Cara Menggunakan Kamera Drone

Cara Menggunakan Kamera Drone untuk Hasil yang Sempurna

Foto adalah salah satu cara untuk merekam memori dengan indah dan artistik, akan tetapi jika kita menginginkan tampilan yang jauh lebih atraktif, dan jauh lebih berkesan pada saat melihatnya, maka video adalah jawabannya. Sebagus apapun sebuah foto, hanya bisa diam dan tak bisa berubah-ubah untuk menceritakan makna dari kisah yang ada dalam foto tersebut, beda halnya dengan video, jauh lebih hidup dan lebih berkesan saat melihatnya.

Video akan sangat mewakili kenangan karena kita bisa melihat semua kenangan tersebut terekam dengan baik. Nah, jika bicara mengenai video, maka pasti sudah tak asing istilah aerial videography, bukan? Metode perekaman video yang satu ini memang sudah ngehits sejak beberapa tahun yang lalu, akan tetapi semakin lama semakin banyak pula teknik yang digunakan untuk membuat perekaman video dari atas langit ini menjadi jauh lebih keren dan atraktif.

Keunggulan Mengambil Gambar Dengan Drone

Salah satu keunggulan dari menggunakan metode perekaman video dari atas langit ini adalah kita bisa dapatkan sudut pandang layaknya burung atau bird’s eye view. Gambarnya menjadi lebih luas dan juga lebih menarik. Dulu, merekam dari atas itu menggunakan pesawat dan helikopter, akan tetapi dengan keberadaan drone, semua menjadi jauh lebih mudah dan siapapun bisa menggunakannya untuk kepentingan mereka masing-masing.

Belakangan ini sudah banyak yang memiliki drone dan juga menggunakannya untuk merekam video atau keperluan lainnya, bagi yang belum memiliki tapi sudah tertarik untuk mempelajari pengambilan video menggunakan drone, ada bagusnya mempelajari apa saja yang boleh dan tak boleh dilakukan jika ingin mengambil video dengan menggunakan drone seperti berikut ini:

Hal-Hal Yang Boleh Dilakukan

Kuasai Bagaimana Menerbangkan Drone

Sebelum kita turun ke lapangan untuk melakukan aerial videography dengan drone, maka pastikan bahwa kita sudah menguasai bagaimana cara mengendalikan mainan mahal ini. Mengendalikannya menggunakan remote control dengan metode yang sama, hanya saja drone memiliki mekanisme terbang yang unik, belum lagi tentang kecepatan dan yang lainnya. karena itu, belajarlah untuk menerbangkan drone dan juga mengendalikannya dengan lembut, supaya hal ini akan mempengaruhi hasil video yang akan kita dapatkan.

Pilihlah Drone yang Pas (Pas dengan Bujet dan Kebutuhan)

Karena drone itu merupakan perangkat pintar yang jenisnya bukan hanya satu atau dua saja, melainkan ada banyak sekali tipenya di pasaran. Setiap tipe memiliki spesifikasi sendiri dan juga memiliki fungsi khusus sesuai dengan spesifikasi unggulan yang dimiliki oleh drone tersebut. Memang pada dasarnya drone hanya digunakan untuk mengambil video dan foto dari atas langit, tetapi tetap saja kita harus memilih yang sesuai dengan kebutuhan kita. Apakah itu yang ukurannya kecil atau besar, merknya apa? Dan juga harganya apakah sesuai dengan bujet yang dimiliki atau tidak. Jangan terbuai gengsi, kalau memang masih amatiran dan pemula, sebaiknya pilih drone tipe standar dengan harga yang paling ekonomis saja, supaya tak sayang andai rusak saat dijadikan bahan latihan.

Lakukan Persiapan dengan Sangat Matang dan Menyeluruh

Sekarang anggaplah bahwa kita ini sudah memiliki drone dan sudah mahir dalam menerbangkannya, maka hal berikutnya yang harus kita lakukan adalah mempersiapkan tiga hal yang paling penting untuk melakukan proyek pemotretan dari udara, yaitu pesawat drone, sediakan tempatnya serta cuaca. Yap, jangan pernah menyepelekan cuaca, sebab cuaca memegang peranan yang sangat penting dalam kesuksesan kita mengambil video yang bagus.

