Aplikasi Edit Suara Jadi Bagus Android

Aplikasi Edit Suara Jadi Bagus Android

Media video saat ini telah menjadi salah satu pilihan utama para pengguna media sosial khususnya para vlogger. Para vlogger berlomba-lomba membuat dan mengunggah video yang menarik ke berbagai media sosial seperti Youtube, Facebook atau Instagram agar pengikut atau pelanggannya bertambah yang akan diikuti dengan bertambahnya pundi-pundi uang mereka. Kadangakala para vlogger merekam video dengan alat seadanya seperti kamera telepon pintar sehingga hasilnya pun tidak sebaik yang diharapkan. Oleh karena itu seringkali mereka membutuhkan aplikasi tambahan agar video yang dihasilkan menjadi baik. Salah satunya adalah aplikasi penyunting suara yang ada di telepon pintar sistem android. Pada artikel ini akan dibahas mengenai aplikasi edit suara jadi bagus Android yang dapat digunakan para vlogger.

Voice Changer

Aplikasi pertama yang masuk dalam kategori aplikasi edit suara jadi bagus Android adalah Voice Changer yang dikembangkan oleh AndroidRock (pengembang dari negara China). Aplikasi ini telah diunduh sebanyak 10 juta pengguna Android dari berbagai negara. Aplikasi ini menjadi salah satu favorit para pengguna Android karena dapat menyunting suara dengan berbagai efek mulai dari efek suara normal yang bagus hingga suara Alien atau makhluk luar angkasa.

Pengguna dapat langsung merekam suara di telepon pintar miliknya dan langsung melakukan suntingan menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini juga mempunyai kemampuan menggabungkan beberapa efek suara untuk menghasilkan efek-efek suara unik yang diinginkan penggunanya.

Sebagai contoh, penggabungan suara Alien dengan suara monster hingga menjadi suara monster luar angkasa atau suara bebek dengan suara robot yang akan menghasilkan efek suara sangat unik. Melalui aplikasi ini, para vlogger bisa berkreasi dengan berbagai efek suara serta menjadi kreatif dengan menghasilkan efek suara unik pada videonya.

AudioDroid: Audio Mix Studio

Aplikasi berikut ini dikembangkan oleh FSM SOFT dan telah diunduh sebanyak 5 juta pengguna Android. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur untuk penyuntingan suara mirip penyuntingan suara professional. Pengguna dapat melakukan penyuntingan suara pada satu file suara sekaligus menggabungkannya dengan file suara lain hingga menghasilkan audio yang apik.

Sebagai contoh, pengguna dapat memasukkan file lagu atau musik instrumental, kemudian menambah suara dalam file tersebut, hingga seolah-olah pengguna bernyanyi menggunakan musik tersebut. Pengguna juga dapat melakukan sunting suara dengan menyesuaikan tempo dan mengatur pitch audio yang ada, jadi tidak perlu takut ada audio atau suara yang kurang pas bunyinya. Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk membagi file audio yang telah disunting melalui Whatsapp, email, ChatOn, Bluetooth, Wi-Fi atau Google Drive.

Voice Changer Sound Effect

Aplikasi edit suara yang satu ini dikembangkan oleh 9xgeneration dan telah diunduh oleh kurang lebih 1 juta pengguna Android. Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur untuk menyunting suara dengan bermacam efek dari mulai efek suara normal hingga efek suara mirip monster menyeramkan.

Selain itu, aplikasi ini juga mampu menyunting komposisi suara seperti memperbesar efek bass, echo, menaikkan atau menurunkan pitch serta fitur-fitur menarik lainnya. Pengguna juga dapat memindah file suara dari media lain misalnya dari laptop atau USB flash disk untuk disunting pada aplikasi ini. Jadi para pengguna dan vlogger dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk menyunting suara menjadi lebih bagus sekaligus memberikan efek-efek suara agar video yang dihasilkan menjadi lebih atraktif dan interaktif.

