Cara Meluruskan Foto

Cara Meluruskan Foto Miring Dengan Photoshop

Kadangkala, ada saatnya foto yang kita hasilkan tidak tepat. Salah satu yang paling umum karena fotonya miring. Penyebabnya bisa banyak hal. Misalnya saat kita tergesa-gesa ketika mengambil foto sehingga lupa memperhatikan view finder pada layar kamera. Objek yang tiba-tiba bergerak sehingga tampak kurang pas di frame juga bisa jadi masalah.

Adakah cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki foto miring? Tentu saja ada. Dengan menggunakan beberapa aplikasi foto khususnya Photoshop, Anda bisa memperbaiki foto miring dengan mudah. Tak sabar mencoba sendiri? Mari menyimak tutorialnya dengan beragam pilihan cara.

Menggunakan Move Tool

Untuk memperbaiki foto yang miring kita dapat menggunakan Move Tool pada toolbox. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk memperbaiki foto dengan menggunakan Move Tool:

  1. Buka Adobe Photoshop terlebih dahulu, lalu duplikatkan layer dengan memilih menu layer > duplicate layer atau dengan menggunakan keyboard klik Ctrl + J.
  2. Klik move tool, lalu arahkan kursor ke arah sudut pada foto. Klik lalu putar hingga hasil foto terlihat lurus, untuk menutupi bagian yang kosong kita dapat memperbesarnya. Jika sudah selesai lalu tekan enter.

Menggunakan Ruler Tool

Cara berikutnya yang bisa Anda coba adalah menggunakan Ruler Tool pada toolbox. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk memperbaiki foto dengan menggunakan Ruler Tool:

  1. Buka Adobe Photoshop terlebih dahulu, lalu buka ruler tool dari toolbox.
  2. Klik foto lalu tarik garis untuk mengubah posisi foto yang miring menjadi lurus.
  3. Lalu klik image > image rotation > arbitrary, kemudian akan muncul kotak dialog klik rotate canvas lalu klik OK. Foto anda sudah menjadi lurus, namun masih memerlukan sedikit finishing untuk membuatnya menjadi lebih indah.
  4. Untuk menghilangkan area putih sisa menarik garis tadi, yang perlu anda lakukan hanya melakukan cropping pada foto. Caranya klik C pada keyboard untuk mengaktifkan Tool Crop terlebih dahulu, lalu crop sesuai keinginan, jika sudah selesai maka tekan enter.

Menggunakan Magic Wand Tool

Cara yang ketiga memperbaiki foto yang miring ini yaitu dengan menggunakan Magic Wand Tool pada toolbox. Berikut ini langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk memperbaiki foto dengan menggunakan Magic Wand Tool.

  1. Buka Adobe Photoshop terlebih dahulu, lalu buka foto yang ingin diperbaiki. Caranya dengan klik file > Open atau dengan menggunakan keyboard caranya klik Ctrl + O. Anda tinggal mencari foto yang akan diperbaiki, jika sudah ada klik Open.
  2. Jika foto sudah terbuka, maka aktifkan Crop Tool dengan menekan tombol C pada keyboard. Lalu seleksi seluruh bagian pada foto, tarik garis diagonal dari sudut foto.
  3. Lalu dekatkan kursor pada sudut seleksi hingga muncul gambar anak panah yang melengkung dua arah. Putar seleksi tersebut hingga hasilnya sejajar dengan tepi foto.
  4. Jika sudah tekan Enter pada keyboard.
  5. Apabila warna bingkai foto tidak sama dengan warna background, kita dapat menggunakan Magic Wand Tool untuk mengatasinya.
  6. Caranya dengan klik tombol W pada keyboard, lalu klik pada area yang warnanya hitam sambil menekan tombol Shift pada keyboard. Lakukan hal tersebut pada bagian hitam yang lainnya hingga terseleksi semua.
  7. Lalu ganti warna hitam tersebut dengan warna yang sesuai dengan warna pada bingkai foto. Klik Brush Tool atau bisa juga dengan mengklik menu Edit > Fill atau dengan meneka Shift + F5 pada keyboard.
  8. Jika sudah selesai maka klik Ctrl + D untuk menghilangkan area yang diseleksi.

Meluruskan Bangunan Menggunakan Perspective Image Correction

Gambar bangunan yang kelihatan miring bukan cuma tak enak dipandang. Bagi kepentingan arsitektur, foto yang kurang tepat bisa mengacaukan bayangan akan rancangan gambar. Sebab itu, meluruskan gambar bangunan jadi hal penting. Untuk memperbaiki perspektive foto yang kurang tepat, Anda dapat menggunakan banyak pilihan aplikasi photo editor. Salah satunya adalah Perspective Image Correction. Aplikasi foto editor ini memang khusus digunakan untuk memperbaiki gambar bangunan dan pohon yang miring, atau memiliki posisi yang kurang sedap dipandang.

