Cara Memotret Sunset

Pemilihan Teknik Terbaik Cara Memotret Sunset Terindah

Bagian utama yang harus diperhatikan dalam memotret sunrise maupun sunset adalah tentang pengaturan kamera. Penggunaan fokus manual akan menghasilkan gambar yang lebih bagus, karena saat anda memilih menggunakan auto focus dikhawatirkan tidak mendapatkan objek terbaik yang anda inginkan. Selain itu, anda juga harus menyesuaikan pengaturan lain sesuai dengan kondisi lokasi saat anda berburu foto.

Saat anda ingin mendapatkam landscape foto sunset yang indah, sebaiknya menggunakan shutter speed yang lambat. Sebagai contoh. Anda bisa mengatur kamera anda menjadi 1/30 supaya mendapatkan ketajaman foto yang merata. Pengaturan lain yang penting adalah gunakan setting ISO pada nilai rendah. Siapkan peralatan dengan baik untuk memotret sunset dan pastikan semua peralatan dapat bekerja secara maksimal. Kegiatan untuk memotret sunset ini membutuhkan persiapan fisik, pemilihan lokasi, dan pengaturan kamera yang tepat. Anda harus memperhatikan semua aspek penting tersebut untuk mendapatkan foto sunset yang menawan. Berikut ini beberpa tips yang anda terapkan untuk memperoleh foto sunset yang menakjubkan.

Persiapan Diri Sendiri, Lokasi, dan Peralatan

1. Persiapkan Diri Sendiri

Persiapan yang paling pertama harus Anda lakukan adalah mempersiapkan kondisi diri sendiri. Anda harus menjaga kondisi kesehatan dan stamina saat akan berburu foto sunset. Selain itu, biasakan diri dengan kondisi alam dengan berbagai cuaca yang dapat berubag sewaktu-waktu. Saat tubuh anda sudah terbiasa, maka anda akan lebih mudah dalam mengkontrol kondisi diri sendiri. Jangan sampai anda ingin memotret matahari terbenam saat tubuh Anda kurang sehat. Pastikan tubuh Anda dalam kondisi fit dan bugar.

2. Mencari Referensi dan Menentukan Lokasi

Sebenarnya untuk mendapatkan foto matahari terbenam atau sunset ini dapat dilakukan secara spontan. Anda bisa mendapatkan momen secara tiba-tiba untuk memperoleh foto sunset ini dengan hasil foto sesuai dengan kondisi spontan tersebut. namun, ketika anda melakukan persiapan terlebih dahulu saat ingin memotret sunset, maka untuk hasil terbaik dapat anda rencanakan.

Sebelum memulai berburuan foto sunset, Anda bisa mencari referensi terlebih dahulu tentang lokasi atau spot terbaik untuk menghasilkan foto sunset. Dalam pemilihan lokasi ini, sebaiknya anda juga mempertimbangkan objek lain yang dapat dijadikan sebagai pelengkap foto sunset Anda. Sehingga, anda tidak hanya fokus dalam mengabadikan matahari saat memancarkan cahayanya, namun juga dapat menangkap berbagai unsur pelengkap yang menarik.

3. Memperkirakan Waktu Terbenamnya Matahari

Hal yang harus anda ingat adalah dalam memotret sunset terdapat batas waktu, jadi sesuaikan kebutuhan anda dam maksimalkan momen dengan waktu yang tepat. untuk mengatasi hal ini dapat Anda lakukan dengan mencari terlebih dahulu perkiraan waktu matahari akan terbenam. Saat ini sudah terdapat banyak kemudahan untuk mendapatkan informasi ini. Anda bisa memanfaatkan berbagai aplikasi yang ada di dalam smartphone Anda.

Setelah Anda mengetahui kapan perkiraan waktu matahari akan terbenam, maka sebaiknya anda sudah berada di lokasi 30 menit sebelum matahari terbenam, karena sunset ini hanya berlangsung sekitar setengah jam saja. Sehingga, Anda harus benar-benar memanfaatkan waktu dengan tepat. selain itu, sebelum waktu waktu matahri terbenam dimulai sebaiknya anda sudah melakukan pengaturan terhadap kamera dan peralatan yang anda butuhkan. Jangan sampai Anda mempersipkan semua hal tersebut saat momen matahari terbenam sedang berlangsung.

Hal ini akan membuat anda kehilangan banyak kesempatan untuk menghasilkan foto sunset yang anda inginkan. Setelah momen matahari tenggelam berlangsung, jangan segera menyudahi kegiatan anda memotret. Karena cahaya setelah sunset juga sangat indah. Langit akan memancarkan cahaya dengan warna yang indah selama kurang lebih 25 menit. Jangan melewatkan kesempatan ini karena Anda juga dapat menghasilkan foto yang menakjubkan. Tetaplah sabar dan perhatikan setiap kesempatan terbaik yang dihadirkan oleh alam.

4. Mempersiapkan Peralatan

Peralatan yang wajib anda bawa selain kamera sebagai amunisi utama dalah lensa, baterai cadangan jika memang diperlukan, dan tripod. Kehadiran tripod ini menjadi peralatan utama saat Anda ingin memanfaatkan teknik long shutter dalam penggunaan HDR atau teknik panorama. Tripod juga sangat berguna untuk menjaga kestabilan kamera saat sedang mengambil gambar, Tripod juga akan semakin mendukung jika kamera yang anda gunakan tidak memiliki fitur anti getar.

