Aplikasi Editing Video

Tiga Macam Aplikasi Editing Video Yang Bisa Kamu Kuasai

Bagi yang menyukai editing video atau setiap hari berkecimpung dalam aktivas ini, tentunya pasti sudah familiar dengan alat-alat yang digunakan untuk mengedit video khususnya software editing video. Hadirnya software editing video ini tentu akan menjadi penyalur kreativitasmu, kamu jadi semakin bisa berkreativitas tanpa takut kekurangan efek-efek editing ataupun bahan untuk berkreasi. Kamu bisa leluasa berkreasi dengan software editing video dan mengupload hasilnya ke berbagai sosial media yang kamu seperti Youtube, Instagram, vidio.com, dan lain sebagainya. Tidak jarang uploadan tersebut bisa mengisi pundi-pundi uangmu setelah dilihat oleh banyak orang. Seperti halnya di Youtube, semakin banyak viewers yang menonton videomu akan semakin besar pula pendapatan yang kamu peroleh.

Video yang telah ditonton oleh ratusan juta viewers tentunya mengindikasikan konten video yang bagus ataupun pengemasan video yang menarik. Nah untuk menghasilkan video yang menarik, tentu kamu harus mengeditnya menggunakan software ataupun aplikasi editing. Oleh karenya penting sekali memahami jenis software editing video yang paling simple digunakan tetapi tetap memberikan hasil output yang mumpuni. Berikut ini disajikan beberapa software yang sering digunakan untuk editing video. Penasaran kan. Yuk, segera simak ulasannya.

Lightworks

Software editing video Lightworks ini selain digunakan untuk edit video juga dapat digunakan untuk produksi film dan serial televisi. Lightworks umumnya digunakan oleh para profesional dalam menghasilkan film-film yang memang ditargetkan untuk tujuan komersial.

Mengedit video menggunakan software Lightworks ini memungkinkanmu mengedit file dengan tipe file HD, NTS, dan PAL. Bisa dibilang menu-menu editing yang ditawarkan oleh software ini tidak tertandingi karena mampu melakukan sinkronisasi multi chanel, sync slip, antarmuka dengan obyek, varispeed pemutaran, dan lain sebagainya. Selain itu software ini juga bisa digunakan pada sistem operasi Windows, Linux, dan MAC.

Mendukung penggunaan multi sistem operasi ini menjadi kelebihan dari Lightworks. Selain itu, cara penggunaan yang gratis, mempunyai resolusi tidak terikat, user interface yang mudah, dan menyediakan fasilitas editing tingkat profesional juga menjadi bagian dari kelebihan software Lightworks ini. Sementara dari sisi kekurangan para pemula akan kesulitan menggunakan software ini karena memang didesain untuk para profesional. Selain itu, juga kurang ada dukungan firework capture untuk Linux. Sebenarnya kesulitan saat menggunakan software ini bukanlah kekurangan yang berarti. Selama kita mau belajar dan terus berlatih agar skill kita dalam editing meningkat pesat sehingga tidak kalah bersaing dengan para profesional. Penggunaan software inipun layak untuk diperhatikan mengingat fasiltas editing yang tersedia cukup mumpuni.

VideoPad Video Editor

Software editing video yang kedua ini juga masih bisa didapatkan secara gratis tetapi hanya dalam jangka waktu 14 hari pemakaian.Software buatan NCH software ini dilengkapi dengan perangkat maya plug ini tetapi penggunaannya harus berbayar dan bis amelakukan uji coba gratis selama 14 hari. Meskipun tak sespektakuler Lightworks, tetapi juga masih sangat bagus untuk editing video. Selain itu penggunaannya juga cukup mudah bahkan seseorang yang belum pernah menggunakan VideoPad Video Editor sebelumnya bisa langsung terbiasa dengan software ini.

Oleh karenanya, software ini juga bisa dilirik untuk pemula sebagai software editing karena ramah penggunaannya.  Selain itu VideoPad Juga memungkinakan pengguna mengolah video yang ada pada hardisk penyimpanan dan camcoder yang terhubung ke komputer.

