Cara Menerbangkan Drone

Cara Menerbangkan Drone untuk Pemula

Belakangan ini perkembangan di dunia fotografi sangat meningkat, tak heran jika kemudian jumlah para pecinta dunia fotografi kian bertambah dari hari ke hari. Bahkan merambah ke semua kalangna dan semua usia. Tak hanya orang dewasa saja, bahkan sekarang banyak anak-anak yang menyukai dunia fotografi dan videografi lho! Salah satu hobi memotret dan video yang sedang ngehits belakangan ini adalah aerial photograpy atau arti lainnya adalah fotografi udara. Mengambil foto dan merekam video dari langit ini semakin ngtrend setelah kemunculan pesawat remote control yang berbaling-baling, yang dikenal dengan nama drone.

Drone ini awalnya digunakan sebagai salah satu perangkat untuk mempermudah kegiatan fotografi udara, dengan menggunakan kamera berbaling-baling ini maka kita bisa mengambil foto dari atas lokasi pemotretan, bagus untuk memotret bangunan secara keseluruhan, lokasi wilayah dan lain sebagainya. Tetapi sekarang drone juga memiliki fungsi lainnya yang beragam, salah satunya untuk merekam video dari atas langit.

Drone juga memiliki banyak jenis, misalnya drone yang dirakit sendiri kameranya, sampai jenis drone yang sudah built in camera pada body aircraftnya. Dengan menggunakan drone yang built in camera, maka pengguna tak usah repot memasang kamera supaya bisa mengambil foto dan video dari udara.

Pengertian Drone Yang Harus Dipahami

Drone yang pengertian aslinya adalah pesawat tanpa awak dan dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakan remote control ini sekarang sudah dibuat dengan berbagai jenis dan ukuran, fungsinya juga sudah beraneka ragam. Drone memfasilitasi awak media dan para pebisnis supaya bisa melakukan perekaman atau pengambilan gambar dari posisi dan angle yang sulit, terutama dari atas. Kerennya lagi, drone jika dimanfaatkan dalam bisnis bisa digunakan sebagai alat pengirim barang pesanan ke alamat pemesan secara langsung dan cepat. Tentu saja dengan beban yang terbatas, ya!

Setelah mengetahui begitu banyak keunggulan drone dan fungsinya yang bisa mempermudah berbagai aktifitas harian kita, tak ada salahnya terbuka dengan teknologi yang satu ini,  bukan? Tertarik untuk memiliki drone dan menggunakannya? Jangan lupa, drone butuh keahlian khusus saat menerbangkannya. Membuat drone terbang memang mudah, tetapi yang sulit adalah menjaganya supaya tetap stabil di udara dan bergerak ke kanan ke kiri, memutar atau melakukan gerakan lainnya dengan halus, itulah yang paling sulit. Karena itulah pemilik drone biasanya juga memiliki sertifikat pilot drone sebagai tanda bahwa ia sudah menguasai tata cara menerbangkan dronenya sendiri.

Cara Menerbangkan Drone

Sebagai pemanasan, tak ada salahnya untuk mempelajarinya sendiri seperti berikut ini:

  • Pertama-tama adalah hidupkan dronenya terlebih dahulu. Setiap jenis drone pastinya memiliki tombol power di bodynya masing-masing. Biasanya tombol switch On/Offnya terletak pada samping body perangkat tersebut, ada juga yang terletak di bagian bawah drone itu sendiri.
  • Jangan lupa juga untuk menghidupkan remote controlnya, sebab remote controlnya memiliki daya sendiri yang berbeda dengan drone, sehingga harus dinyalakan satu per satu. Ciri dari remote control drone menyala adalah muncul kedipan pada lampu drone untuk beberapa saat. Tak perlu mengkhawatirkan hal itu, sebab itu adalah tanda dimana drone dan remote sedang sinkronisasi satu sama lain. Saat itu, gerakkan tuas yang ada di sebelah kiri remote ke atas dan ke bawah dengan cepat, apabila lampu yang berkedip-kedip itu sudah tak menyala lagi, maka itulah tanda saat drone sudah siap untuk diterbangkan.
  • Lalu bagaimana caranya untuk memegang remote drone dengan baik? Tak ubahnya memegang stik pada PS-2 dan PS-3, bahkan bentuk remotenya juga tak jauh berbeda.
  • Sebagai pengendali utamanya, gunakanlah ibu jari kanan dan juga ibu jari kiri. Keduanya bisa digunakan untuk mengendalikan drone menggunakan remote control.
  • Saat menerbangkan drone untuk pertama kalinya, maka lakukan dulu pengenalan dengan perangkat yang kita miliki tersebut. Caranya dengan berlatih menggerakkan drone di dalam rumah terlebih dahulu, kita bisa mencoba seberapa besar tenaga yang harus kita keluarkan untuk menggerakkan drone, sehingga kita bisa mengontrol pergerakan drone dengan baik. Melatih tangan untuk mengendalikan drone dilakukan di lantai rumah juga bagus, sebagailatihan untuk memuluskan pergerakan tangan, dengan permukaan lantai yang rata memiliki fungsi supaya drone dapat bergerak sesuai dengan perintah remote tanpa adanya hambatan apapun.
  • Setelah lancar menggerakkannya ke kanan dan ke kiri di lantai, maka mulailah mengangkat drone dengan menggunakan ibu jari kiri pada tuas remote yang kiri juga, hati-hati dan perlahan saja supaya drone tidak melesat terlalu cepat. Nah, apabila saat kita menggerakkan tuas remote drone baling-balingnya bergerak dan perangkat drone belum terbang atau pun saat drone dalam keadaan setengah terbang, sebaiknya berhentilah pada posisi itu.
  • Setelah itu, kemudian mulai belajar menggerakkan drone dengan menggunakan ibu jari kanan yang berada pada tuas remote sebelahnya lagi, pada saat itu drone akan bergerak sesuai dengan arah kendali ibu jari kanan pada remote control drone itu. Jangan lupa untuk memperhatikan setiap gerakan yang terlihat dari drone dan selain itu perhatikan juga dengan seksama arah tuas kanan, pahami betul dan lakukan latihan sesering mungkin supaya kita benar-benar paham bagaimana caranya untuk menerbangkan drone menggunakan remote controlnya.
  • Nah, setelah mahir mengendalikan drone pada tempat yang halus dan juga rata, kemudian kita bisa mencoba untuk menerbangkan drone di lapangan atau di tempat luas lainnya. caranya juga sama dengan menerbangkan drone di dalam rumah, yaitu dimulai dengan power baling-baling yang tak terlalu cepat alias perlahan saja.

Kunci dari menerbangkan, mengemudikan dan juga mengendalikan drone itu sebenarnya sama saja dengan pedal gas dan rem pada motor atau mobil kita. Kita harus memerhatikan jarak lintasan dan kecepatan yang kita gunakan, berbarengan dengan memperhatikan situasi dan kondisi jalanan.

Begitu pula saat kita menerbangkan drone, kita harus memerhatikan ukuran kecepatan dan juga ketinggian lokasi saat kita menerbangkan drone. Kemudian saat kita menerbangkan drone, pastikan selalu menyeimbangkan tuas ibu jari kanan dan tuas ibu jari kiri pada remote control supaya pergerakannya stabil. Pada saat kita tengah menerbangkan drone, tuas kanan itu adalah kunci yang utama untuk menyeimbangkan drone saat terbang, supaya drone tegak lurus saat mengudara.

Bagaimana? Tidak sulit rupanya untuk menerbangkan dan menyeimbangkan drone di angkasa sana. Yang paling penting adalah kita harus rajin melakukan latihan dalam berbagai suasana dan cuaca. Kita harus mampu menerbangkan drone dalam cuaca cerah, juga pada cuaca yang berangin serta mendung. Yang paling penting adalah harus tetap berhati-hati dalam menerbankan drone, sebab ada beberapa bagian dari drone yang mudah sekali rusak jika terkena benturan.

Misalnya kamera dan juga baling-balingnya. Selain itu, pastikan juga menerbangkan drone di daerah yang aman sebab drone bisa mengganggu penerbangan pesawat terbang. Selamat terbang ya!

Baca artikel yang lain mengenai Lensa Fisheye

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − eight =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.