Audio Recorder and Editor

Aplikasi selanjutnya yang dapat digunakan untuk menyunting suara yaitu Audio recorder and editor yang dikembangkan oleh rierie501 dari Singapur. Aplikasi ini telah diunduh sebanyak 1 juta lebih pengguna android. Sama seperti namanya, aplikasi ini dapat digunakan untuk merekam suara serta melakukan suntingan pada suara. Saat melakukan perekaman, pengguna dapat menunda (pause) atau mengulang (rewind) rekaman suara tanpa harus melakukan rekaman dari awal lagi.

Hal ini memudahkan para penggunanya khususnya para vlogger yang seringkali berbicara secara spontan tanpa teks, karena tidak perlu mengulang rekaman pembicaraan dari awal, cukup melanjutkan rekaman audio yang telah ada. Untuk fitur penyunting suara, pengguna dapat memotong dan menggabungkan beberapa rekaman suara. Pengguna juga dapat mengatur atau menyesuaikan kecepatan, tempo atau pitch suara pada aplikasi ini. Disamping itu, pengguna juga dapat mengatur volume suara yang sedang disunting sesuai kebutuhan.

Lexis Audio Editor

Aplikasi edit suara jadi bagus di Android yang satu ini dikembangkan oleh pamsys dan telah diunduh sebanyak 1 pengguna telepon pintar berbasis Android. Aplikasi ini mampu menormalisasi suara yang terdengar kurang apik sekaligus juga mengurangi kebisingan atau noise  yang menutupi suara yang utama. Kemampuan tersebut sangat bermanfaat bagi para vlogger yang sering merekam suara di tempat-tempat yang ramai atau di suatu tempat dengan angin yang cukup kencang hingga terdengar sangat jelas pada hasil rekaman suara.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk mengubah tempo, mengubah kecepatan dan pitch suara atau musik agar terdengar lebih pas atau sesuai keinginan pengguna. Kemampuan lain dari aplikasi ini adalah bisa menyalin dan memotong suara yang kita inginkan untuk digabungkan dengan file suara lainnya, hingga menghasilkan satu file audio utuh sesuai kebutuhan.

Voice Changer With Effects

Aplikasi sunting suara ini bisa dikatakan sangat terkenal di kalangan para pengguna Android, terbukti aplikasi ini telah diunduh sebanyak 50 juta pengguna Android. Aplikasi Voice changer with effects mempunyai kemampuan untuk merekam suara, memberikan efek suara dan membaginya dengan teman melalui berbagai platform media sosial. Aplikasi yang dikembangkan oleh Baviux ini terkenal dengan menu antarmuka yang mudah dipahami sehingga pengunaannya pun mudah.

Selain itu, efek-efek suara yang dihasilkan pun sangat menarik untuk dieksplorasi penggunanya. Efek-efek yang tersedia di dalam aplikasi ini diantaranya suara robot, suara monster, naga, suara seperti berada di dalam gua dan lain sebagainya. Aplikasi ini bisa dimanfaatkan oleh para vlogger untuk menambahkan efek suara unik dalam suatu adegan atau animasi tertentu.

Selain keenam aplikasi edit suara jadi bagus di Android yang telah dijelaskan diatas, masih banyak lagi aplikasi dengan kemampuan edit suara yang baik. Oleh karena Android menggunakan sistem open source, maka pengguna dapat melakukan pemasangan berbagai aplikasi pada telepon pintarnya dengan bebas. Jika pengguna tidak yakin akan satu aplikasi, pengguna dapat memasang lebih dari satu aplikasi yang dapat digunakan secara bersamaan. Keuntungannya adalah pengguna bisa membandingkan mana aplikasi yang paling baik dalam melakukan sunting suara.

Pengguna juga bebas berkreasi menciptakan berbagai efek suara menggunakan aplikasi tersebut. Untuk menghasilkan efek suara yang baik, alangkah baiknya jika dari awal para pengguna khususnya vlogger menggunakan alat perekam suara yang tepat selain memanfaatkan aplikasi pada telepon Android.

Baca artikel yang lain mengenai Cleaning Kit Kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × five =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.