Cara Mengedit Video

Cara Mengedit Video untuk Pemula dan Aplikasi Edit Video

Mengedit video dapat dilakukan oleh pemula karena sebenarnya tidak harus sulit dan rumit dengan bantuan berbagai aplikasi yang telah tersedia. Namun pengeditan video membutuhkan alat yang tepat. Memilih program atau software editing video yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan akan memudahkan kita dalam mengedit video. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat akan memulai proses editing video:

1. Perangkat Komputer

Video editing sesungguhnya tidak membutuhkan komputer yang mahal atau berspesifikasi tinggi terutama jika kita adalah pemula. Kita memerlukan monitor yang layak dan video card. Keduanya biasanya sudah terpasang pada kebanyakan komputer atau laptop. Jika kita memiliki komputer yang agak lama, maka perlu memeriksa apakah spesifikasi software dapat bekerja dengan komputer yang ada.

Beberapa komputer lama biasanya bekerja kurang cepat untuk video editing jadi perlu adanya upgrade untuk keseluruhan sistem. Jika kita baru akan membeli perangkat komputer atau laptop dengan tujuan sebagai perangkat video editing maka belilah yang memiliki hard drive besar atau kapasitas memori besar.

Pilih komputer yang mudah di-upgrade jika nanti masih ingin menambah memori. Jika masih belum memiliki pilihan maka komputer Mac biasanya menjadi pilihan yang paling mudah. Sementara itu PC biasanya disukai oleh profesional editing. Namun pemula bisa memilih mana yang mereka suka asal memiliki spesifikasi yang baik.

2. Software Video Editing

Memilih software editing video kadang membuat kita bingung. Saat ini ada banyak software editing video dengan harga yang beragam dan fitur yang berbeda. Jika kita adalah seorang pemula maka ada baiknya memiliki software video editing yang gratis. Karena belum tentu itu cocok dengan kita, akan mengecewakan jika kita sudah terlanjur membeli tapi ternyata tak bisa digunakan secara optimal.

Tampilan antar muka kadang tampak rumit namun melalui trial dan error pada aplikasi maka kita bisa memahaminya. Berikut ini beberapa software editing video pilihan:

  • VideoPad Video Editor: merupakan program gratis yang dapat diunduh untuk sistem operasi Windows XP, Vista serta Windows 7, 8, dan 10. Selain itu tersedia juga untuk Mac OS X, iOS, dan Android. Dengan aplikasi ini kita dapat mengedit video dan menambahkan musik.
  • VSCD Video Editor: merupakan aplikasi gratis untuk Windows Vista, 7, 8, dan 10. Ada juga versi berbayarnya. Video yang dihasilkan mendukung format untuk PC, iPhone, web, dan DVD.
  • Shotcut: merupakan software open source untuk Linux, Windows, dan Mac OS X. Shotcut dapat mengekspor video ke dalam berbagai format termasuk format MP4 dan format gambar seperti JPG dan PNG.
  • iMovie: merupakan aplikasi yang dapat digunakan pada komputer Mac dan dapat diunduh pada perangkat iOS. IMovie tidak mudah digunakan namun memiliki fitur yang lengkap dan gratis. Jika kita ingin mengintegrasikan video, kumpulan foto, dan musik maka kita dapat menggunakan aplikasi ini baik di komputer maupun perangkat mobile.

3. Aksesoris Video Editing

Sebelum memulai sebuah proyek video perhatikan bahwa sisa kapasitas memori di komputer harus cukup untuk menyimpan semua file footage yang diperlukan. Misalnya jika satu jam video 1080i yang didapat dari sebuah mini-DV camcorder membutuhkan hampir 42GB memor. Jika ternyata hard drive internal komputer kita atau flash memory tak mampu menyimpan semua maka solusinya adalah dengan membeli sebuah drive eksternal.

