Cara Mengganti Background Foto

Cara Mengganti Background Foto yang Mudah

Punya foto menarik dengan background yang tak sesuai keinginan? Tenang saja, edit foto yang tepat bisa menyulap foto Anda kembali berarti. Bahkan lebih baik. Untuk mengedit, Anda bisa menggunakan beragam aplikasi yang tersedia di PC. Salah satunya yang biasa dipakai orang macam Photoshop. Berikut kami sajikan beragam teknik mengubah background dengan mudah, termasuk tips dan aplikasi android terbaik yang direkomendasikan.

Cara mengganti background foto di  Photoshop (PC)

Di bawah ini adalah cara-cara dalam menggunakan Photoshop untuk mengedit foto dan mengganti background foto dengan menggunakan Photoshop:

  1. Buka program Adobe Photoshop.
  2. Buka foto yang akan diganti background dengan cara pilih menu > open, lalu pilih foto yang akan diedit.
  3. Buat seleksi pada foto yang akan diedit dengan cara klik tool seleksi, Anda juga bisa menggunakan pen tools atau lasso tools atau magic wand untuk proses editing foto, hal tersebut berguna untuk memisahkan foto dengan background foto aslinya.
  4. Klik layer via copy, lalu pilih foto atau gambar background yang telah disiapkan sebelumnya, jika belum ada Anda dapat mendownloadnya di Google. Jika foto yang dipilih kurang bagus maka kita dapat mengedit background foto secara maksimal dengan mengatur pencahayaannya.
  5. Masukkan foto hasil editing ke dalam background foto dengan cara drag foto tersebut ke dalam layer background, atau dengan menggunakan copy paste foto tersebut ke dalam layer background dengan posisi foto berada di atas background foto.
  6. Edit foto dengan mengatur efek pencahayaan gambar antara foto dan background yang sudah di ganti. Sesuaikan warna, cahaya, gelap terang foto hasil editing dengan background foto agar terlihat lebih serasa antara warna dan efek cahaya kontrasnya.

Cara Paling Mudah Mengganti Background Pas Foto

  1. Buka program Adobe Photoshop.
  2. Pilih foto yang akan di ganti backgroundnya.
  3. Tekan Ctrl + J pada keyboard sebanyak dua kali, sehingga sekarang kita memiliki 3 layer background, layer 1 dan layer 1 copy.
  4. Layer 1 merupakan layer yang digunakan untuk menyeleksi rambut, sedangkan layer 1 copy akan digunakan untuk mengganti background. Jika objek foto tidak memiliki rambut, seperti botak ataupun menggunakan hijab maka kita cukup menekan Ctrl + J satu kali saja lalu lanjut ke langkah ke-5.
  5. Klik layer 1 dan seleksi rambut menggunakan tool seleksi.
  6. Jika rambut sudah terseleksi, sekarang kita aktifkan layer 1 copy, lalu aktifkan magic wand tool (W) klik pada bagian background yang akan diganti.
  7. Klik select pada menu > modify > expand > lalu masukkan angka 1 (hal ini akan memperluas bidang seleksi sebesar 1 pix), setelah itu feather (masih pada menu yang sama atau klik kanan > feather) cara tersebut berguna untuk memperhalus tepian bidang seleksi. Masukkan lagi angka 1, setelah itu tekan delete pada keyboard. Sekarang background pada foto sudah hilang.
  8. Selanjutnya satukan background baru ke dalam pas foto lalu buat layer baru. Caranya dengan menekan create new layer pada pallete. Kemudian posisikan layer baru tersebut tepat berada di atas layer background dengan menekan Ctrl + [ pada keyboard. Sebut saja layer 2.
  9. Jangan pindah dulu ke layer mana pun, klik tombol G pada keyboard (gradient tool) dan pilih warna background yang diinginkan (atau agar lebih cepat pilih di pallete swatches/window – swatches) lalu klik pada foto.
  10. Gabung semua layer dengan cara mengklik di sudut atas pallete layers – flatten image. Lalu save atau pindahkan ke dokumen baru.

Tips Jitu Menyeleksi Rambut Saat Mengubah Background

Bukan hanya rambut, dengan cara ini Anda bahkan bisa menyeleksi seluruh tampilan bulu-bulu menganggu di tubuh dengan sangat mudah.

Untuk memulai, buka foto yang akan diedit dan buat duplikat layer (tekan Ctrl + J). Berikutnya klik menu filter lalu extract. Setelah itu, Anda akan menemukan brush. Untuk memperkecil atau memperbesar ukuran brush sesuai detail ukuran rambut yang akan diseleksi, Anda bisa menekan tanda [ atau ]. Selanjutnya sapukan pada bagian rambut yang diinginkan.

