Cara Mempertajam Foto

Cara Mempertajam Foto dan Menghalus Foto untuk Pemula

Mendapatkan hasil foto yang kurang halus atau kurang tajam itu biasa terjadi apalagi jika objek yang ditangkap berada di tempat yang terlalu terang atau gelap. Untungnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya. Bahkan fotografer yang sudah berpengalaman pun sering mengalami masalah ini. Itulah kegunaan dari post processing, memperbaiki hasil foto yang dinilai kurang sempurna.

Foto yang kurang tajam bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti pencahayaan yang kurang atau pengambilan gambar yang terlalu terburu-buru sehingga agak blur. Sedangkan foto yang harus dihaluskan biasanya foto wajah.

Di bawah ini akan ada pembahasan mengenai cara menghaluskan dan mempertajam foto.

Tips Mempertajam Foto

Mempertajam foto sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah apalagi jika hanya mempertajam warnanya. Menggunakan Photoshop akan jadi dalam waktu yang singkat dan langkah yang tidak terlalu banyak.

Cara mempertajam menggunakan Photoshop bisa dilakukan dengan empat cara. Tiga caranya memiliki langkah yang sangat sedikit dan langkah satunya lagi lumayan panjang. Langkah-langkah yang harus dilakukan berbeda-beda tapi hasilnya sama-sama bagus.

1. Cara Pertama

Cara pertama ini menggunakan exposure. Hasilnya akan mirip jika Anda melakukan exposure secara langsung pada kamera digital. Kegunaannya adalah menentukan jumlah cahaya yang akan disimpan dalam sebuah foto. Supaya gambar menjadi tajam maka harus ditambah dengan cara sebagai berikut.

  • Buka Photoshop kemudian pilih menu Image selanjutnya pilih Adjusment kemudian pilih Exposure.
  • Sesudah itu atur exposure dengan cara menggeser ke tingkat yang lebih tinggi. Sesuaikan dengan hasil yang menurut Anda terbaik.
  • Sesudah itu langsung saja klik ok.
  • Selesai.

Cara ini termasuk yang paling mudah karena hanya dengan 2 langkah ketajaman foto langsung berhasil diperbaiki.

2. Cara Kedua

Cara kedua adalah dengan mengatur kontras, langkahnya juga sangat sedikit sehingga pasti tidak sulit untuk dilakukan. Pertama, klik menu Image kemudian pilih Adjusment lalu atur Brightness/Contrast.

Sesudah itu langsung atur kursornya dan geser Brightness ke arah yang lebih tinggi sedangkan kontrasnya harus lebih kecil. Sesudah itu klik OK.

3. Cara Ketiga

Pertajam foto dengan menggunakan menu Level. Caranya hampir sama hanya bagian yang dipilih adalah level. Lebih lengkapnya klik menu Image kemudian pilih Adjustment lalu pilih Levels. Sesudah itu akan muncul menu dan langsung atur output levelnya. Caranya juga dengan menggeser-geserkan kursor dan berhenti menurut Anda tepat dan warnanya sudah lebih tajam. Selanjutnya langsung klik OK.

4. Cara Keempat

Cara keempat untuk mempertajam foto ini mudah juga caranya, tapi langkahnya lebih panjang. Untuk objek edit kali ini adalah foto di sebuah tempat yang banyak dedaunan atau pohonnya. Atau backgroundnya adalah tempat seperti itu. Langsung saja lihat langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Pertama, setelah membuka Photoshop buka menu Layer kemudian pilih opsi Create New Fill or Adjustment Layer. Setelah itu pilih Selective Color.
  • Kemudian atur pengaturan pada pop up yang muncul. Untuk warnanya pilih yellows, isi cyan dengan 100 persen, magenta dengan -58 persen, yellow dengan +39 persen, dan black +22 persen. Lalu pilih Method dengan Relative. Lalu klik OK.
  • Selanjutnya pada pilihan warna hijau isi cyan dengan 100 persen, magenta dengan -62 persen, yellow dengan +100 persen, dan black +37 persen.
  • Lalu tekan tombol CTRL + E untuk menggabungkannya kemudian edit kontrasnya. Caranya pilih menu Image Adjustment-Brightness & Contrast. Isi bagian Brightness dan Contrast sesuai keinginan Anda sampai dirasa gambar sudah lumayan cerah.
  • Langkah selanjutnya buat duplikat layer dengan cara tekan tombol CTRL + J, lanjutkan dengan buka Menu Filter-other-High Pass dan lakukan pengaturan sampai terlihat agak kasar. Lalu klik OK.
  • Selanjutnya ubah bagian Layer Mode jadi Linear Right. Atur juga Opacity-nya dengan ukuran di bawah 70 persen.
  • Gabungkan lagi lalu tambah Exposure jika Anda rasa kurang tajam.
  • Selesai.

