Aplikasi Pemotong Video

Empat Aplikasi Pemotong Video Bagi Pemula agar Menjadi Andal

Suka dan hobi dibidang videografi? Atau Anda seorang pembelajar, yang sedang mencari aplikasi pemotongan video untuk memudahkan pekerjaan editing video Anda. Dalam artikel ini akan membahas beberapa aplikasi pemotongan video yang dapt kamu coba. Sebagai berikut.

Free Video Cutter

Free video cutter salah satu aplikasi yang bisa kamu coba. Mengingat aplikasi ini gratis, jadi Anda dapat mendownloadnya. Aplikasi software ini lebih multifungsi, dapat digunakan untuk beberapa format video. Kelebihan alat ini menyediakan drag-and-drop dan jendela pratinjau.

Bagi Anda yang suka editing video. Software yang disarankan adalah software free video cutter 1.1. software ini lebih simpel dan suport untuk format wmv, mov, mpeg4, divx dan flv. Berikut cara melakukan proses editing video jenis free video cutter 1.1

  1. Pertama, masuk dan buka aplikasi software yang sebelumnya sudah di download.
  2. Aplikasi software yang sudah di instal siap digunakan. Klik format file output, pilih salah satu file saja. Misalnya ambil mpeg4.
  3. Selanjut, klik open video, kemudian pilih video yang dikehendaki untuk dipotong. Nanti akan tabel perintah, dibagian pilihan, klik file video.
  4. Setelah pilihan open video dibuka, tunggu beberapa saat, nanti akan muncul video yang kita pilih, drag video pilihan ke lembar edit. Geser tombol start pasition atau end position. Selanjutnya, potong dan edit sesuai keinginan.
  5. Setelah selesai proses pengeditan, lakukan penyimpanan video. Dengan cara save video.

MooO Video Cutter

Aplikasi MooO Video Cutter juga sering digunakan untuk pecinta videografi. Aplikasi satu ini lebih mudah dilakukan pemotongan. Kelebihannya editing ini saat digunakan untuk pengkompresan klip bisa dilakukan dengan cepat dan kualitasnya tetap bagus. Edit video menggunakan alikasi ini juga dirasa leibh cepat.

MooO dapat digunakan untuk mengedit video dengan berbagai format. Format video yang dapat di edit menggunakan aplikasi ini adalah AVI, M4V, FLV, MP4, MKV, OGG, MOV, TP, WEBM dan TS bahkan WMV juga bisa menggunakan editing ini. Hanya saja, saat video sudah selesai, namannya sama dengan nama aslinya. Penasaran, bagaimana cara kerja MooO Video Cutter, berikut cara edit video MooO Video Cutter.

  1. Download dan pasang MooO video Cutter, kemudian instal.
  2. Hasil yang sudah terinstal, ketika di klik, Anda akan di ajak ke lembar kerja MooO. Di sinilah Anda mulai bisa bekerja editi video sesuka hati.
  3. Kemudian pilih ke folder video yang diinginkan. Drag video yang dipilih ke lembar kerja. Video bisa langsung kita kerjakan.
  4. Video yang Anda drag, di lembar kerja MooO akan muncul tampilan video. Di bagian atas juga sudah ada nama video. Kemudian akan muncul dua tampilan video, yaitu Start (Awal video yang akan diedit) dan End (titik akhir video).
  5. Hal yang perlu diperhatikan adalah format waktu. Format waktu ini dimulai dari 00:00:00 yang menunjukan lama pengeditan berapa jam: menit : detik. Sebagai contoh, semisal Anda ingin menentukan sebuah video 10 detik di awal. Kemudian titik akhirnya di menit ke 2 detik ke 40. Maka, yang di siikan di start adalah 00:00:10 dan end 00:02:40.
  6. Langkah selanjutnya, klik tombol save this scene dan tunggu proses pemotongan hingga selesai.  Dan jadilah video yang di potong sesuai dengan keinginan. File video siap untuk di save.

