Cara Edit Video dengan Windows Movie Maker

Belajar Cara Edit Video dengan Windows Movie Maker untuk Pemula

Kamu yang suka mengedit video tentunya kenalkan dengan Windows Movie Maker, aplikasi editing video buatan Microsoft. Nah, kamu tentu juga sudah familiar dengan tols-tols yang ada salam aplikasi tersebut untuk membuat videomu semakin menarik saja. Buat kamu yang masih awam mengedit dengan Windowss Movie Maker, kita bakalan mengulasnya sedikit dalam artikel ini lho. So, pantengin terus yah dan jangan sampai terlewat. Yuk, segera sima aja beberapa cara yang berhubungan dengan editing video via Windows Movie Maker.

Membuka Lembar Kerja Baru

Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam memulai editing, tentunya adalah membuat sebuah lembr kerja yang akan kamu gunakan untuk mengedit video yang kamu inginkan. Kamu bisa mengedit sekreatif mungkin video yang kamu sukai menggunakan lembar kerja ini. Sebelum mulai bekerja dengan editing, tentunya kamu harus tebiasa membuka lembar kerja bukan karena itulah awal tugas mu akan dimulai. Yuk, ikuti langkah ini untuk membuka aplikasi Windows Movie:

  1. Klik New Project untuk membuat lembar kerja baru. New Project ini berada di menu bar File. Jadi setelah aplikasi terbuka kamu tinggal mengeklik File lalu New Project.
  2. Masukan video yang ingin diedit. Kamu bisa memilah dan memilih video mana yang akan kamu edit. Setelah itu kamu harus memasukannya dalam aplikasi agar kamu bisa leluasa dalam mengeditnya. Ada dua cara untuk memasukan video kedalam lembar kerja. Pertama memasukan video yang berasal dari perangkat diluar komputer, seperti kamera digital. Kamu cukup menyambungkan kamera ke komputer kemudian klik File lalu Import from device untuk memasukannya. Kedua, kamu mengambil video yang sudah kamu simpan dalam komputer dengan cara Klik File lalu pilih Add Videos and Photos. Lalu pilih video yang kamu inginkan kemudian klik OK. Videopun telah ditambahkan ke lembar editing.

Menambahkan Text dalam Video

Kamu merasa videomu kurang cantik tanpa adanya text dibawah tampilan video yang kamu buat. Sekarang kamu bisa menambahkannya lho menggunakan Windows Movie, yang mana keberadaan text ini akan membuat penonton lebih memahami apa yang kamu sampaikan dalam videomu. Cara menambahkan textnya juga tidak sulit-sulit amat lho. Bila kamu masih bingung atau bahkan belum tahu cara memberikan text di video, kamu bisa ikutin step-step berikut ini.

  1. Pilih video yang ingin kamu edit dan masukan dalam aplikasi Windows Movie Maker. Langkah pertama ini bisa kamu lakukan setelah kamu membuka aplikasi yang bersangkutan ya, kemudian kamu bisa menambahkan video yang ingin kamu beri text didalamnya dengan cara mengklik piihan “Click Here To Browse for Videos” dan “Add Video”
  2. Klik pilihan “Caption” untuk memasukan Text dalam Video, yang mana tools untuk memasukan text dapat kamu temukan di antara tombol Title dan tombol Credit, tepatnya berada dibawah Title dan diatas tombol Credit. Jadi kamu tinggal klik File lalu cari tulisan Caption, di antara Title dan Credit. Setelah ketemu kamu tinggal memasukan tulisan yang kamu inginkan kedalamnya. Selesai sudah text yang akan kita masukan dalam video.

Menambahkan Suara dalam Video

Kamu bisa semakin mempercantik videomu dengan cara memasukan suara, audio, dan lagu kedalam videomu. Kamu harus bisa menyesuaikan tema video dengan audi yang ingin kamu masukan. Misalkan saja tema videomu adalah semangat perjuangan, kamu bisa memasukan lagu-lagu yang bertemakan perjuangan dan lagu-lagu yang bernuansa ceria, energik, serta bersemangat. Sebaliknya bila kamu menampilkan video yang bertemakan kenangan, kamu bisa menggunakan lagu-lagu yang lambat, melow, dan bernuansa sedih untuk menjadi musik latar belakang videomu. Selanjutnya kamu tinggal mengikuti langkah-langkah berikut untuk memasukan sebuah audio atau suara dalam video editingmu.

