Cara Foto Sunset Dengan HP

Tips Dan Trik Cara Foto Sunset Dengan HP

Handphone atau telepon genggam masa kini bukan hanya sekadar sebagai alat komunikasi saja, tetapi telah beralih fungsi sebagai gawai multifungsi. Telepon genggam yang saat ini lebih dikenal sebagai telepon pintar dapat digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi media sosial, mengakses surat elektronik, menyunting berbagai dokumen elektronik, hingga mengambil gambar diam (foto) dan gambar bergerak (video) nan apik dan cantik. Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, kehadiran telepon genggam yang pintar ini sangat membantu untuk menghasilkan sebuah karya indah seperti foto momen matahari terbenam (sunset) dengan hanya bermodalkan jutaan rupiah.

Momen Sunset Atau Matahari Terbenam

Keindahan alam beserta isinya memang tak pernah ada habisnya. Objek-objek alam seperti pengunungan, sungai, laut, pepohonan, habitat hewan-hewan liar hingga berbagai momen indah yang terjadi di alam senantiasa memikat mata manusia yang memandangnya. Salah satu momen yang dinanti oleh hampir semua orang yaitu matahari terbenam atau sunset.

Momen ini dapat dikatakan sebagai salah satu momen terindah dalam 24 jam berjalannya hari. Saat matahari terbenam di ufuk barat, langit yang semula berwarna biru muda atau putih bersih berubah menjadi jingga kekuningan, atau bahkan kemerahan. Hal itu dibarengi dengan munculnya bayangan gelap dari berbagai benda seperti pepohonan, batuan hingga perumahan. Momen matahari terbenam hanya berlangsung sekitar kurang lebih setengah jam dan hanya dapat dinikmati saat cuaca cerah. Oleh karena itu, banyak orang yang ingin mengabadikan momen indah tersebut dalam sebuah foto.

Mengabadikan Momen Sunset Dengan Kamera Handphone

Untuk mengabadikan momen matahari terbenam dengan indah memang dibutuhkan keterampilan dan peralatan yang memadai. Namun tidak semua orang mempunyai kamera canggih seperti kamera tipe DSLR, tapi hal tersebut tidak lantas menyurutkan semangat anda yang ingin mengabadikan momen matahari terbenam yang luar biasa. Mengabadikan momen sunset bisa menggunakan kamera telepon genggam yang anda miliki saat ini.

Sebagian besar kamera yang disematkan dalam setiap telepon genggam sekarang ini sudah cukup mumpuni dari segi resolusi dan kejernihan gambar. Telepon genggam berbagai merek yang saat ini beredar di pasaran rata-rata mempunyai resolusi sebesar 8 Megapixel dan sudah dilengkapi dengan lampu flash yang dapat membantu pengambilan gambar di tempat gelap.

Semakin besar resolusi sebuah kamera telepon genggam, maka semakin baik pula hasil gambarnya. Momen sunset dapat diambil dengan baik dengan kamera telepon genggam hanya dengan memanfaatkan aplikasi standar atau aplikasi bawaan dari handphone tersebut. Aplikasi standar bawaan sudah disetel seoptimal mungkin sehingga dapat menghasilkan gambar yang baik. Tapi jika anda lebih nyaman menggunakan aplikasi dari pihak ketiga (third party) pun tidak masalah, karena sebuah karya seni seringkali tergantung selera masing-masing. Fasilitas lampu kilat atau flash dapat dimanfaatkan jika anda ingin mengabadikan suatu objek dengan jelas dengan latar belakang pemandangan matahari terbenam. Apabila hanya momen matahari terbenam saja yang ingin diabadikan, hasil foto akan lebih baik jika diambil tanpa lampu kilat.

Tips dan Trik Cara Foto Sunset Dengan HP

Selain memanfaatkan kecanggihan kamera telepon genggam, guna mendapatkan foto momen matahari terbenam yang cantik, diperlukan beberapa cara jitu ala fotografer profesional. Berikut ini tips dan trik cara foto sunset dengan HP agar foto anda mendapat pujian sebagai foto yang indah.

