Cara Menggunakan Gopro

Cara Menggunakan Gopro Hero 5 untuk Merekam Video

Tahun 2016, akhirnya Gopro mengeluarkan seri baru dari action cam mereka yang fenomenal. Seri Gopro Hero 5. Tahun-tahun sebelumnya, Gopro Hero 3+ Black menjadi kamera andalan bagi para petualang dan pecinta video traveling. Dengan kehadiran seri terbarunya ini akhirnya membuat pecinta Gopro semakin jatuh cinta dan beromba-lomba untuk menciptakan video yang lebih keren dengan menggunakan seri terbaru Gopro yang satu ini.

Kita semua tahu jika Gopro adalah merk action cam yang memiliki segudang kelebihan, dan fitur-fiturnya juga oke untuk mendukung hobi dokumentasi perjalanan melalui video ini. Yang menjadi salah satu kelebihan dari Gopro Hero 5 ini adalah karena sudah tahan air, sehingga tak memerlukan casing khusus yang anti air seperti seri-seri sebelumnya, suara noise angin maupun air juga jadi jauh lebih baik lagi. Praktis dan keren!

Sayangnya kebanyakan pemilih Gopro hanya menggunakan kamera ini sebagai kamera digital biasa saja dan jarang sekali menggunakannya di bawah air dengan alasan yang klise, takut rusak. Wajar, sih, akan tetapi jika melulu menghindari pengambilan video bawah air dan tak mampu mengeksplorasi bawah air untuk videonya, sayang sekali jadinya. Padahal jika diberi sedikit saja keberanian, eksplorasi bawah air dan tambahka dengan sedikit kreatifitas maka kita akan dapatkan video dokumentasi yang keren sekali. Nah, di bawah ini adalah beberapa macam tips dan teknik uantuk mengambil rekaman yang keren menggunakan kamera aksi Gopro.

Teknik Memaksimalkan Pemakaian Gopro

 Carilah Sudut Pandang yang Bagus dan Lain Daripada yang Lain

Karena yang unik pastinya akan menarik, itulah juga yang akan kita rasakan jika kita mengeksplorasi kamera Gopro. Aplikasikan pendapat ini saat kita akan mengambil video menggunakan Gopro. Karena adanya daya tahan yang luar biasa oke ditambah dengan berbagai perangkat tambahan khusus Gopro yang keren, maka seharusnya kita sudah bisa mendapatkan rekaman luar biasa, dimana saja!

Action cam ini bisa kita letakkan di depan papan seluncur, di atas helm, di atas sepeda, bahkan juga bisa kita letakkan di atas kepala hewan kesayangan kita dan biarkan ia mengeksporasi lingkungan sekitarnya dan kita akan dapatkan sudut pandang unik untuk video kita. Semakin baru sudut pandangnya, semakin ciamik hasil videonya.

Timelapse

Yang unik-unik dan anti mainstream memang sangat digemari oleh masyarakat, seseorang yang mampu melakukan teknik yang unik sudah tentu akan ikut viral seperti halnya video hasil garapannya. Skillnya diakui dan berbagai keuntungan akan kita dapatkan dari hal itu. Salah satunya adalah kepuasan batin.

Cobalah fitur timelapse yang sedang jadi trend di masyarakat, jadi hasil rekaman yang kita buat dengan fitur ini sangat memuaskan terlebih jika menggunakan kamera Gopro yang oke dipasang dimana saja. Hasilnya sudah tentu lain daripada yang lain. Tetapi jangan lupa, jika kita ingin menggunakan fitur yang satu ini, maka akan lebih boros baterai dan harus sering-sering mengecek kapasitas baterainya. Jadi demi mendapatkan video timelapse sepanjang 10 detik, maka kita harus merekam selama 20 menitan dengan 24fps lho.

