Cara Membuat Efek Blur

Cara Membuat Efek Blur di Photoshop

Jika kebanyakan orang memperbaiki foto yang blur menjadi lebih baik maka ada juga yang justru ingin membuat gambar menjadi terlihat blur. Tentu saja ada maksudnya. Contoh gambar yang jika diberi efek blur menjadi lebih baik adalah foto pepohonan yang menjulang tinggi di hutan, dan foto wajah yang teksturnya kurang baik misalnya terlihat komedonya, kerutannya, dan kekurangan lainnya.

Dua buah efek blur yang bisa digunakan adalah Motion Blur Effect dan Gaussian Blur. Nah, di pembahasan ini memang akan membahas cara edit foto menjadi blur memakai kedua efek tersebut.

Mengedit Foto dengan Motion Blur Effect

Setiap fitur blur di dalam Photoshop memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Efek blur ini bisa membuat blur secara vertical atau horizontal yang sesuai dengan objek yang diedit. Untuk blur vertical akan lebih bagus digunakan pada foto pepohonan yang menjulang misalnya pohon pinus di dalam hutan sedangkan blur horizontal bisa digunakan untuk membuat blur atau bokeh pada lampu kendaraan di jalanan, bangunan, orang, dan lain sebagainya.

Secara umum, penggunaan efek ini memakai dua buah layer duplikasi atau sama persis. Dengan demikian akan menampilkan kesan bayangan yang bergerak dari bagian layer utama.

Tutorial dengan Motion Blur Effect yang akan dibahas di bawah ini akan menggunakan foto pohon pinus di dalam hutan. Usahakan ambil foto pohon pinus yang lebih dari satu supaya terlihat lebih bagus. Untuk softwarenya menggunakan Photoshop saja yang sudah umum. Namun jika Anda ingin gunakan yang lain juga tidak mengapa, misalnya GIMP. Hanya perlu sesuaikan saja dengan menu-menu yang ada di dalamnya.

Baiklah langsung saja kita ke pembahasan langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Pertama buka dulu file fotonya di Photoshop dengan cara klik CTRL + O atau pilih Open. Kemudian pilih foto yang akan digunakan.
  • Selanjutnya pilih menu Filter lalu pilih Blur. Selanjutnya pilih opsi Motion Blur.
  • Kemudian atur efek blur seperti apa yang ingin Anda digunakan sesuaikan dengan fotonya. Oleh karena fotonya pohon pinus maka pilih blur vertical. Lalu isi Amount dengan yang paling maksimal.
  • Setelah itu copy background layer kemudian buat layer kedua dan apply filter tadi ke layer tersebut.
  • Crop bagian pinggir dari gambar apabila ada space yang dirasa kurang penting. Misalnya foto jarak pohon satu dan pohon lainnya.
  • Selesai, dan simpan hasil editannya di komputer Anda.

Wow, ternyata mudah sekali untuk menggunakan efek ini. Hanya dengan langkah yang sedikit ini saja foto sudah berubah. Untuk pengeditan sederhana seperti ini memang tidak perlu cara yang terlalu kompleks.

Tutorial yang Lainnya

Masih kurang tutorial dengan efek ini? Ada satu lagi tutorial yang akan diberikan, dan foto yang diedit pun masih pohon di dalam hutan. Namun gunakan foto yang berbeda, yaitu jika bisa gunakan foto pohon yang diambil dari bagian bawah sehingga terlihat sampai bagian atasnya. Langsung saja berikut ini langkah-langkahnya.

  • Pertama buka gambar yang akan digunakan dan cara membukanya sama dengan langkah pertama di atas. Ikuti saja.
  • Selanjutnya buat duplikat background layer dengan cara mudah. Pilih menu Layer kemudian pilih Duplicate Layer. Selanjutnya ganti nama layernya sesuai keinginan Anda, misalnya nama “blur”.
  • Setelah itu pilih menu Filter kemudian klik Blur dan pilih Radial Blur. Ganti pilihan Option menjadi Zoom lalu jika ada Windows terbuka maka beri nama dengan “blur center”.
  • Selanjutnya drag bagian tengah zoom ke bagian atas frame agar sesuai dengan komposisi objek aslinya.
  • Selesai, simpan hasilnya.