  1. Klik File, lalu Add Music. Kamu tinggal mengklik file lalu cari pilihan Add Music untuk menambahkan audio.
  2. Setelah itu akan muncul pilihan darimana kita akan memasukan musik kedalam video kita. Lalu klik Add music from PC untuk menambahkan suara, musik,dan audio, yang telah tersimpan dikomputer. Selain pilihan add music from Pc juga terdapat pilihan memasukan suara melalui searching internet secara online, Audio Micro, dan Vimeo.
  3. Pilih musik yang kita inginkan pada dialog Add Music, setelah itu pilih musik yang ingin ditambahkan dan klik Open. Suara dan audiopun sudah berhasil ditambahkan kedalam video editingmu.

Menambahkan Efek dalam Video

Kamu ingin mempercantik videomu, kamu bisa memasukan beberapa efek agar videomu semakin menarik dilihat orang. Pemilihan efek yang pas akan membuat videomu semakin kreatif dan menarik minat orang lain untuk menontonnya. Ada apa saja sih efek yang terdapat dalam aplikasi Windows Movie Maker. Yuk, lihat bocoran dibawah ini beserta cara menampilkannya.

  1. Memberi Efek Animasi. Kamu bisa menghadirkan efek animasi dalam videomu dengan cara klik File lalu Animations lalu pilih animasi mana yang akan kamu gunakan dalam videomu.
  2. Memberi Efek Visual. Selain efek animasi kamu juga bisa memberikan efek pada gambar dalam videomu lho, atau yang dikenal dengan visual effects. Cara pemberiannya cukup klik File lalu klik pilihan Visual Effects dan pilih efek yang sesuai.
  3. Memberi Efek pada Tulisan. Selain gambar dan animasi, kamu juga masih bisa memberikan efek pada tulisan yang kamu. Kebayangkan tulisanmu jadi semakin cantik. Caranya kamu klik dua kali tulisan atau text yang ingin kamu beri efek. Setelah itu klik Format dan pilih pilihan efek yang tersedia diaplikasi untuk membuat tulisanmu menjadi memiliki efek khusus.

Menyimpan File Editing

Setelah kamu merasa puas dengan hasil editingmu kamu bisa menyimpan hasil kerjamu. Kamu tidak inginkan hasil kerjamu hilang begitu saja. Selain menyimpannya untuk keperluan pribadi, kamu juga bisa membagikan hasil editing videomu ke media sosial yang kamu miliki lho. Jadi orang lainpun juga bisa melihat hasil editingmu. Nah cara menyimpan ataupun mensharenya sebagai berikut:

  1. Menyimpan di Komputer. Bila kamu hanya ingin menyimpan hasil editingmu untuk konsumsi pribadi, kamu bisa menyimpan hasil editing videomu didalam komputer dengan cara Klik File lalu pilih Save Project. Kemudian pilih lokasi penyimpanan videomu, agar kamu bisa menemukan dan memutarnya sewaktu-waktu. Lalu klik Ok. Videopun sudah tersimpan di komputermu.
  2. Share Video ke Media Sosial. Sementara bila kamu ingin mengshare hasil editingmu ke media sosial pribadimu kamu tinggal klik File kemudian Share dan pilih media sosial mana yang kamu inginkan. Kamu bisa membagikan videomu di Youtube, Facebook, Instagram, dan lain sebagainya.

Nah, gimana mudah bukan editing video menggunakan Windows Movie Maker. Kamupun jadi bisa terus berkreasi dengan aplikasi ini tanpa takut tidak bisa menggunakannya. Kamu juga bisa membaginak hasil kreasimu ke media sosial juga sehingga akan lebih banyak orang yang tahu akan kemampuan editingmu. Ini bisa menjadi nilai tambah dirimu lho. Selamat berkreasi dengan Windows Movie Maker.

Baca artikel yang lain mengenai Aplikasi Edit Foto Terbaik 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.