Cobalah Gopro dalam Air

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jangan kalah oleh rasa takut kamera rusak saat dimasukkan ke dalam air, karena Gopro Hero 5 ini sudah tahan air sampai kedalaman tertentu, sehingga saat kita menggunakan Gopro seri ini untuk merekam keasyikan kita snorkeling, atau seru-seruan di kolam renang bersama teman satu geng, tak masalah!

Ingat, rugi sekali lho jika memiliki kamera Gopro tapi belum pernah digunakan untuk merekam di bawah air. Sebab memang pada dasarnya kamera ini diciptakan dan didesain untuk merekam dengan maksimal di dalam air. Keren, kan? Ada banyak sekali hal menarik dan unik yang bisa kita tangkap di dalam air. Triknya, coba pasanglah Gopro pada kacamata renang kita dan dapatkan pemandangan yang keren sambil berenang.

Maksimalkan Dengan Lensa Tambahan

BirdView dan CarterpillarView

Kamera lain biasanya menggunakan wide lens supaya bisa mendapatkan hasil gambar yang lebih luas dibandingkan dengan sudut pandang yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Maka untuk Gopro beda lagi, dengan adanya fitur Bird View dan juga CaterpillarView. Yang disebut dengan birdview adalah gambar yang efeknya terlihat dari atas (seperti mata burung), seperti halnya mengambil foto menggunakan drone.

Yang kita butuhkan untuk memaksimalkan fitur yang satu ini adalah tongsis yang cukup panjang. Gopro dengan wide lens yang lebar, lalu dipadukan dengan tongsis (minimal 3 meter panjangnya) maka kita bisa dapatkan efek yang canggih layaknya hasil drone. Kemudian kita bisa gunakan fitur Caterpillar view (dari bawah seperti sudut pandang ulat), cukup letakkan saja kameranya di bawah, tanah atau lantai dan biarkan saja kameranya merekam sendiri.

First Person View

Teknik yang satu ini adalah teknik yang paling banyak dilakukan oleh para pemilik Gopro, dan tak ada salahnya jika kita kembali menggunakan teknik ini untuk melakukan berbagai aktivitas outdoor kita. Caranya adalah cukup memasang kamera pada helm, atau pada stang motor dan lain sebagainya sehingga hasil videonya akan membuat pemirsa seakan-akan melakukan aktivitas itu sendiri.

Third Person View

Kalau yang satu ini adalah kebalikan dari poin sebelumnya, jadi kita menggunakan teknik ini untuk membuat pemirsa video kelak seakan menyaksikan kita melakukan aksi. Contohnya kita meletakkan kamera ini pada ujung gitar dan merekam jelas senar-senar yang kita petik, serta gerakan-gerakan lain dengan penuh. Cara ini asyik juga untuk membuat video Gopro yang keren tetapi mudah dilakukan.

Mata Ikan atau Fisheye

Bisa dibilang, Gopro adalah salah satu pelopor terkenalnya lensa yang satu ini di pasaran. Dengan menggunakan lensa fisheye maka kita bisa dapatkan background foto dan video yang lebih luas karena lengkungannya yang justru menambah keelokan hasil jepretan kita. Dianjurkan untuk menggunakan tongsis saat mengambil gambar atau video dengan menggunakan lensa yang satu ini, supaya bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan kita juga bisa shoot wajah kita sendiri dengan jelas.

Demikian adalah beberapa teknik yang bisa kita terapkan saat menjajal kamera Gopro Hero 5. Jangan lupa untuk melakukan editing untuk mendapatkan hasil akhir rekaman video yang lebih mulus dan bebas dari ‘fail moment’ yang mengurangi wibawa kita dalam video tersebut.

Untuk yang pertama kali menggunakan Gopro, mungkin tak akan langsung dapatkan rekaman yang canggih layaknya milik para senior, tetapi dengan melakukan banyak latihan, menguasai teknik editing video dan pandai-pandai mencari momen keren untuk direkam, maka lama kelamaan pasti mampu mendapatkan video secanggih para master.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Memotret Air Terjun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.