Itulah dia cara menggunakan Motion Blur Effect. Selain dua cara ini masih ada banyak cara lain yang dapat digunakan tergantung kreativitas Anda.

Mengedit Foto dengan Gaussian Blur

Cara menggunakan Gaussian Blur untuk mengedit foto juga caranya tidak terlalu rumit. Kegunaan dari jenis blur ini adalah mereduksi noise dari gambar sehingga efek blurnya akan lebih meningkat. Sama dengan kegunaan efek blur lainnya, dengan ini gambar akan memiliki bidang yang terlihat tidak jelas.

Efek blur yang dapat dihasilkan Gaussian mirip dengan yang didapatkan dari kamera. Efek blur yang dihasilkannya pun natural dan lembut. Biasanya blur ini digunakan pada foto produk, makro, jurnalistik, model, dan masih banyak lagi.

Untuk tutorial yang diberikan di bawah ini menggunakan foto wajah orang yang kusam supaya terlihat lebih jernih. Langsung saja ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Buka gambarnya di Photoshop CS3 lalu duplikat layer background. Supaya lebih mudah tekan saja CTRL + J sedangkan jika menggunakan Mac tekan Command + J.
  • Sesudah itu akan ada layer 1 yang muncul kemudian edit layer pertama ini. Jangan lupa aktifkan layer 1 kemudian tekan Q menggunakan keyboard supaya opsi Quick Mask terbuka. Atau jika secara manual klik tool yang ad pada bagian kiri bawah lalu klik ikon kotak dengan lingkaran di bagian tengah kanannya.
  • Lalu tekan E di keyboard untuk mendapatkan opsi Erase Tools. Tekan tombol X di keyboard untuk invert apabila warna foreground dan background default.
  • Seleksi bagian pada foto yang akan diperhalus menggunakan tools tersebut. Cara menyeleksinya adalah tekan mouse kiri dan tahan kemudian letakkan di bagian yang diseleksi. Geser-geser mouse ke berbagai arah terserah Anda sampai menutupi semua daerah seleksi dan menghasilkan warna merah.
  • Selanjutnya kembali ke editing pada mode standar caranya adalah menekan tombol Q di keyboard. Bisa juga dengan klik ikon sebelah Quick Mask.
  • Setelah ada di mode standar maka hasil wajah yang diseleksi tadi sudah tidak merah lagi tapi ada tanda garis putus-putus hitam putih. Kemudian edit di menu Select lalu pilih Inverse, agar lebih mudah tekan Ctrl + Shift + I.
  • Selanjutnya tambah Gaussian Blur pada layer tersebut. Namun sebelumnya pilih menu Select lalu pilih Feather atau klik alt + ctrl + D sehingga muncul sebuah kotak dialog.
  • Isi Feather Radius dengan angka 1 sampai 5 pixels sesuai dengan keinginan atau kebutuhan. Lalu klik OK.
  • Setelah itu kembali ke Layer 1 lalu pilih menu Filter kemudian pilih Blur dan Gaussian Blur.
  • Lalu akan muncul kotak dialog pilihan blur tersebut. Ubah nilainya dengan cara menggeser slider yang ada di dalam kotak. Geser sampai nilainya sesuai dan sudah terlihat membuat foto telah lebih halus. Klik OK.

Selesai sudah cara edit foto menggunakan Gaussian Blur ini. Semuanya sama-sama mudah dilakukan bukan? Cara ini memang sederhana sehingga bisa dilakukan oleh pemula. Untuk para profesional pastinya masih banyak cara lainnya yang bisa dilakukan. Langkah-langkahnya pasti lebih banyak dan hasilnya lebih keren lagi.

Semoga dengan pembahasan ini membuat Anda bisa lebih mengenal Photoshop. Dan semoga Anda berhasil melakukannya. Selamat mencoba!

Baca artikel yang lain mengenai Lightworks Video Editor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two − one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.