Jika sudah, beri centang pada Force Foreground. Tekan I pada keyboard atau klik eyedroopper tool, lalu ambil sampel warna yang sesuai dengan mengklik bagian rambut. Klik OK bila sudah, hingga Anda melihat gambar jadi pada layer ‘background’. Selesai.

Panduan Membuat Efek Background

  • Efek Background Transparan

Efek transparan atau tembus pandang akan memperjelas latar belakang foto. Anda bisa memainkan efeknya dengan mengombinasikan dua foto berbeda menjadi satu frame yang sama. Jika Anda penasaran dengan langkah-langkahnya, mari simak pembahasannya.

  1. Buka program Adobe Photoshop.
  2. Lalu pilih dan buka file foto dengan background yang akan Anda edit.
  3. Berikutnya pilih tool untuk menseleksi foto. Agar lebih mudah, silakan buka lasso tool untuk menerapkan teknik masking agar background berubah transparan.
  4. Buat layer baru dengan cara klik create a new layer lalu tempatkan posisi di atas layer background.
  5. Masih pada layer baru, ubah posisi seleksi masking dengan membuat salinan foto (layer satu). Caranya, klik layer background pertama yang akan diubah, lalu salin dan tempel foto (agar lebih cepat, cukup gunakan instruksi biasa copy paste lewat keyboard), kemudian tempatkan pada layer satu.
  6. Selanjutnya Anda hanya perlu menghapus layer background dan menyisakan layar satu, yakni background dengan efek transparan. Selesai.
  • Efek Background Hujan Salju
  1. Buka program Adobe Photoshop.
  2. Pilih foto atau gambar yang akan diberi efek hujan salju atau download saja di Google.
  3. Buat layer baru lalu berikan warna hitam dengan menggunakan tools paint bucket.
  4. Lalu beri efek garis-garis di Photoshop dengan menggunakan filter > graphic pen, cara tersebut akan memberikan arsiran seperti air hujan.
  5. Selanjutnya beri efek bias gradasi dengan menggunakan filter Photoshop gaussian blur agar lebih natural.
  6. Ubah mode layer menjadi mode screen untuk dapat di jadikan efek hujan salju.
  7. Delete gambar atau foto pada bagian tertentu supaya terlihat efek hujan salju, gunakan tools brush untuk menghapus salju supaya dapat menghasilkan editan foto menjadi lebih nyata.

Cara Mudah Menghilangkan Background Awan

Di dalam dunia editing foto, selain menambah background juga ada trik menghapus unsur yang memiliki fungsi berbeda dalam suatu foto. Salah satunya dengan cara menghilangkan background awan.

  1. Buka Adobe Photoshop.
  2. Buka file pemAndangan yang akan dihilangkan background awannya.
  3. Klik kanan pada layer lalu pilih blending option. Pada bagian blending option default lalu ubah menjadi blend if dari gray menjadi blue. Hal tersebut berfungsi untuk meraba warna langit dan awan yang terkesan berwarna biru.
  4. Lalu tarik “this layer” yang berwarna biru sambil melihat pada gambar Anda, apakah semua bagian langit dan awan telah hilang. Jika sudah, hentikan terikannya lalu klik OK.

Rekomendasi Aplikasi Mengubah Background di Android

Selain di PC, mengganti background juga dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi di smartphone. Berikut rekomendasinya.

1. StickIt! – Photo Sticker Maker

Aplikasi ini dapat memotong dan mengganti background foto dengan cepat, selain itu kita juga bisa menambahkan efek-efek keren pada foto.

2. TouchRetouch

Aplikasi ini dapat menghilangkan orang atau benda pada sebuah foto tanpa terlihat editan, atau nampak seperti real.

3. Background Eraser

Aplikasi ini dapat menghapus atau memotong background foto dengan mudah dan cepat, selain itu kita juga bisa menggunakan fitur spidol biru & merah untuk menghapus background.

4. A Thumb Cut (Image Mix)

Aplikasi ini memiliki fitur seperti pada Photoshop, fitur itu berupa magnetic lasso tool.

5. PicsArt

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang paling populer dikalangan pengguna android, karena dianggap sangat mudah dalam menggunakan fitur-fitur yang terdapat didalamnnya.

6. PhotoLayers – Superimpose

Aplikasi ini hampir sama dengan Background Eraser, menghapus atau mengganti background foto dengan aplikasi ini sangat cepat dan mudah.

7. Cut Paste Photos

Aplikasi terakhir ini dapat menempel dan memotong pada background lain.

Baca artikel yang lain mengenai Kamera Olympus OMD EM1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − six =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.