Cara Edit Foto Landscape

Tips Cara Edit Foto Landscape agar Lebih Dramatis

Ada berbagai macam jenis foto yang bisa diambil, salah satunya adalah foto landscape. Foto landscape identik dengan foto dengan objek pemandangan atau keadaan yang ada di luar ruangan. Namun sebenarnya tidak hanya itu, Anda juga bisa mengambil foto di dalam ruangan secara landscape.

Untuk mengambil foto landscape ada lebih banyak hal yang harus diperhatikan. Ini karena banyaknya objek yang ditangkap dan kegunaan mengambil foto landscape adalah memberikan cerita bukan sekadar mengambil gambar.

Meski para fotografer sering melakukan pengaturan kamera sebelum mengambil objek tapi kadang pada hasilnya tetap ada hal yang kurang. Dengan demikian harus diedit supaya terlihat lebih sempurna. Nah, di sini akan dibahas beberapa tips untuk membuat foto landscape yang ditangkap lebih indah.

Sebelum pada pembahasan post processing foto landscape Anda harus tahu dulu bahwa foto landscape itu terdiri atas tiga jenis. Antara lain representational, impressional, dan abstrak.

Representational adalah foto landscape paling natural yang realistis dan alami tanpa diedit atau melalui post processing. Impressional adalah foto yang diambil memakai teknik fotografi sehingga tidak begitu nyata dan lumayan beda dengan keadaan aslinya jika dilihat biasa. Namun akan membuat foto lebih menarik.

Kemudian abstrak yang membuat foto menjadi lebih unik dan sudah sangat berbeda dari aslinya. Untuk mendapatkan hasil foto seperti ini harus melalui proses post processing yang banyak dan lumayan rumit. Sesudah mengetahuinya sekarang langsung ke pembahasan utama dari artikel ini.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Foto Landscape

Dalam mengambil foto apa pun supaya menghasilkan hasil yang berkualitas perlu ada banyak hal yang harus diperhatikan. Mengambil foto adalah seni apalagi dalam pengambilan gambar foto landscape karena Anda harus mampu menciptakan kesan yang indah, bercerita, dan membuat orang yang melihat seakan berada di lokasi yang diambil.

Untuk mengedit foto landscape Anda bisa menggunakan trik sederhana atau yang rumit, tergantung dengan hasil yang diinginkan. Ada fotografer yang mengedit fotonya senatural mungkin tapi ada juga yang ingin mengubahnya secara drastis sehingga mirip lukisan. Bagaimana pun keinginan akan hasilnya tapi diperlukan perhatian yang lebih. Berikut ini daftar apa saja yang harus Anda perhatikan ketika mengambil foto landscape.

  • Rule of Thirds

Rule of Thirds ini mirip dengan balance karena akan membuat objek terlihat lebih bagus. Prinsip pengambilan gambar dengan ini adalah membagi frame menjadi 3 bagian yang horizontal dan vertikal. Untuk lebih lanjut mengenai hal ini Anda bisa cari informasinya sendiri karena tidak akan dibahas lebih dalam di sini.

  • Balance

Keseimbangan dalam sebuah foto adalah salah satu hal terpenting dalam bagian komposisi foto. Seluruh elemen yang ada di dalamnya harus diambil secara seimbang. Misalnya jika Anda mengambil foto pegunungan yang dikelilingi sawah maka jangan hanya ambil foto gunungnya tapi juga sawah, tumbuhan atau petaninya jika ada. Ambil semua unsur itu tanpa ada yang menonjol salah satunya.

  • Pencahayaan

Untuk menghasilkan foto landscape yang tepat dan bagus tentu harus ada pencahayaan yang tepat. Oleh karena cahaya bisa memberikan sentuhan yang spesial dalam sebuah hasil foto landscape. Misalnya cahaya matahari akan menghasilkan gambar yang hangat, atau cuaca berawan yang agak gelap bisa menimbulkan efek dramatis.

Selain mengeditnya Anda bisa mengambil cahaya secara manual. Akan lebih baik jika diambil ketika golden hour atau magic hour. Artinya adalah keadaan sesudah fajar muncul atau saat matahari berwarna kemerahan jadi terlihat lebih lembut.