Kita membutuhkan beberapa kabel, biasanya kabel Firewire atau USB untuk menghubungkan komputer dengan hard drive eksternal dan kamera. Komputer dan kamera yang berbeda biasanya membutuhkan konektor yang berbeda, jadi perlu diperiksa pada buku manual sebelum membeli apapun.

4. Menyiapkan Video untuk Diedit

Sebelum kita memulai mengedit, maka dibutuhkan sebuah video untuk diedit. Kebanyakan program editing video menerima berbagai format sepanjang videonya berasal dari alat perekam atau ponsel pintar. Jika kita mereka video dengan perekam digital maka akan mudah untuk meng-impornya pada software yang telah diunduh. Saat ini perekam video pada ponsel pintar sudah ada yang mendukung video HD jadi hasilnya sudah cukup baik untuk menghasilkan sebuah video-film.

Terkadang kita ingin mengedit video lama yang berasal dari VHS tape. Sebelum mengedit video analog tersebut maka kita perlu melakukan konversi terlebih dahulu pada format video. Konversikan video tersebut ke format digital sehingga dapat diimpor ke software editing. Konversi video dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi. Baca panduan tentang bagaimana mengkonversi video analog menjadi format digital.

5. Tips Mengedit Video

Tak peduli apa program editing video yang digunakan, ada beberapa tips dan trik yang akan meningkatkan proses editing video yang dilakukan. Meskipun sudah memiliki komputer yang sesuai, software dan aksesoris yagn dibutuhkan, tapi pada akhirnya editing video yang baik datang dari latihan dan kesabaran. Berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan saat mengedit video:

  • Siapkan rekaman video lebih banyak dari yang kita pikir perlu. Termasuk rekaman yang lebih lama pada sebuah tema video. Kita dapat menggunakannya untuk transisi yang lebih halus pada film yang akan dibuat.
  • Saat merekam video maka ada baiknya menggunakan tripod daripadanya hanya dengan tangan langsung. Merekam dengan memegang perekam lewat tangan langsung cenderung membuat hasil rekaman menjadi bergoyang. Jadi ada baiknya menggunakan alat seperti tripod yang menjaga agar alat perekam tetap stabil saat merekam video.
  • Gunakan musik instrumental untuk pemanis daripada musik berlirik. Meskipun mungkin iramanya cocok dengan tema video yang dihasilkan namun kadang liriknya tidak sesuai. Kecuali jika kita membuat lagu sendiri dengan lirik yang khusus untuk video tersebut.
  • Jangan menggunakan banyak efek video yang terdapat pada software di video film yang sama. Kadang lebih sedikit efek akan lebih baik. Gunakan efek yang diperlukan saja sesuai dengan tema video yang diedit.
  • Tampilan close up dan jarak media lebih baik dari tampilan jauh untuk membuat penonton tertarik. Saat merekam sebuah video usahakan untuk membuat rekaman dari jarak sedang ataupun dekat, selain jarak jauh. Kita juga bisa mengeditnya melalui program editing video. Pastikan hasilnya bisa menarik penonton.
  • Istirahat setelah melakukan edit ronde pertama. Coba keluar dari kamar dan mengalihkan pandangan dari komputer. Mengedit video kadang melelahkan apalagi jika video tersebut memiliki waktu yang cukup lama.

Menggunakan software editing video bagi pemula memang susah-susah gampang. Setiap orang juga memiliki kemampuan yang berbeda-beda saat harus berhadapan dengan hal baru. Ada orang yang lebih mudah memahami jika mengikuti tutorial yang disediakan oleh setiap software tapi ada juga yang lebih suka langsung mencoba-coba pada aplikasinya. Jika kesulitan menggunakan software editing video tersebut jangan malas untuk mencari tutorialnya atau bertanya pada yang bisa. Pemula perlu terus mencoba sampai bisa menghasilkan video yang diinginkan.

Baca artikel yang lain mengenai Fungsi Tripod

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + twelve =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.