Itulah dia beberapa cara yang dapat Anda coba lakukan untuk membuat gambar terlihat lebih tajam warnanya.

Tips Menghaluskan Foto

Setelah membahas cara mempertajam foto yang dapat Anda lakukan pada berbagai objek dengan latar belakang supaya warnanya lebih bagus. Sekarang cara menghaluskan foto pada objek wajah seseorang. Tutorial ini bisa digunakan oleh Anda yang mengambil foto model tapi kulit wajahnya masih terlihat ada kekurangannya, misalnya berjerawat atau kusam.

Ada dua cara yang bisa dilakukan, keduanya hasilnya sama-sama bagus dan langkahnya pun mudah.

1. Cara Pertama

Kedua cara ini dilakukan menggunakan Photoshop. Langsung saja lihat langkah-langkah cara pertama ini.

  • Buka gambar kemudian tekan tombol CTRL + J untuk membuat duplikat layer. Bisa juga dengan melakukan drag layer ke bagian ikon New Layer.
  • Selanjutnya atur blending untuk layer yang baru, pilih Vivid Light.
  • Lalu invert layer dengan cara buka menu Image kemudian pilih Adjustment kemudian pilih Invert.
  • Kemudian beri Gaussian Blur pada gambar dengan cara memilih menu Filter lalu Blur lalu pilih Gaussian Blur. Langkah ini membuat ketajaman gambar lebih lagi. Lebih baik gunakan slider agar pori-pori wajah bisa terlihat.
  • Lalu mulai haluskan kulit dengan pilih menu Filter kemudian pilih Other lalu Highh Pass. Gerakkan slider sampai hasilnya sesuai dengan keinginan Anda.
  • Buat mask baru di layer kemudian isi menggunakan warna hitam agar gambar tersembunyi. Selanjutnya ganti lagi warna dari foreground menjadi warna putih.
  • Pilih Mask lagi lalu gambar pada bagian kulit menggunakan brush lembut. Jika terlalu kuat efeknya maka kurangi ukuran opacity dari brush.

Selesai juga cara pertama menghaluskan foto ini.

2. Cara Kedua

Langsung saja simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Jika foto kurang terang maka berikan cahaya lebih. Caranya dengan klik menu Image kemudian pilih opsi Adjustment kemudian Curves. Agar lebih cepat langsung tekan tombol CTRL + M.
  • Lalu setting sesuai dengan keadaan foto, mungkin nilai outputnya harus lebih besar dibandingkan input. Caranya dengan menggerakan curves. Kemudian klik OK jika menurut Anda sudah selesai.
  • Ubah sedikit efek warna foto jika menurut Anda perlu. Caranya klik menu Image kemudian pilih Adjustment lalu pilih opsi Color Balance. Geser-geser juga sesuai dengan hasil fotonya nanti, tidak ada patokannya.
  • Kemudian lakukan duplikat layer background, caranya tekan tombol CTRL + J di keyboard. Lalu nanti pada Pallet Layers alam muncul duplikat layer yang baru.
  • Sesudah itu lanjutkan dengan pilih menu Filter kemudian pilih Blur dan kemudian Smart Blur. Beri nilai pada bagian Threeshold dam Radius. Sedangkan untuk bagian Qualitu pilih saja yang High sedangkan Normal untuk modenya.
  • Sesudah itu akan muncul preview gambar sehingga Anda bisa lihat hasil sementaranya. Jika menurut Anda sudah tepat maka langsung klik OK.
  • Sesudah itu hilangkan efek blur pada bagian yang harus diperjelas, yaitu bagian mata, rambut, bibir, dan alis. Gunakan menu Brush Tool.
  • Caranya buat dulu Layer Mask lalu pada bagian Pallet Layers klik Add Layer Mask. Sesudah itu ubah warna background juga foreground jadi warna putih dan hitam yang merupakan default dari Photoshop. Caranya tekan saja huruf D di keyboard.
  • Kemudian pada bagian Toolbox aktifkan menu Brush Tool. Pilih mode normal dan beri nilai Flow dan Opacity 100 persen. Sesudah itu gosokan pada bagian yang ingin Anda pertajam.
  • Jika sudah selesai klik File lalu pilih Save.
  • Selesai.

Selesai sudah pembahasan mengenai cara mempertajam dan menghaluskan foto. Semoga tutorial ini bermanfaat!

Baca artikel yang lain mengenai Edit Foto dengan Photoshop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.