  • Point of Interest

Ini adalah bagian dalam fotografi yang bisa memberikan daya tarik visual sehingga membuat komposisi foto tampilannya lebih indah. Dalam sebuah foto landscape Point of Interest terbaiknya ada pada bagian foreground-nya.

  • Framing

Selain gambar pada bagian tengah yang harus dibuat seimbang dan bagus, penambahan framing juga bisa membuat Point of Interest menjadi lebih jelas. Frame yang dimaksud di sini bukan frame foto editan tapi dari objek juga. Anda harus benar-benar jeli dalam memiliki objek yang akan dijadikan frame.

  • Simetrisitas

Anda harus bisa mengambil foto landscape yang simetris dari segi objeknya. Contohnya jika Anda mengambil foto bangunan maka ambil dari angle yang bisa mengambil banyak bagian. Harus ada yang menonjol dan tambahan lainnya.

Tips Post Processing untuk Memperindah Foto Landscape

 Jika Anda akan mengedit foto landscape supaya lebih indah bisa melakukan post processing. Jika masih bingung bagaimana seharusnya maka ikuti tipsnya di bawah ini.

  • Membuat Orton Effect

Efek ini membuat gambar terlihat lebih seperti “sihir” yang artinya menjadikan gambar terlihat lebih “tidak nyata” secara artian baik. Pengeditan gambar dengan efek ini biasanya membuat foto jadi terlihat seperti berkabut atau bisa juga warnanya lebih tebal.

  • Ganti Langit Menggunakan Gradient Masak

Jika ketika mengambil gambar pada bagian langit terlihat biasa saja, seperti hanya berwarna biru bahkan putih sehingga kurang menarik maka Anda bisa mengedit bagian langit. Untuk mengedit dengan gradient mask Anda bisa menggabungkan dua gambar dengan exposure yang berbeda. Dengan menggabungkannya maka akan membuat langit terlihat berbeda.

Namun Anda harus memperhatikan transisinya agar terlihat lebih natural antara layer-layer yang disatukannya.

  • Tambahkan Detail

Ini adalah tips yang bisa dilakukan agar memberikan dampak atau perubahan yang besar pada sebuah gambar. Misalnya Anda sedang berada di atas gunung kemudian mengambil gambarnya, dengan menambahkan detail membuat garis-garis gunung lebih terlihat. Dengan menambah kontras dengan Photoshop detail atau teksturnya akan terlihat sehingga memperindah gambarnya.

Untuk memilih detail Anda harus melakukannya secara selektif dan halus supaya lebih bagus.

  • Hilangkan Warna yang Kuat

Warna-warni di dalam fotografi tentu saja penting karena memang yang membuatnya lebih indah. Namun kadang dalam hasil foto ada warna yang terlihat terlalu kuat misalnya karena penggunaan filter dalam kamera. Untuk itu Anda harus menghapus beberapa warna supaya lebih seimbang dengan gambar menggunakan Photoshop.

  • Hapus Sinar yang Terlalu Memantul

Apabila Anda mengambil foto alam ketika langit akan berubah senja sehingga berwarna orange mungkin Anda akan mendapatkan gambar cahaya matahari dengan sinar yang terlalu memantul. Terkadang ada yang membiarkannya tapi ada juga yang ingin menghilangkannya. Jika Anda merasa sinar tersebut terlalu memantul sehingga membuat foto terlalu kuat maka Anda harus melakukan pengeditan digital menggunakan luminosity mask di Photoshop.

  • Ganti Light Balance

Supaya memberikan hasil foto yang lebih dramatis dan memanjakan orang yang melihatnya Anda bisa mengganti light balance dari foto. Dengan ini Anda dapat membuatnya menjadi lebih gelap. Anda dapat mengganti semua keseimbangan cahaya supaya lebih menonjol.

Anda dapat memilih area yang akan dijadikan pusat kemudian mencerahkannya secara natural sehingga titik yang lain bisa diedit dengan lebih mudah mengikuti warna pusatnya tersebut.

Demikianlah beberapa tips post processing yang bisa coba Anda aplikasikan ke foto supaya terlihat lebih indah dan dramatis. Dengan mengikuti beberapa tips yang diberikan di atas foto akan terlihat sebagai maha karya yang lebih indah.

Baca artikel yang lain mengenai Tutorial GIMP untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.