Bagaimana indikatornya bahwa kita sudah menyiapkan drone dengan baik? Yakni jika kita sudah mengecek baterai dan berbagai perangkat tambahannya. Apakah sudah siap? Apakah fungsinya sudah normal? Maka kita sudah siap untuk pergi. Pilihlah lokasi penerbangan yang tak terlalu padat dan lapang, serta tidak terlalu rapat pepohonan.

Drone memang terbang di atas langit, tetapi drone akan diterbangkan dari daratan dan jika terlalu padat orang maka bisa mencederai orang lain, jika terlalu rapat pepohonan bisa menyangkut disana dan lain sebagainya. Kemudian cuaca, jika ada angin yang sedikit kencang saja sudah bisa dipastikan perekaman video menggunakan drone akan kacau dan hasilnya tak akan sebagus yang kita harapkan.

Hal-Hal yang Tak Boleh Dilakukan

Terlalu Sembrono dan Gegabah Saat Menerbangkan Drone

Memang mengambil foto dan merekam video dengan menggunakan drone itu sangat menyenangkan, sebuah pengalaman baru yang jarang bisa dirasakan oleh pecinta fotografi. Akan tetapi walau demikian, bisa memiliki kesempatan untuk menggunakan drone jangan sampai kelewat antusias dan menyebabkan proses pengontrolan drone jadi kacau balau. Jangan salah, kekacauan dalam mengontrol penerbangan drone bakalan sering terjadi pada para pemula yang kelewat excited. Yang menjadi kuncinya adalah despacito, alias pelan-pelan saja.

Merekan video dengan drone harus dimulai go slow, selembut dan seperlahan mungkin harus mampu dikuasai oleh para pilot drone tersebut. Tahukah jika semakin senior seorang pilot drone, maka semakin kalem ia saat mengendalikan dronenya di udara. Jangan heran jika hasil karya ara senior sangat halus dan ciamik. Semakin pro si pilot drone, semakin cinematic hasil rekaman videonya.

Lalai Mengatur Konfigurasi pada Kamera

Ajaklah seorang yang sudah ahli (atau setidaknya sudah berpengalaman) supaya terhindar dari berbagai kesalahan saat menerbangkan drone. Misalnya saat kita lupa mengkonfigurasi kamera. Parahnya jika kita lupa melakukannya sampai selesai menerbangkan drone, sudah susah-susah menerbangkan dan mengatur cara terbangnya drone, tak tahunya kameranya lupa disetting sebagaimana yang kita inginkan, akhirnya semua waktu yang habis untuk mengudara sia-sia saja.

Mengonfigurasi kamera perlu dilakukan sejak awal karena kamera tersebut akan terbang bersama dengan drone. Pertama-tama saat datang ke lokasi langsung baca situasi dan kondisi di sekitar lokasi, lalu sesuaikan kameranya. Apa saja yang harus kita perhatikan saat mengkonfigurasi kamera? Dari mulai shutter speed, blur, dan lain sebagainya.

Memaksa Untuk Terbangkan Drone Walau Cuaca Sedang Buruk

Bagaimana rasanya saat kita sudah menyiapkan semua peralatan dan persiapan sudah 100%, tak tahunya cuaca tiba-tiba berubah buruk padahal beberapa saat yang lalu masih cerah cerah saja? Rasanya pasti kesal luar biasa, kan? Kalau sudah begini, solusinya cuma satu, yaitu jangan memaksa menerbangkan drone saat cuaca yang buruk! Cuaca yang buruk, biasanya diikuti dengan terjangan angin besar yang berpotensi menjatuhkan drone kita di lokasi yang sulit untuk dicapai, setelah sebelumnya mengombang-ambing drone sampai rusak.

Cuaca yang buruk akan mempengaruhi kemampuan terbang drone yang kita miliki, parahnya lagi jika sampai ada petir yang menyambar, bisa-bisa hancur berantakan drone kesayangan kita. Maka karena itu, lebih baik tundalah sebentar keinginan untuk merekam video jika cuaca tengah buruk, jangan korbankan masa depan perekaman video kita dengan drone demi satu hari saja.

Nah, setelah mengetahui apa saja poin-poin yang boleh dan tak boleh dilakukan jika ingin mengambil video dengan menggunakan drone, maka berarti kita sudah siap untuk mengeksplorasi alam bersama dengan drone kesayangan. Rekamlah dan buatlah rekamannya sebagus mungkin supaya bisa dapatkan video ciamik yang membuat semua mata terpana menyaksikannya.

Baca artikel yang lain mengenai Lensa Fisheye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three + 19 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.