Cara Edit Video dengan Avidemux

Belajar Cara Edit Video dengan Avidemux untuk Pemula

Nah, sekarang kita akan membahas tentang bagaimana membuat dan mengedit video lucu, kecen, dan kekinian menggunakan Avidemux. Penggila editing tentu tahu kan Avidemux. Software open source yang memungkinkan untuk digunakan dalam kepentingan komersial. Selain itu software ini juga bisa digunakan diberbagai macam sistem operasi baik Windows, Linux, maupun Mac OS. Wah, kamu jadi makin semangat belajar dan berkreasi dengan Avidemux kan. Yuk, kita langsung ke pokoknya, disini kita bakalan ngebahas, cara-cara editing yang biasa digunakan dalam Avidemux. Penasaran kan, ayo simak beberapa ulasan di bawah ini:

Membuat Lembar Kerja dengan Avidemux

Langkah pertama yang perlu kita tahu dalam editing video menggunakan avdemux adalah mengetahui bagaima sih cara membuka lembar editing baru untuk wadah kita berkreasi. Nah kamu cukup melakukan beberapa langkah ini:

  1. Setelah software Avidemux terbuka, kamu bisa mengklik File, lalu klik Open.
  2. Dialog open pun terbuka, kita tinggal memilih video mana yang akan kita editi menggunakan Avidemux.
  3. Lalu klik Ok. Videomu pun siap untuk diedit.

Menggabungkan Dua Klip Video

Setelah kita sudah belajar cara membuka lembar kerja baru menggunakan Avidemux, kita juga bisa menggabungkan dua klip video menjadi satu lho. Dimana hasil gabungan dua video tersebut tidak dibatasi oleh durasi. Selain itu meskipun hanya melakukan editing sederhana berupa penggabungan video, kualitas video baru juga tetap bagus. Penasaran kan ingin tahu langkah-langkahnya. Nah, ini dia step by stepnya.

  1. Setelah video pertama telah berhasil kamu tambahkan. Langkah selanjutnya kamu tinggal menambah satu video lagi dengan meng klik File, lalu Append.
  2. Terbukalah dialog Append yang mana kamu bisa memilih video lain yang ingin kamu tambahkan.
  3. Pilihlah tipe video kedua yang sama dengan tipe video yang pertama baik ukuran, lebar, maupun tingginya
  4. Setelah kamu telah menemukan video yang kamu mau dan sama dengan video pertam, kamu tinggal menambahkannya keujung klip yang pertama.
  5. Proses penggabungan dua videopun berhasil dilakukan. Sebenarnya penggabungan video menggunakan Avidemux ini tidak hanya terbatas pada dua video saja. Kamu bisa menggabungkan dua, tiga, empat, atau sesuai keinginanmu.

Menambahkan Efek dan Mempercantik Video

Nah, ini saatnya kita mulai berkreasi menggunakan Avidemux. Kita bisa menambahkan beberapa efek ataupun filter untuk video editing kita. Pemilihan filter dan efek yang tepat akan menghasilkan sebuah video yang funtustic dan menggugah rasa ingin tahu penontin. Bila kita ingin menambahkan beberapa filter untuk video kita, kita bisa menggunakan cara seperti ini.

  1. Lihat bagian Video Output, pada bagian ini klik Filters untuk melakukan pemfilteran video sesuai kehendak kita. Terdapat banyak sekali tampilan filters yang bisa anda gunakan.
  2. Kita bisa mengubah transformasi vide seperti dimensi, memberi pembatas video, memberi logo, dan lain sebagainya. Gunakan SWSresize untuk mengubah ukuran dan resolusi video. Klik filter Crop utuk memotong sis video, dan double klik pada Crop untuk membuat potong disetiap sisinya. Kamu juga bisa menggunakan fade in dan fade out untuk memberikan efek dalam videomu.
  3. Menyesuaikan warna akan membuat video kita semakin senada. Ini juga akan membuat video kita tampil unik bila kita mampu memilah-milah filter yang cocok. Kita bisa menyesuaikan warna dalam video dengan menggunakan pilihan Colors. Ubah warna video menjadi sesuatu yang unik dan berbeda. Hal ini akan membuat orang lain tertarik untuk menonton video buatan kita.
  4. Berikan subjudul yang sesuai. Perjelas video anda dengan subjudul. Keberadaan subjudul ini akan membantu penonton dalam mencerna isi video yang kamu tampilkan. Melalui subjudul ini jugalah jalan orang lain tertarik terhadap videomu. Berilah subjudul yang menarik dan sesuai dengan isi video. Keunikan subjudul video akan mengundang rasa penasaran penonton terhadap videomu sehingga ingin melihatnya secara penuh. Akan tetapi, ketidaksesuaian subjudul dengan isi akan membuat penonton kecewa terhadap hasil editingmu karena merasa dibohongi. Jadi sesuaikan subjudul dengan isi video dan berilah subjudul menggunakan filter SSA pada Subtitle.

