Cara Edit Video dengan Spin

Belajar Cara Edit Video dengan Spin untuk Pemula

Spin merupakan salah satu software editing video yang sangat coock untuk para pemula. Spin sendiri memiliki dua versi yang bisa digunakan yaitu versi gratis dan versi berbayar. Bila kamu ingin menggunakan versi gratisnya, kamu bisa menggunakan Pinnacle Video Spin. Sementara untuk versi berbayarnya menggunakan Spin Pack. Kamu bisa menggunakan versi gratis Pinnacle Video Spin selama 15 hari penuh.

Selama periode ini puas-puaskanlah menggunakan software ini seperti merangkai foto-foto yang kamu miliki, mengunggahnya ke Youtube, dan lain sebagainya. Kenapa?. Ini karenakah setelah 15 hari kamu perlu melakukan pembelian, bila tidak beberapa fungsi dari software mungkin tidak akan bisa digunakan.

Meskipun demikian, kamu tidak akan pernah menyesal telah menggunakan software ini, karena hasil keluarannya sudah bisa berupa AVI dan MPEG. Selain itu, penggunakan software editing satu ini juga terbilang cukup mudah dan simple sehingga orang yang baru pertama kali melihat Pinnacle Video Spin tidak akan kesulitan dalam proses editingnya. Nah supaya kamu mempunyai  gambaran dalam menggunakan Pinnacle VideoSpin, disini akan saya ulas sedikit langkah-langkah penggunaannya. Yuk, segera simak.

1. Download Aplikasi Pinnacle Video Spin

Kamu perlu mendownload terlebih dahulu aplikaisnya gara bisa memanfaatkan fasilitas Pinacle Spin untuk proses editing. Setelah kamu berhasil mendownloadnya, kamu tnggal menginstal aplikasi tersebut di komputer ataupun Laptopmu.

2. Buka Aplikasi dan Mulai Editing Sederhana

Setelah kamu berhasil menginstal aplikasi, langkah selanjutnya adalah mencoba aplikasi tersebut agar kita mengetahui apakah aplikasi bisa berjalan dengan normal. Cara membukannya juga cukup mudah tinggal double klik pada aplikasi Pinnacle Spin tersebut. Otomatis jendela aplikasi akan terbuka.

3. Lakukan Editing Sederhana

Buka lembar kerja baru dengan Klik New Project untuk memulai proses editing. Kamu bisa memilih video mana yang akan kamu edit menggunakan Pinnacle Spin. Masukan beberapa efek suara, gambar, dan tulisan dalam video agar semakin menarik.

4. Simpan File Editing

Bila kamu rasa, kamu sudah cukup dalam mengedit videonya kamu bisa langsung menyimpan videomu sesuai format video yang kamu inginkan.

5. Video Siap Diunggah ke Media Sosial dan Disimpan Secara Pribadi

Setelah kamu telah selesai dalam merender atau menyimpan video, kamu bisa langsung menshare video buatanmu ke media sosial yang kamu miliki seperti Youtube, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya. Selain itu kamu juga bisa menyimpan hasil editing videomu di komputer dan laptop pribadimu sehingga kamu bisa leluasa dalam memutar kembali hasil editingmu tersebut.

Gimana cukup mudah bukan membuat editing video menggunakan Pinnacle Video Spin. Selain membuat video, kamu juga bisa menggabungkan beberapa foto menjadi sebuah tampilan video lho. Ini sangat bermanfaat untuk kamu yang suka mengabadikan suatu moment dengan foto dan tidak sempat untuk membuat rekaman video. Penasaran gimana caranya. Nah, ini langkah-langkah menyulap foto kenangan menjadi slide show menggunakan Pinnacle Video Spin.

1. Siapkan Foto-foto yang akan Dijadikan Slide Show Video

Bila ukuran terlalu besar kamu bisa mengecilkannya baik secara online maupun offline. Compress foto secara online bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan web yang menyediakan fasilitas compress foto. Cara mencarinya juga cukup mudah, tinggal kamu ketik kata kunci compress jpeg atau foto di mesin pencarian google. Sementara mengecilkan ukuran foto secara offline bisa dilakukan dengan menggunakan Microsoft Office fixture Manager. Caranya pilih Edit lalu klik  compress picture, kemudian klik Documents. Ukuran fotopun telah berhasil diperkecil.

