Cara Fotografer Memotret

Cara Fotografer Memotret yang harus Dipelajari

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan fotografi adalah mempelajari cara fotografer memotret. Adapun cara memotret fotografer yang harus dipelajari tentu saja cara memotret dari para fotografer profesional.

Ada sejumlah cara fotografer memotret yang harus dipelajari. Pada artikel kali ini, beberapa di antaranya akan disampaikan. Adapun beberapa cara fotografer memotret sendiri bisa disimak sebagaimana berikut ini!

Fokus pada Objek

Cara fotografer memotret yang pertama dan harus dipelajari adalah bagaimana cara fotografer fokus kepada objek. Cara untuk fokus pada objek sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan mode autofokus yang ada pada kamera.

Misalnya, mode Autofocus Face Detection. Fitur fokus ini sangat cocok untuk memotret secara khusus wajah manusia. Pasalnya, mode ini mampu membuat lensa kamera fokus ke wajah objek yang nantinya akan tampil di layar kamera Anda. Mode autfokus ini dilengkapi dengan fitur Smile Shutter yang mampu membantu shutter kamera saat hendak memotret atau mendeteksi objek manusia yang tengah tersenyum.

Jika ingin mengatur fokus secara manual, Anda bisa memakai mode autofokus manul yang ada di kamera Anda. Mengatur autofokus sendiri mempunyai sejumlah keuntungan, salah satunya adalah membuat Anda bisa membuat fokus kamera secara maksimal.

Adapun cara menggunakan mode ini adalah dengan menekan tombol autofokus, kemudian gunakanlah control navigasi untuk memilih titik fokus pada objek yang diinginkan. Fokuslah pada titik tersebut dan kemudian memotretlah.

Mengambil Objek dengan Baik

Cara fotografer memotret yang harus dipelajari selanjutnya adalah bagaimana cara mengambil gambar atau objek dengan baik. untuk mengambil objek dengan baik, ada sejumlah trik yang bisa dipakai, salah satunya dengan menggunakan teknik rule of third.

Cara mengambil objek dengan rule of third sendiri harus dilakukan dengan sejumlah langkah. Pertama, buatlah garis imajiner yang membagi foto menjadi sembilan bagian sama besar dan mempunyai empat titik pusat di bagian tengahnya. Kemudian, tempatkanlah objek yang hendak dipotret ke salah satutitik pusat tersebut. Dengan cara ini, diharapkan foto yang dihasilkan akan mempunyai kesan yang dinamis.

Selain rule of third, ada satu cara lain yang bisa dilakukan, yaitu dengan mengambil sudut yang menarik. Cara ini dilakukan dengan memotret objek dari sudut yang tidak biasa, entah itu dari sebelah atas objek; di bawah objek; atau berbagai sudut lainnya yang dirasa menarik bagi Anda.

Mengatur Exposure dengan Tepat

Dalam dunia fotografi, exposure diartikan sebagai jumlah cahaya yang diterima oleh sebuah sensor kamera. Untuk menghasilkan foto yang baik, exposure haruslah diatur secara tepat. Saat ini, mengatur exposure dengan tepat bukanlah hal yang sulit. Pasalnya, di semua jenis kamera—utamanya yang digital—terdapat satu mode bernama Mode Auto Exposure. Lewat mode tersebut, kamera akan secara otomatis melakukan pengaturan exposure sesuai dengan titik fokus dan objek yang hendak dipotret.

Jika Anda ingin belajar mengatur exposure secara manual, Anda bisa menggunakan Mode Manual Exposure di dalam kamera Anda.  Bila mengambil mode ini, maka Anda harus belajar mengatur sendiri sejumlah komponen pengatur exposure, seperti ISO, aperture, dan juga shutter speed. Selain itu, Anda jugaharus mempelajari kondisi cahaya yang mengitari sekitar objek.

Meskipun terlihat merepotkan, namun ada sejumlah keuntungan jika menggunakan Mode Manual Exposure. Salah satu keuntungan tersebut hasil foto yang akan tetap bagus kendati pun kondisi pencahayaan di sekitar objek  berubah-ubah.