Mau tahu cara menggunakannya?Sebelum mencoba, tentunya Anda perlu mengunduh terlebih dahulu aplikasi Perspective Image Correction. Setelahnya langsung terapkan instalasi, kemudian buka aplikasinya. Sudah siap mencoba? Mari mengikuti langkah demi langkah.

  1. Buka aplikasi Perspective Image Corerection, lalu drag and drop gambar bangunan yang akan dibuat lurus ke dalam interface Perspective Image Correction. Kemudian pilih empat titik sudut pada gambar bangunan yang akan diedit, lalu gambar poligon untuk menutupi empat sudut tersebut.
  2. Setelah itu, Perspective Image Correction dengan sendirinya akan langsung memproses gambar, dan hasil jadinya yang terletak di bagian sebelah kanan gambar asli bisa langsung Anda bandingkan. Jika kurang pas Anda bisa mencoba lagi dari awal, dan proses editing pun selesai. Bagaimana? Mudah bukan menggunakan Perspective Image Correction ini?

Meluruskan Gambar Hasil Scan Menggunakan Photoshop

Menggunakan pemindai atau scanner kerap jadi solusi praktis bagi Anda yang butuh melakukan pengiriman secara daring. Misalnya, ketika berkirim foto, data pribadi, atau KTP. Bahkan tanpa menggunakan pemindai, Anda bisa memanfaatkan aplikasi pemindai foto di ponsel pintar untuk memindai gambar. Sayangnya, menggunakan pemindai ataupun ponsel, seringkali gambar yang tersaji salah letak alias miring.

Ternyata, tanpa harus terlalu khawatir, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki hasil pemindaian yang miring. Yakni menggunakan Photoshop. Agar lebih mudah dipahami dan bisa dicoba sendiri, berikut tutorial meluruskan gambar kami sajikan untuk Anda.

  1. Buka aplikasi Adobe Photoshop terlebih dahulu, lalu klik File > Open atau dengan menggunakan keyboard caranya klik Ctrl + O.
  2. Selanjutnya buka menu Curves yang tertera pada menu Image lalu klik Adjustments, kemudian klik Curves atau bisa juga dengan mengklik Ctrl + M pada keyboard. Hal ini berfungsi untuk mengatur pencahayaan supaya terlihat lebih terang.
  3. Aturlah tingkat pencahayaan dengan mengatur kurva pada channel RGB, hingga kalian akan mendapatkan hasil yang diinginkan.
  4. Jika sudah selesai, kita bersihkan background pada gambar yang tidak terlalu kita perlukan. Gunakan tools Polygonal Lasso Tool atau klik tombol L pada keyboard. Sebelum menyeleksi, pastikan icon gembok pada layer terbuka terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan mengklik double pada layer, kemudian akan muncul new layer, lalu klik OK.
  5. Kemudian seleksi area di sekitar KTP. Lalu atur nilai Feathernya sebesar satu pixel supaya hasil seleksi tidak akan kaku jika terpotong. Selanjutnya hapus daerah seleksi tersebut. Caranya dengan menekan tombol delete pada keyboard.
  6. Selanjutnya untuk mengatur bentuk KTP sehingga berbentuk seperti apa yang kita inginkan, kita dapat memilih menu Free Transform. Caranya dengan pilih menu Edit lalu klik Free Transform atau dengan menekan tombol Ctrl + T pada keyboard.
  7. Atur ruang kerja agar lebih luar dengan menggunakan Crop atau tombol C pada keyboard sebelum kalian memotong dengan tool Free Transform. Pada daerah yang akan di crop akan ditandai dengan garis putus-putus.
  8. Lalu tarik garis imajiner dari penggaris yang ada diatas dan disamping. Jika tidak muncul klik Ctrl + R.
  9. Lalu mainkan node-node di keempat titik sudut dari tool Free Transform caranya tekan dan tahan tombol Ctrl, lalu drag node ke arah yang diinginkan.
  10. Atur dengan menarik node di keempat sudut tadi hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.
  11. Jika ada sudut yang terpotong kita dapat menggunakan rectagular marquee tool dan stamp atau klik S pada keyboard. Proses editing pun telah selesai.

Baca artikel yang lain mengenai Kamera Olympus OMD EM1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + eight =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.