Terdapat kekurangan kecil dari VideoPad Video Editor ini yaitu tidak dapat digunakan untuk mengedit gambar dan aplikasi berbayar. Meskipun demikian kita akan tetap dipuaskan dengan segudang kelebihan yang dimiliki oleh software ini yang terdiri dari:

  • Penggunaan yang mudah.
  • Fasilitas editing yang cukup lengkap, didukung dengan multi format (MKV, 3GP, FLP, MP4), mampu edit suara, danmempunyai lebih dari 50 efek transisi.
  • Memungkinkan mengedit dan membuat logo watermark dalam video.
  • Hasil output dapat disimpan dalam file disk ataupun dishare ke Youtube.
  • Kualitas frame dan layar dapat diatur serta mampu membuat suara dengan efek fade in atau fade out.
  • Tidak memakan waktu yang lama dalam proses rendering.
  • Menghasilkan kualitas gambar yang bagus.

Banyaknya kelebihan yang ditawarkan oleh VideoPad Video Editor ini tentu membuat anda melupakan sebagian kecil kekurangannya bukan dan ingin terus menggunakan software ini sebagai perangkat editing video anda.

Shotcut

Shotcut ini merupakan software editing video yang bisa dapatkan secara gratis. Software ini bisa digunakan baik untuk sistem operasi Linux maupun Windows. Akan ada perbedaan tampilan interface Shotcut untuk linux dan untuk windows disebabkan keduanya memang mempunyai perbedaan dalam beberapa hal. Meskipun demikian bukan berarti terdapat perbedaan fungsi yang mencolok berkenaan denga editing video, keduanya sama-sama dibekali dengan fitur-fitur editing video yang sangat bagus dan tentunya tidak akan membuat kecewa pengguna.

Selain itu hasil editing menggunakan shotcut didukung dalam beberapa format seperti BMP, GIF, JPEG, PNG, SVG, TGA, TIFF. Lebih keren lagi shotcut ini juga memungkinkan pengguna untuk melakukan capture baik melalui screen, webcam, maupun audio. Wah kebayang bukan betapa kerennya software editing video yang satu ini. Maka dari itu, kamu bisa sering-sering belajar editing menggunakan perangkat lunak ini.

Selain ketiga software di atas, terdapat juga beberapa software pengolah video yang sudah terpasang atau terinstal di komputer dan laptop. Umumnya software editing video ini merupakan bawaan dari sistem operasi atau khusus untuk sistem operasi tertentu. Software tersebut, antara lain:

  • Windows Movie Makers

Software ini merupakan perangkat lunak editing video yang khusus untuk pengguna Windows. Tampilan user interface Windows Movie Makers ini juga terbilang cukup sederhana dan mudah dimengerti oleh pemula. Sehingga mengedit video menggunakan software ini tidak akan menemui banyak kendala. Selain itu software ini juga mendukung pengolah gambar, musik, audio, dan konten lainnya hanya dengan mendrag dan menaruhnya pada lembar kerja. Mudah bukan penggunaan software ini. Nah, buat kamu yang suka unggah-unggah momen tertentu ke media sosial, kamu bisa langsung mengshare hasil editan videomu ke Youtube dan Facebook.

  • Imovie

Software ini merupakn aplikasi gratis yang sediakan khusus untuk pengguna produk Apple dan khusus untuk pengguna MacOS (Sistem Operasi Macintos). Jangan ditanya lagi kualitas editing video menggunakan software ini mengingat produk-produk Apple terkenal dengan kualitasnya yang mumpuni dalam multimedia. Tentu saja hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap software Imovienya bukan yang menghasilkan hasil editing video yang super keren.

Selain itu, terdapat sinkronisasi antara Imovie dengan iPad atau iPhone, yang mana kamu bisa menyelesaikan editing menggunakan iMovie meskipun sebelumnya kamu membuat editing tadi di iPad atau iPhonemu. Lebih fleksibel bukan dan kamu tidak perlu mengulang kerjaanmu dua kali dan tinggal merender hasil kerjamu di iMovie.

Demikian beberapa ulasan tentang software editing video yang bisa kamu gunakan untuk mengedit video. Semoga ini bisa menjadi tambahan ilmu buat kamu yang sangat menyukai editing dan jangan lupa perbanyak latihan ya agar keahlianmu semakin bagus.

Baca artikel yang lain mengenai Kamera Underwater 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

13 − 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.