Cara Memotong Video

Kamu juga bisa memangkas video hasil editingmu, bila kamu rasa durasinya terlalu lama atau terdapat bagian video yang tidak kamu sukai. Ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bagian video yang memiliki kualitas jelek baik dari segi gambar, suara, maupun camera angel. Adapun cara untuk memangkasnya, kamu bisa mengikuti langkah ini:

  1. Tekan tombol A atau [ untuk mentukan bagian awal video yang ingin kamu pangkas dan hapus. Penentuan bagian video yang ingin dihapus ini sangat penting agar bagian lain tidak ikut terpotong atau terjadi kesalahan pemotongan.
  2. Setelah itu, gunakan bar navigasi jauh di bawah garis untuk mentukan bagian akhir video yang ingin dipangkas. Setelah itu tekan tombol B atau ] untuk menyeleksi bagian akhir video sehingga tampilan satu kotak seleksi yang merupakan bagian yang akan dipangkas dan dihapus.
  3. Terdapat dua pilihan pemangkasan dalam editing video yaitu penghapusan dan penempatan dibagian lain. Bila kamu ingin menghapus bagian yang kamu pilih tadi cukup tekan tombol delete pada keyboard. Akan tetapi bila kamu ingin menempatkannya pada bagian lain, kamu bisa menekan tombol Ctrl + X atau pilih pilihan Cut dan tempatkan pada bagian yang kamu inginkan.

Mengubah Ukuran Video Hasil Editing

Kamu juga bisa mengubah ukuran dan format video editingmu sesuka hatimu lho. Meskipun ukurannya berbeda jauh dari bahan video editingmu sebelumnya. Kamu bisa melakukannya dengan cara:

  1. Terdapat dua pilihan untuk mengubah ukuran berkas yaitu format prasetel dan codec audio. Format prasetel digunakan bila anda memiliki perangkat khususyng kompatible dengan format baru. Sementara codec audio digunakan untuk memformat ukurang yang tidak tersedia pada format prasetel tadi.
  2. Klik Auto bila anda menngunakan format prasetel, otomatis video anda akan dikonfigurasikan dengan format yang telah anda miliki sebelumnya.
  3. Klik Codec video di bagian video output lalu klik format video yang diinginkan, dan klik copy untuk tetap mempertahankan fomat video yang sebelumnya.
  4. Setelah itu, klik Codec Audio, dan pilih hasil ouput audio yang disukai, misalkan AAC dan AC3.
  5. Ubah format video pada bagian format, dan sesuaikan ukuran berkas video yang baru.
  6. Gunakan tombol kalkulator diatas icon untuk menyesuaikan ukuran video yang anda edit. Kemudian klik Custome size untuk memasukan angkanya. Setelah itu, otomatis bitrate video akan berubah berdasarkan syarat ukuran yang telah ditentukan. Ada hal yang perlu diingat dalam menentukan ukuran video bahwa ukuran video akan mempengaruhi kualitas video. Jadi semakin kecil ukuran videonya berakibat pada kualitasnya yang juga rendah.

Nah itu tadi beberapa bocoran mengenai editing menggunakan Avidemux. Kamu bisa menambah wawasanmu tentang penggunaan Avidemux dalam dunia editing video dengan sering-sering mengunjungi google. Baca semua informasi terkait Avidemux dan jangan lupa dipraktikan ya.

Baca artikel yang lain mengenai Cara Edit Foto di Photoshop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.