1. Datang Lebih Awal

Momen matahari terbenam berlangsung tidaklah lama. Oleh karena itu, sebaiknya anda datang maksimal 15 menit sebelum waktu matahari terbenam. Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu kapan waktu matahari terbenam di area tempat pengambilan gambar. Setelah itu, persiapkan diri anda dengan datang lebih awal agar tidak melewatkan momen indah tersebut.

2. Cari Area Yang Luas Untuk Pengambilan Gambar

Setelah anda sampai di lokasi, carilah area yang cukup luas untuk melihat garis horison. Semakin luas areanya, semakin luas pula pandangan kita pada garis horison atau ufuk barat tempat matahari terbenam. Hal ini akan membantu kita memperoleh gambaran indah dari sunset.

3. Carilah Objek Siluet Sebagai Point Of Interest Foto

Objek siluet memang akan tampak luar biasa jika disandingkan dengan keindahan rona alam saat matahari terbenam. Objek siluet dapat berupa pepohonan, gedung tinggi, garis tepi pantai, menara tinggi atau siluet seorang model. Objek ini penting sebagai point of interest (POI) atau titik utama sebuah foto yang menggambarkan cerita dari foto tersebut. Sebagai contoh, anda memilih pepohonan sebagai POI foto sunset, itu artinya anda menitikberatkan keindahan pepohonan saat momen matahari terbenam. Contoh lainnya anda menjadikan teman anda sebagai siluet saat momen matahari terbenam, artinya anda ingin mengangkat tema seseorang yang sedang menikmati sunset.

4. Lakukan Viewing Dan Percobaan Pengambilan Gambar

Salah satu keuntungan datang lebih awal sebelum momen sunset adalah anda dapat melakukan viewing atau mencari sudut pengambilan gambar yang tepat serta melakukan percobaan pengambilan gambar. Pencarian sudut pengambilan gambar dapat dilakukan sebelum atau setelah anda menentukan POI, tergantung dari apa yang anda inginkan untuk foto anda nantinya. Setelah dirasa mendapatkan sudut gambar yang tepat, lakukanlah percobaan pengambilan gambar untuk melihat apakah benar sudut tersebut dapat menghasilkan gambar yang indah.

5. Arahkan Kamera Ke Atas Horison Atau Ke Arah Langit

Saat melakukan percobaan pengambilan gambar, arahkan kamera telepon genggam anda ke arah langit atau sedikit di atas horison. Hal tersebut untuk menghindari warna langit yang menjadi over exposure atau berlebihan (terlalu terang). Arah kamera yang tepat dapat menghasilkan warna langit matahari terbenam yang indah dan warna objek siluet yang tegas dan nyata.

6. Lakukan Pengambilan Gambar Tanpa Lampu Kilat

Seperti penjelasan sebelumnya, jika anda ingin mendapatkan foto momen sunset beserta objek siluet, maka alangkah baiknya pengambilan gambar dilakukan tanpa bantuan lampu kilat. Hal ini menjadikan warna langit saat matahari terbenam semakin jelas, ditambah keindahan warna gelap dan tegas dari objek siluet. Jika anda ingin seorang model atau objek tegas yang menjadi POI foto saat matahari terbenam, maka anda bisa memanfaatkan lampu kilat saat pengambilan gambar. Lampu kilat memberikan efek terang dan jelas pada objek atau model yang menjadi fokus foto, sedangkan momen matahari terbenam menjadi semacam latar belakang dari fokus foto tersebut.

Beberapa tips dan trik cara foto sunset dengan HP yang dapat anda praktikkan saat ingin mengabadikan momen indah matahari terbenam di lokasi manapun. Indonesia memiliki berbagai lokasi atau spot menarik dan indah saat momen matahari terbenam, dari mulai pantai hingga pegunungan. Anda bisa bereksplorasi ke berbagai lokasi wisata di Indonesia untuk mendapatkan banyak momen dan foto sunset luar biasa di negara kita tercinta ini.

Baca artikel yang lain mengenai Memilih Lensa Makro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two + eight =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.