Free Video Cutter Joiner

Jika Anda membutuhkan aplikasi yang tidak sekedar sebagai pemotong video. Tapi Anda juga dapat menghubungkan file video lain. Aplikasi software ini cocok bagi kamu yang suka menggabungkan dan mendokumentasikan hasil hunting video. Kelebihan software ini adalah, fleksibel bisa dihapus ataupun tidak. Sekalipun video Anda dalam ukuran besar, video cutter joiner bagus Anda gunakan.

Video cutter joiner dapat digunakan untuk mengedit video format Mp4, Avi, FLV, WMV sampai 3GP. Jadi, potongan video yang beda format tetap bisa digabungkan, selama file video sesuai dengan format yang di dukung. Jika Anda penasaran dan tertarik, berikut cara menggunakan video cutter joiner.

  1. Seperti langkah sebelumnya, pasang aplikasi software vodep citter joiner.
  2. Jika aplikasi sudah di install, Anda cukup pilih tab atau konten “video joiner”. Kemudian klik add yang disimbolkan dengan +. Tanda ini digunakan untuk menambahkan video yang ingin disatukan.
  3. Jika sudah, pilih format video yang akan di gabungkan. Kemudian klik seperti tombol “play” maka semua proses penggabungan bisa di otak-atik sesuka hati.

Easy Video Splitter

Perangkat lunak yang bisa kamu peroleh secara gratis yang lain adalah easy video splitter. Edit video ini sering digunakan untuk pengeditan pemotongan video menjadi potongan kecil-kecil. Edit ini juga sering digunakan untuk membagi file video antarmuka user friendly. Anda tidak perlu khawatir, karena Anda dapat dapat mengedit video dengan berbagai format, mulai dari format ASF, DIVX, AVI, MPEG dan masih banyak lagi.

Kelebihan easy vide splitter adalah memiliki built-in windows pratinjau. Fungsi built-in windows pratinjau berfungsi untuk mengatur awal dan akhir video. Dapat juga digunakan untuk membagi video berdasarkan segmentasi, ukuran dan batas waktu. Nah, jika Anda masih binggung dan penasaran, berikut cara menggunakan easy video splitter.

  1. Anda harus sudah memasang perangkat lunak ini di PC/laptop dengan spek yang mendukung terlebih dahulu. Kemudian, buka easy video maker.
  2. Nanti akan muncul layar kerja dan banyak tool. Pilih add image untuk membuat backgroud bagian videonya.
  3. Jika sudah ditentukan video yang akan di edit dari koleksi, Anda tinggal drag ke lembar kerja edit. Jika sudah puas, Anda juga dapat menambahkan musik.
  4. Tambahkan musik atau suara yang Anda inginkan. Tinggal klik di “add audio”, kita akan diarahkan ke daftar koleksi suara. Pilih suara yang diinginkan. Kemudian, drag. Setelah sudah di drag, pas kan sesuai dengan keinginan.
  5. Jika anda ingin melihat hasil editing video Anda, Anda bisa melihat di bagian rivew yang sudah disimpan di render. Tunggu, sampai proses penyimpanan selesai.

Itulah keempat aplikasi software pemotongan video yang bisa Anda coba. Sebenarnya masih banyak software aplikasi yang lain  yang bisa kamu coba. Misalnya DVD Cutter plus, AIV DVD Cutter, Weeny free video cutter, iTech video cutter dan  kate’s video splitter.

Jika variasi pilihan itu masih kurang, Anda juga dapat menggunakan bentuk aplikasi lain, seperti free video cutter expert, video cutter max dan chick video cutter. Itulah ulasan pada artikel kali ini. Semoga dengan ulasan ini membantu Anda menjawab rasa penasaran. Jika Anda seorang videografi pemula dan otodidak, prinsipnya adalah coba dan lakukan. Cobalah dan lakukan ekplorasi. Anda cukup mencoba dan mencoba mengeklik tool yang belum Anda tahu bisa untuk dipelajari, sampai Anda menemukan jawaban dan memahami.

Baca artikel yang lain mengenai Peralatan Syuting Film 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + seven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.