Itulah beberapa cara fotografer memotret yang harus dipelajari. Dengan mempelajari kesemua cara tersebut, diharapkan Anda dapat menguasai teknik fotografi dengan lebih baik lagi. Dengan begitu, Anda pun bisa menghasilkan foto yang baik dan berkualitas.

Tips untuk Menjadi Seorang Forografer Andal

Selain memberikan sejumlah cara fotografer memotret, di artikel kali ini kami akan berikan pula sejumlah tips untuk menjadi seorang fotografer andal. Adapun sejumlah tips tersebut adalah:

  • Belilah Kamera yang Terjangkau dan Kenalilah Kamera Tersebut

Salah satu elemen penting dalam belajar fotografi tentu saja adalah kamera itu sendiri. Jika hendak membeli atau menyewa kamera, pastikan bahwa harga atau tariff sewa kamera tersebut dapat dijangkau oleh Anda.

Setelah itu, kenalilah kamera Anda dengan mempelajari spesifikasi dan keunggulan kamera tersebut. Dengan begitu, Anda pun bisa mendapatkan kamera tanpa harus mengeluarkankocek terlalu banyak, serta dapat memaksimalkan kamera Anda sesuai dengan spesifikasi dan keunggulan yang dimilikinya.

  • Bacalah Buku Panduan dalam Kamera Anda

Seringkali, kita selalu mengabaikan buku panduan dalam setiap barang yang kita pakai. Buku panduan pada kamera termasuk salah satunya. Padahal, buku panduan pada kamera sendiri mempunyai sejumlah manfaat, terutama untuk yang sedang belajarr fotografi.

Buku panduan dalam fotografi sendiri dapat membantu Anda dalam mengenali segala spesifikasi dan keunggulan kamera yang Anda pakai. Selain itu, buku panduan juga berisi sejumlah tips menggunakan kamera yang bisa Anda pakai untuk kamera Anda. Oleh karena itulah, sebaiknya Anda tidak membuang buku panduan kamera Anda dan menjadikannya panduan untuk belajar.

  • Mempelajari Literatur Fotografi

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan mempelajari literature tentang fotografi. Mempelajari literature fotografi sangatlah penting, agar Anda bisa mengetahui beberapa teori dasar dan penunjang dalam dunia fotografi. Literatur fotografi sendiri kini bisa didapatkan dengan mudah, baik itu secara offline lewat buku khusus fotografi; maupun secara online lewat sejumlah artikel yang ada di internet.

  • Belajar Lewat Kursus atau Workshop Fotografi

Agar lebih maksimal, Anda juga harus belajar fotografi lewat sejumlah kursus ataupun workshop. Lewat kursus ataupun workshop, Anda dapat melatih kemampuan fotografi Anda secara praktis, sehingga Anda pun bisa lebih mahir dalam soal potret-memotret.

  • Teruslah Berlatih Di Mana pun dan Kapan pun

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan adalah tentu saja terus berlatih. Berlatih fotografi sendiri bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Dengan terus berlatih, kemampuan fotografi Anda akan semakin terasah, dan bukan tidak mungkin Anda akan menajdi fotografer profesional suatu saat nanti.

  • Jangan Malu Memposting Hasil Karya Anda di Media Sosial

Tips terakhir yang harus Anda lakukan adalah mencoba memposting karya fotografi Anda sendiri. Hasil karya fotografi Anda sendiri bisa Anda terbitkan di akun media sosial Anda. Selain untuk belajar mempublikasikan karya, memposting karya Anda ke sosial media juga akan membuat Anda tahu sejauh mana karya Anda diapresiasi dan juga dikritik.

Jika karya Anda diapresiasi maka syukurilah hal tersebut dan jadikan hal itu sebagai penyemangat untuk terus berkarya. Sebaliknya, jika dikritik, maka jadikan hal itu sebagai evaluasi guna memperbaiki kualitas karya fotografi Anda supaya lebih baik.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda terapkan bila hendak menjadi fotografer andal. Semoga semua tips di atas berguna dan membantu Anda menjadi fotografer yang andal, dan bahkan bisa menjadi seorang fotografer profesional.

Baca artikel yang lain mengenai Fotografi Travelling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 5 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.