2. Masukan Foto ke Lembar Editing Pinnacle Video Spin

Setelah kamu selesai memilih file yang akan kamu jadikan slide show, langkah selanjutnya adalah memasukannya kedalam lembar kerja. Cara memasukan foto tersebut tinggal mendrag foto ke lembar editing pada Pinnacle. Selain menggunakan drag, kamu juga bisa menggunakan icon kamera pada aplikasi Pinnacle untuk memasukan foto-foto tersebut.

3. Permanis Tampilan Slide Show dengan Back Song

Kamu bisa membuat tampilan slide show foto kenanganmu menjadi semakin cantik dengan memasukan lagu pada video tersebut. Lagu digunakan sebagai lagu latar belakang ini akan membuat video semakin hidup. Terlebih lagi lagu yang dimasukan merupakan lagu kenangan ataupun lagu kesukaan. Itu akan membuat nuansa nostalgia semakin kental saja. Kenangan dimasa lalupun bisa berterbangan di kepala kita lagi. Adapun cara memasukan musiknya cukup dengan mengklik ikon musik pada aplikasi Pinnacle. Lalu pilih lagu yang kamu sukai.

4. Sesuaikan Musik dengan Jumlah Foto yang Kamu Masukan dalam Slide Show.

Kadang jumlah foto yang kamu jadikan slide show terlalu banyak atau sedikit sehingga tidak sama dengan durasi lagu yang kamu jadika back song. Nah, kamu bisa mengakalinya dengan cara memotong lagu atau menambah lagi dengan lagu kedua.

Kamu bisa memasukan lagu kedua dengan cara yang sama saat memasukan musik yang pertama tadi. Sementara untuk memotong lagu yang sudah kamu masukan, bisa kamu lakukan dengan cara menyeret batasan lagu yang ada di lembar editing.

5. Masukan Teks dan Beri Efek Transisi pada Tampilan Slide Show

Slide showmu akan semakin dengan hadirnya tulisan. Ini juga bisa digunakan untuk mengingatkan kita dimana foto tersebut diambil. Cara membuat tulisan dalam video dapat dilakukan dengan cara mengklik show title yang terdapat pada aplikasi Pinnacle. Setelah itu kamu bisa menuliskan keterangan dalam video sesuai keinginanmu. Tulisanpun telah dimasukan kedalam clide show videomu.

Selain tulisan, kamu bisa mempermanis videomu dengan berbagai efek yang disediakan oleh Pinnacle, seperti gambar bergerak semakin mengecil, menjadi besar, tampilan masa lalu, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memasukan efek dalam videomu dengan cara klik efek lalu trantition.

6. Buat Video Slide Show

Setelah proses editing selesai, kamu bisa mulai membuat video slide showmu. Proses render atau menyimpan video ini bisa kamu lakukan dengan cara klik pada tab Make Movie yang berada disebelah Edit Movie. Pada tampilan Make Movie ini, kamu bisa mengatur ukuran video, jenis video, dan letak penyimpanan videomu. Semakin besar ukuran video, proses rendernya juga akan semakin. Meskipun demikian kualitasnya juga akan semakin bagus.

Mudah sekali bukan menggunakan Pinnacle Video Spin dalam membuat slide show foto kenanganmu. Kamupun bisa berkal-kali membuat video untuk foto-foto kenanganmu yang lainnya. Selain itu kamu juga bisa membagikannya dengan orang yang berada dalam foto tersebut sehingga kenangan kalian bisa dikenang bersama-sama. Kamu juga bisa terus mengasah kemampuan editingmu menggunakan Pinnacle sehingga kamu semakin mahir dalam editing video. Semakin banyak kamu berlatih tanpa kamu sadari kamu akan semakin ahli membuat editing video. Mulailah membuat editing video sederhana terlebih dahulu kemudian sedikit demi sedikit tingkatkan kesulitan dalam proses pembuatannya. Selamat berkreasi dengan membuat video-video keren menggunakan Pinnacle Video Spin.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Edit Foto di Photoshop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × two =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.