu yang lain. Kedua, bagian preview windows, yang dapat difungsikan untuk memprivew windows. Ketiga, storyboard atau timeline di sisi kanan, fungsinya untuk menampilan urutan video dank lip video yang di import. Dapat dikatakan juga tempat ini dapat digunakan sebagai tempat untuk mengatur klip dan mengurutkan sesuai keinginan.
  3. Masukan video yang akan diedit dengan cara klik dan drag video ke lembar kerja movie maker. Kamu dapat melakukannya dengan mengelik klik “Here To Browse For Video Or Photos”. Tunggu sampai foto masuk secara keseluruhan.
  4. Kamu juga bisa memasukan video lewat menu di bagian atas. Cari “Add Video And Foto”, maka kamu akan diarahkan masuk ke lokasi video itu disimpan.
  5. Ketika video sudah masuk, kamu bisa melakukan proses editing. Jika kamu ingin menghapus video bagian akhir, kamu cukup menakan video tools dan pilih tab edit.
  6. Selanjutnya kamu bisa klik split di bagian video
  7. Kemudian kamu klik kanan pada kursor, dan pilih “Delete”. Begitu prosesnya.

Cara Penyimpanan Hasil editing Video

Jika kamu sudah selesai melakukan editing video. Kamu bisa langsung menyimpannya. cara penyimpanan sebagai berikut.

  1. Tekan tombol icon berwarna biru di bagian atas, sisi kiri. lalu klik pada panah
  2. akan keluar banyak pilihan, klik dan pilih “Save Movie”
  3. Selanjutnya, kamu dapat memilih “For Hight-Definition Display”.
  4. Selanjutnya kamu bisa menyimpan video tersebut dengan resolusi standar, dengan memilih “For Computer”

 Cara Menyesuaikan Level Audio

Jika kamu ingin menambahkan pesan suara atau audio, kamu juga bisa melakukannya sob. fungsinya jelas memberikan kesan menghidupkan video yang tengah kamu edit. Berikut cara menambahkan volume audio.

  1. Masuk di menu Edit.
  2. Kemudian, cari gambar sound yang dibawahnya bertuliskan “Video Volume”.
  3. Kamu tinggal klik.
  4. Selanjutnya akan keluar, dan kamu bisa mengatur volume video sesuai yang kamu inginkan.

Permanis dengan Lagu, Musik, Suara

Selain cara menaikan level suara video, kamu juga bisa menambahkan lagu, music dan suara. Musik ini akan membuat videomu semakin hidup dan menarik perhatian. Perlu dipehatikan juga pemilihan musik dalam videomu akan sesuai dengan isi video yang kamu sampaikan. Kesesuaian musik dengan isi video tentu akan memberi nilai tambah pada kemampuanmu dalam mengolah dan melakukan editing pada video.

Oleh karena itu, sebelum memasukan sebuah lagu, kamu wajib memikirkannya matang- matang dan membuat konsep agar videomu semakin menarik. Sementara untuk memasukan musik sendiri bisa dilakukan dengan cara klik File lalu pilih Import Media. Setelah itu pilih pilihan Audio or Musik dan pilih musik yang kamu inginkan. Setelah kamu telah menetukan musiknya, kamu tinggal mengklik import untuk memasukan musik kedalam Windows Movie Maker.

Setelah musik berhasil dimasukan kedalam Windows Movie Maker, kamu tinggal mendragnya ke layar editing di bagian bawah. Kamu bisa memotong lagu jika terlalu panjang dengan cara menarik batas lagu kearah yang kamu ingikan. Kamu juga bisa melihat hasil editingmu pada bagian preview sehingga bisa langsung mengeditnya bila ada bagian yang kamu anggap kurang pas dengan videomu.

Editing Menu Video Windows Movie Maker

Sebenarnya saat menggunakan Windows Movie Maker tidak hanya sekedar menggulas beberapa cara yang sudah dituliskan di atas. Ada beberapa hal yang perlu kamu tahu juga saat melakukan editing. Apa saja itu? sebagai berikut.

Cara Menambahkan Transisi

Jika kamu ingin menambahkan transisi. Kamu bisa mengikuti langkah sebagai berikut.

  • Pilih animasi di bagian tab.
  • Nanti akan keluar banyak variasi pilihan transition. Kamu dapat memilihnya sesuka selera.
  • Klik satu bentuk animasi yang disukai.

Menambahkan Efek

Jika kamu ingin mengkreasikan editing video lebih menarik, kamu juga langsung dapat mengikuti langkah sebagai berikut.

  • Memilih visual effects pada tab.
  • Akan muncul banyak pilihan dan viasi.
  • Klik salah satu yang kamu inginkan, maka dengan sendiri akan terpasang di video

Menghilangkan Transisi dan Efek

Jika kamu sudah memasang transisi dan efek, dan kemudian merasa tidak cocok dan kurang, kamu bisa menghilangkan keduanya. Berikut caranya.

  • Masuk ke tab animation (jika ingin menghilangkan transisi), jika ingin menghilangkan efek, kamu bisa klik Visual Effect.
  • Kemudian kamu tinggal klik “No Transition” (untuk menghilangkan transisi), jika ingin menghilangkan efek, kamu juga bisa pilih “No Efek”.
  • Jika kamu binggung mencari no effect dan atau no transisi, kamu pilih gambar kosong

Menambahkan Judul

Kamu juga bisa menambahkan judul di videonya sob. carannya pun sangat mudah, sebagai berikut.

  • Masuk ke Home.
  • Cari di bagian tengah, cari yang bertuliskan “Title”.
  • Kemudian akan muncul halaman tambahan yang berisi slide caption. Isikan teks judul yang kamu inginkan.
  • Kemudian klik keluar dari slide.

Menambahkan Caption

Cara ini sama dengan cara menambahkan judul. Toolnya pun di bawah title. Berikut lebih detailnya.

  • Klik home
  • Pilih caption
  • Nah, nanti kamu tinggalkan caption yang kamu inginkan.

Itulah tutorial cara menggunakan Windows Movie Maker yang dapat kamu coba praktikkan. Karena software ini cukup besar, tidak ada salahnya jika kamu memasang software ini PC. Jika kamu ingin memasangnya di laptop juga bisa kok, hanya saja untuk bebepara laptop tertentu, yang speknya tidak mendukung sulit saat dipasangkan. Jika spek laptop kamu tidak support menggunakan Windows Movie Maker, kamu dapat menggunakan software dan aplikasi lain yang support. Sehingga kamu tetap bisa melakukan proses editing. Semoga ulasan ini memberikan banyak manfaat. Selamat mencoba.

Baca artikel yang lain mengenai Edit Foto Hitam Putih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen + thirteen =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.