Bagi Anda yang ingin mengambil gambar sunset dengan posisi matahari yang terlihat besar, maka Anda dapat mengunakan telephoto lens, sehingga perlu Anda persiapkan. Namun, apabila Anda ingin mengambil gambar sunset dengan kondisi matahari yang terlihat kecil, maka Anda dapat menggunakan wide angel lens.

Pengaturan Kamera

1. Memperhatikan Lensa Aperture

Perhatikan kondisi lensa aperture sebelum matahari terbenam secara keseluruhan. Hentikan lensa aperture pada nilai yang tinggi, sebagai contoh f/22 ketika hendak mengambil gambar sunset. Pengaturan ini akan membuat sinar matahari menjadi lebih jelas dan dapat memberikan efek starbus yang keren dalam foto.

2. Pilihlah untuk Menggunakan Fokus Manual

Kamera terkadang kesulitan menjaga titik fokus saat digunakan dalam pengambilan gambar dengan kondisi pencahayaan yang ekstrim. Saat anda mengalami hal tersebut, maka pilihlah untuk menggunakan fokus manual supaya mendapatkan gambar yang bagus. Jangan buang waktu saat Anda mengalami kesulitan untuk memperoleh titik fokus tersebut.

3. Jangan Terpaku pada “Wide Angle”

Memotret sunset menggunakan lensa sudut lebar atau wide angle menjadi hal yang biasa, sehingga Anda dapat Manfaatkan jenis lensa yang lain (sebagai contoh lensa tele).

4. Menggunakan Pengaturan “Preset White Balance Cloudy”

White balance merupakan aspek penting dalam fotografi dan dapat mempengaruhi hasil akhir foto. Pemahaman tentang white balance ini diperlukan untuk mendapatkan warna foto seakurat mungkin. Pengaturan white balance ini berpengaruh terhadap warna foto yang dihasilkan. Kamera memerlukan pengaturan white balance saat memotret dalam kondisi pencahayaan selalu dapat berubah. Anda juga dapat menggunakan preset apabila tersedia dalam fitur kamera anda.

5. Menggunakan Spot Metering Untuk DSLR dan Prosumer dan Sunset Scene untuk Kamera Saku

Gunakan mode metering spot untuk kamera DSLR dan prosumer atau mode scene sunset atau sunrise saat Anda menggunakan kamera saku untuk memperoleh eksposur yang tepat. Arahkan titik fokus ke area sekitar matahari untuk spot meter. Jangan arahkan tepat di bagian matahari. Selanjutkan, lakukan metering dengan menekan separuh shutter dan kunci eksposur. Sedangkan, untuk kamera saku, Anda hanya perlu mengarahkan dan langsung memotret objeknya saja.

Pemilihan Foreground dan Pencahayaan

1. Menggunakan Underexpose atau Cahaya

Underexpose merupakan teknik yang penting dalam mengambil gambar sunset atau matahari terbenam. Cahaya yang dihasilkan oleh matahari saat terbenam memberikan tampilan yang dramatis terhadap keseluruhan objek pemotretan, sehingga Anda memerlukan teknik underexpose dengan mode manual dan memilih pengaturan shutter speed yang cepat.

2. Perhatikan Lingkungan Sekitar Lokasi

Saat sunset sedang berlangsung perhatikan juga area sekitar anda karena kadang-kadang area foto yang ada disekitar Anda juga dapat menjadi objek tambahan yang menarik.

3. Memilih Objek Untuk Foreground

Carilah objek yang dapat mencerminkan warna matahari terbenam. Jangan biarkan kreatifitas anda dibatasi karena Anda terlalu fokus dengan cahaya matahari terbenam yang ingin Anda peroleh gambarnya. Anda bisa memanfaatkan objek-objek menarik lainnya untuk dijadikan foreground atau latar depan dari foto sunset Anda. Kreasikan imajinasi Anda untuk memperoleh foto yang menakjubkan.

4. Maksimalkan Siluet

Hal yang menambah daya tarik foto sunset adalah siluet karena dapat memberikan kesan yang kuat dan dramatis. Kondisi ini dapat Anda peroleh dengan mempercepat shutter speed. Kunci dalam mendapatkan hasil gambar siluet yang bagus, yaitu dengan menemukan subjek dengan rincian yang jelas dan halus. Sebaiknya Anda mengambil jarak sedikit lebih jauh dari subjek anda. Foto siluet ini juga dapat Anda jadikan sebagai foreground pada foto sunset Anda.

5. Jangan Tempatkan Garis Horizontal di Bagian Tengah Foto

Aturan yang dapat anda terapkan saat ingin memperoleh foto sunset, yaitu menempatkan garis horizontal di bagian bawah foto atau bagian atas foto. Kondisi ini akan memperlihatkan gambar sunset menjadi lebih indah.

Semoga beberapa tips dan persiapan yang harus dilakukan dalam memperoleh foto sunset tersebut dapat membantu Anda pecinta fotografi keindahan alam. Utamakan keselamatan anda dan selalu berdoa dalam melakukan aktivitas fotografi.

Baca artikel yang lain mengenai Kamera Fujifilm X100F

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + 13 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.