Aplikasi Membuat Siluet

Aplikasi Membuat Siluet Pada Android

Kemajuan dunia teknologi sekarang ini memungkinkan kita melakukan berbagai hal yang dulu tidak pernah bisa kita lakukan. Sebagai contoh sebuah karya seni yang dulu mungkin tidak bisa kita buat, sekarang kita bisa membuatnya dengan bantuan teknologi. Salah satu bentuk teknologi yang bisa kita manfaatkan untuk membuat karya seni berupa gambar atau foto yang menarik adalah aplikasi penyunting foto khususnya aplikasi sistem Android. Telah banyak aplikasi penyunting foto yang beredar dan ditawarkan oleh berbagai pengembang sistem Android, satu di antaranya adalah aplikasi membuat siluet.

Foto siluet adalah sebuah foto dengan warna latar belakang terang dan warna objek utama hitam gelap, sehingga menghasilkan efek foto seperti bayangan nan indah. Banyak orang ingin membuat foto siluet karena unik sekaligus misterius, serta dapat digunakan untuk menyempurnakan foto yang dirasa kurang apik. Pada artikel ini akan dibahas mengenai beberapa aplikasi penyunting foto siluet yang tersedia pada sistem android yang dapat diunduh gratis oleh para penggunanya.

PicsArt Photo Studio: Collage Maker & Pic Editor

Aplikasi ini didaulat sebagai Top Grossing Phothography peringkat nomor satu dan saat ini telah diunduh sebanyak 100 juta pelanggan android. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur untuk penyuntingan foto-foto para penggunanya. Fitur-fitur tersebut diantaranya kolase foto, menambah gambar dan sticker dalam foto, menambah efek-efek menarik di foto dan bahkan penggunanya dapat memberikan komentar dan menambah suntingan kreatif pada foto pengguna lain.

Efek foto siluet juga merupakan salah satu fitur yang ada dalam aplikasi ini. Penggunanya dapat mengubah sebuah foto standar menjadi foto siluet. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur yang dinamakan Photo Remix and Free to edit images, dimana aplikasi menyediakan foto-foto gratis yang dapat disunting kembali secara bebas oleh penggunanya. Hal tersebut berarti pengguna dapat berlatih membuat efek siluet pada foto tersebut. Aplikasi ini termasuk mudah untuk digunakan dengan menu antarmuka (interface) yang gampang dipahami setiap orang.

BeautyPlus – Easy Photo Editor & Selfie Camera

Aplikasi yang satu ini sudah sangat akrab bagi para pengguna android yaitu aplikasi BeautyPlus yang juga telah diunduh sebanyak 100 juta seperti aplikasi PicArt dan menduduki peringkat keempat dalam kategori Top Free Photogaphy. Aplikasi ini terkenal akan kemampuannya menyunting sebuah foto biasa saja menjadi foto yang indah karena aplikasi ini mampu membuat kulit menjadi lebih putih, mengubah warna mata, hingga menghapus noda-noda bekas jerawat di foto wajah penggunanya.

Sebagai contoh, seseorang berkulit kecoklatan melakukan swafoto di sebuah tempat dengan pencahayaan yang kurang baik. Aplikasi BeautyPlus dapat menyunting foto tersebut menjadi foto yang lebih terang dan kulit kecoklatan menjadi lebih putih juga. Efek siluet juga bisa dibuat menggunakan aplikasi ini dengan sangat baik. Pengguna dapat memanfaatkan efek siluet untuk foto-foto yang sekiranya kurang menarik atau foto-foto yang memang sengaja diambil untuk dijadikan siluet. Pada intinya aplikasi ini mampu mengubah foto yang kurang apik menjadi foto yang sangat menarik.

Photo Lab Picture Editor: Face Effects, Art Frames

Aplikasi berikutnya yang memiliki fitur membuat foto siluet adalah Photo Lab Picture Editor : face effects, art frames yang telah digunakan oleh lebih dari 50 juta pengguna android dan berada dalam posisi keenam dalam kategori top grossing photography. Sama seperti dua aplikasi sebelumnya, aplikasi ini mempunyai berbagai macam filter yang dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya untuk mempercantik atau mengubah foto agar lebih menarik dan lucu. Seperti fitur face photo montages yang dapat mengubah foto wajah seseorang menjadi wajah yang berbeda seperti bajak laut, astronot atau monster.

