Cara Membuat Video Trip

Tips Cara Membuat Video Trip Yang Fantastis

Bagi yang menyukai travelling pasti akan melakukan berbagai perjalanan ke tempat-tempat menarik. Untuk mengabadikan momen selama perjalanan biasanya akan merekam melalui kamera SLR, compact atau handphone. Agar travelling menjadi lebih berkesan akan lebih seru jika merekam momen selama perjalanan dengan fitur video. Untuk memperoleh hasil video travelling yang bagus membutuhkan persiapan dan tips sehingga hasilnya memuaskan.

Merekam gambar dalam bentuk video travelling memang lebih baik dan lebih bagus daripada merekam gambar bentuk audio. Dengan video dapat memperoleh lebih banyak yang dieksplorasi. Selain itu, audio yang ditambahkan pada video travelling nantinya akan memberi kesan lebih mendalam dari hanya sekedar dokumentasi.

Persiapan Yang Diperlukan

Untuk memperoleh video travelling yang bagus maka dibutuhkan persiapan yang matang sebelum melakukan travelling. Persiapan yang pertama tentu saja kamera. Bisa memakai kamera handphone, SLR atau kamera pocket. Agar hasilnya nanti maksimal maka harus benar-benar paham cara pengoperasiannya. Jangan lupa untuk mengisi baterai hingga penuh agar tidak kehabisan ketika sedang action merekam. Jika perlu siapkan baterai cadangan.

Siapkan pula media penyimpanan yang cukup sesuai dengan konsep video. Tidak lucu kiranya jika media penyimpanan kurang padahal masih banyak momen yang ingin direkam. Sebaiknya mempersiapkan media penyimpanan cadangan apabila dirasa cukup banyak momen selama travelling untuk berjaga-jaga. Lakukan back up secara berkala sebagai antisipasi kehilangan data.

Mempersiapkan Perencanaan

Perencanaan yang matang pasti akan memperoleh hasil maksimal. Begitu juga dengan pembuatan video travelling ini. Hal ini sangat berkaitan dengan hasil akhir yang akan diperoleh. Video yang baik adalah jika memiliki tema tertentu sehingga pada saat digabungkan akan diperoleh alur seperti sebuah cerita perjalanan travelling.

Perencanaan pertama yang harus diperhatikan adalah menentukan tema. Dengan adanya tema maka pengambilan gambar selama travelling dapat lebih fokus. Misalnya menentukan tema footage, video 360º atau video tentang teman selama perjalanan. Tema tentang keindahan alam atau tema tentang festival setempat juga dapat dipertimbangkan.

Perencanaan berikutnya berkaitan dengan tempat yang akan dikunjungi untuk mengabadikannya di dalam video travelling. Cari dan gali informasi tentang tempat yang akan dikunjungi agar dapat memperkirakan spot terbaik untuk pengambilan gambar.

Informasi tentang kegiatan yang mungkin dilakukan dan ditemui di sepanjang jalan mungkin dapat membantu untuk memperoleh hasil bidikan terbaik. Informasi tentang cara dan jalan yang harus ditempuh untuk sampai ke tempat tujuan juga harus tahu terlebih dahulu sebelum berangkat.  Dan tidak boleh dilupakan adalah pakaian yang nantinya akan dikenakan.

Cara Setting untuk Memperoleh Hasil Terbaik

Untuk memperoleh hasil video yang terbaik maka harus melakukan setting yang berkaitan dengan lokasi. Pastikan tentang cuaca dan musim yang mungkin terjadi pada saat travelling. Di lokasi tertentu dapat memberikan hasil yang berbeda pada musim tertentu. Misalnya saat dibayangkan ada rerumputan hijau tetapi karena datang pada musim kemarau maka rumput menguning dan gersang. Kuncinya adalah cuaca dan musim sangat mempengaruhi keindahan suatu tempat.

Pencahayaan sangat penting untuk menghasilkan video yang bagus. Untuk merekam momen di luar ruangan atau video landscape akan sangat mengandalkan cahaya matahari. Ada tips untuk memperoleh pencahayaan terbaik dari sinar matahari ini. Ketika matahari sedang dalam posisi miring yaitu saat matahari terbit atau saat matahari terbenam adalah waktu yang terbaik untuk mendapatkan hasil video terbaik. Bayangan dan siluet yang terjadi akan terlihat sangat indah.

Pengambilan Gambar

Untuk memperoleh video travelling yang terbaik sangat dipengaruhi dengan cara pengambilan gambar. Pastikan untuk memperoleh sudut pandang atau angle yang unik agar memperoleh video travelling unik pula. Waktu pengambilan yang tepat juga dapat memberi keunikan pada hasil video travelling nantinya.

Lakukan secara detail untuk setiap scene. Detail ini sangat penting agar video yang dihasilkan dapat fokus. Dapat juga mencoba untuk melakukan framing yang unik pada scene video. Lakukan beberapa kali hingga dirasa mempunyai banyak cadangan sehingga dapat memilih scene video yang terbaik. Pengambilan gambar yang berkali-kali akan berkaitan dengan proses editing nantinya.

Terkadang dibutuhkan referensi dari video travelling lain untuk memperoleh cara pengambilan gambar yang terbaik. Perbanyak menonton beberapa video travelling. Sah-sah saja jika ingin meniru atau memodifikasinya sehingga akan semakin mahir untuk mengambil gambar video. Seiring dengan berjalannya waktu dapat diperoleh cara mengambil gambar menjadi video yang menarik dan unik.

Tips Pengambilan Gambar Video

Untuk memperoleh gambar yang terbaik sebaiknya tidak terlalu banyak menggunakan mode zoom jika tidak terlalu dibutuhkan. Lebih baik jika datang mendekat pada subyek daripada melakukan zoom. Terlalu banyak melakukan pengambilan gambar dengan zoom akan memperburuk kualitas video. Tetapi jika ingin menggunakan zoom sebaiknya dilakukan secara pelahan.

Lakukan pengambilan gambar dengan angle yang berbeda agar hasil video lebih bervariasi dan tidak membosankan. Sah-sah saja jika untuk memperoleh angle terbaik harus memanjat, duduk, berlutut, jongkok atau bahkan berbaring. Menempatkan frame saat mengambil obyek dari segala sisi mungkin dapat menjadi ide cemerlang agar dapat menangkap momen lain.

Untuk memudahkan saat pengambilan gambar dapat dibantu dengan memakai tripod. Tripod dapat membantu agar gambar yang diambil tidak goyang. Tidak perlu tripod besar yang terpenting dapat menegakkan kamera.

Saat kekurangan space penyimpanan tetapi masih ada yang harus direkam akan membuat hasil video travelling kurang memuaskan. Apabila masih ada media cadangan untuk merekam maka tidak perlu khawatir. Tetapi lain halnya jika sudah tidak ada media yang dapat merekam. Jika kemungkinan ini terjadi maka jalan satu-satunya adalah dengan memindahkan ke long play mode. Meskipun hal ini nantinya akan menurunkan kualitas gambar, tetapi yang terpenting momen terbaik tidak terlewatkan begitu saja.

Lakukan back up pada setiap rekaman video yang telah diperoleh selama travelling untuk berjaga-jaga kemungkinan terburuk. Akan lebih baik jika menggunakan hard disk pada komputer untuk menyimpan hasil video travelling.

Proses Editing

Untuk memperoleh hasil video travelling yang bagus dan menarik tidak boileh dilewatkan dari proses editing. Rangkaian cerita dan alur yang ditampilkan pada video travelling dapat memberi nilai tersendiri. Ada beberapa cara editing yang dapat menaikkan nilai sebuah video travelling.

Pertama, potong bagian-bagian gambar pada video yang kurang bagus dan tidak dibutuhkan. Jika melakukan pengambilan gambar beberapa kali dapat diperhatikan dan ditemukan beberapa bagian yang kurang menarik. Pilih gambar-gambar yang terbaik dan nantinya dapat tersambung sebagai alur cerita.

Kedua, proses penggabungan gambar. Lakukan penggabungan gambar-gambar video yang telah dipilih menjadi sebuah satu kesatuan video. Lebih bagus lagi jika video juga menyertakan musik sebagai latarnya. Usahakan agar suara yang dihasilkan jernih dan pemotongan gambar video halus rapi.

Persiapan yang baik sebelum melakukan travelling dapat memberikan hasil video travelling terbaik. Melakukan travelling dan merekam momen-momen selama travelling akan memberi kenangan yang terindah.

Baca artikel yang lain mengenai Macam-Macam Lensa Kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.