Filter lain yang juga tersedia pada aplikasi ini adalah mengubah sebuah foto menjadi sebuah siluet yang indah. Pengguna dapat memanfaatkan filter ini untuk mengkreasikan sebuah swafoto menjadi foto siluet yang apik. Selain itu, pengguna juga dapat menambah berbagai efek cantik pada foto siluetnya seperti efek bersinar pada tepi-tepi siluet yang akan memperindah efek siluetnya.

Pixlr – Free Photo Editor

Aplikasi membuat siluet selanjutnya adalah aplikasi yang dahulu bernama Pixlr Express ini telah diunduh oleh sekitar 50 juta pengguna sistem android, hampir sama dengan aplikasi Photo Lab Editor. Seperti aplikasi foto lainnya, Pixlr juga menawarkan berbagai fitur dan efek yang akan membuat foto lebih menarik. Fitur tersebut termasuk fitur untuk mengubah sebuah foto biasa menjadi foto siluet. Aplikasi ini juga mempunyai fitur lain seperti kolase foto, mengubah ukuran foto, menambah gambar pensil pada foto serta lainnya. Aplikasi Pixlr juga mudah digunakan oleh siapa saja dan mudah untuk dipelajari.

Painnt – Pro Art Filters

Aplikasi membuat siluet berikutnya yang dapat dicoba oleh para pengguna android adalah Painnt yang telah diunggah sebanyak 5 juta pelanggan android. Aplikasi ini memang tidak sepopuler aplikasi-aplikasi sebelumnya yang telah diunggah puluhan bahkan ratusan juta pengguna, namun fitur-fitur pada aplikasi ini tidak kalah hebatnya.

Kelebihan aplikasi ini adalah memiliki sekitar seribu lebih filter foto yang dapat dipilih oleh penggunanya untuk mempercantik sebuah foto. Sebagian besar filter tersebut merupakan fitur yang akan membuat sebuah foto semakin artistik bagai mahakarya seni yang dihasilkan oleh seniman profesional. Efek dan filter yang tersedia diantaranya efek lukisan cat air, efek mozaik hingga efek lukisan sketsa pensil. Salah satu filter yang juga sangat menarik adalah membuat sebuah foto siluet dengan kontras hitam dan putih yang seimbang dan apik. Foto siluet yang dihasilkan pun mirip siluet yang dihasilkan para pelukis profesional.

Seluruh aplikasi yang telah disebutkan mempunyai fitur unggah langsung pada berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Path dan flatform media sosial lainnya, sehingga para pengguna dapat langsung berbagi hasil karyanya pada orang lain. Berbagai aplikasi membuat siluet tersebut dapat dengan mudah diunggah dan dipasang pada setiap telepon pintar dengan sistem android. Rata-rata ukuran file aplikasi tersebut cukup besar sehingga membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar pula agar saat menggunakan aplikasi tersebut sistem kerja telepon tidak terhambat.

Selain itu, hasil suntingan foto yang dihasilkan oleh aplikasi juga akan disimpan pada ruang penyimpanan telepon, sehingga jika hasil foto tidak disukai atau kurang baik, lebih baik foto segera dihapus dari ruang penyimpanan telepon.

Untuk membuat foto siluet yang apik, tidak hanya aplikasi saja yang dibutuhkan, namun foto yang apik dengan sudut pengambilan foto yang baik juga mutlak dibutuhkan. Memang semua foto dapat dijadikan atau ditambahkan efek siluet, namun tidak semua foto menjadi indah saat diubah atau ditambah efek siluet. Jadi berkreasilah sesuka hati, namun tetap perhatikan nilai estetika dan keindahan foto.

Baca artikel yang lain mengenai Penggunaan Flash Kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − one =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.