Aplikasi Edit Foto Selain Photoshop

9 Aplikasi Edit Foto Selain Photoshop yang Tak Kalah Fungsinya

Tak bisa dipungkiri jika Photoshop masih menjadi software utama yang diunggulkan saat akan mengedit sebuah foto. Baik orang biasa, fotografer ataupun tukang foto amatiran banyak yang menggunakan Photoshop sebagai aplikasi andalan untuk mengedit foto. Nah, bagi yang bosan atau ingin model lain sebenarnya ada banyak aplikasi editing foto yang dapat menggantikan Photoshop. Beberapa software berikut ini gratis dan sebagian lagi berbayar namun menawarkan free trial. Simak 9 software alternatif Photoshop berikut ini:

1. Affinity Photo

Affinity Photo terpilih sebagai Apple’s App of the Year 2015 dan Best Imaging Software 2016 oleh Technical Image Press Association. Penghargaan tersebut tentunya membuktikan bahwa Affinity Photo memang aplikasi foto editing profesional yang dibutuhkan semua orang. Melalui website resminya disebutkan bahwa Affinity Photo memiliki semua kualitas yang dibutuhkan untuk membuat fotografi yang cantik untuk kehidupan.

Sayangnya Affinity Photo hanya bisa digunakan di platform Mac dari Apple. Jadi bagi pengguna platform lain tak bisa menggunakannya. Kelebihannya adalah aplikasi ini kompatible dengan Photoshop serta format file lainnya. Meskipun harganya cenderung lebih murah dari Photoshop(tanpa berlangganan), namun para kreator mengungkapkan bahwa aplikasi ini sesungguhnya lebih baik. Affinity menawarkan kecepatan yang lebih dengan sedikit crash serta undo tanpa batas.

Tentu saja aplikasi ini tetap memiliki kekurangan selain hanya digunakan untuk produk Mac. Kecepatan yang dibicarakan ternyata juga bergantung pada spesifikasi komputer atau laptop yang digunakan. Tapi bagi siapapun yang ingin mencari alternatif Photoshop maka Affinity Photo sangat perlu dicoba pertama kali.

2. GIMP

GIMP tak hanya gratis tapi juga dapat digunakan dalam beragam platform seperti Linux, Windows, dan Mac. Aplikasi open source ini memang dikenal menjadi aplikasi editing foto yang sering digunakan untuk menggantikan Photoshop. GIMP menawarkan alat edit yang luas serupa dengan Photoshop dalam berbagai segi. Meskipun tampilan muka berbeda namun GIMP membuatnya lebih mudah bagi pengguna yang migrasi dari Photshop.

Semua fitur editing dasar tersedia pada GIMP mulai dari painting, colour correction, cloning, selection, dan enhancement. Tim developer berkerja keras untuk membuat aplikasi ini kompatibel dengan berbagai format populer. Secara keseluruhan GIMP merupakan pilihan terbaik bagi yang ingin mengedit foto ala Photoshop dengan aplikasi gratisan.

3. Sketch

Sketch merupakan salah satu software editing foto untuk platform Mac. Software ini memiliki user interfce yang simple namun memiliki banyak fitur serupa dnegan yang dimiliki oleh Photoshop dan Illustrator. Naiknya popularitas display Retina dan perangkat mobile, tim developer di balik Sketch mencoba membuatnya lebih fleksibel. Ini kemudian mendukung pembesaran tak hingga dan bentuk vektor yang cocok untuk beragam resolusi.

Pengguna Sketch yang sebelumnya menggunakan Photoshop mengungkapkan bahwa Photoshop tidak pernah fokus pada desain antar muka pengguna atau user interface. Selain itu harganya cukup mahal, dengan unduhan yang besar serta sering crash. Jadi beralih ke Sketch merupakan pilihan yang tepat karena memiliki UI yang mudah dipahami dan digunakan. Sketch sendiri dapat diunduh dengan harga sebesar 99 dollar Amerika.

4. Pixlr

Pixlr merupakan aplikasi yang dapat digunakan pada platform Android dan iOS. Aplikasi ini mengklaim menjadi “editor foto online paling populer di dunia”. Tak heran selain memiliki banyak fitur aplikasi ini juga dapat diunduh secara grafik. Fiturnya antara lain memiliki lebih dari 600 efek, bingkai, overlays, dan membuat pengguna dapat melakukan editing dasar serta mempercantik foto. Banyak digunakan pada perangkat mobile, Pixlr memang cukup mudah digunakan dengan antar muka yang friendly.

5. Corel PaintShop Pro

Corel PaintShop Pro merupakan aplikasi alternatif Photoshop bagi pengguna komputer berbasis Windows. Pengembangnya sendiri juga pembuat aplikasi Painter. Aplikasi ini memiliki alat editing foto yang cukup luas sehingga dapat memenuhi kebutuhan profesional.

Terdapat dukungan layers di sini serta alat editing yang lengkap mulai dari warna, koreksi, cloning serta me-makeover foto. Selain itu kita dapat menemukan alat media seni yang canggih seperti efek brush serta pilihan vektor. Paintshop Pro mendukung brush milih Photoshop. Versi terbarunya menawarkan kecepatan yang lebih tinggi, teks baru, serta alat menggunting foto yang lebih powerful.

6. Paint.net

Paint.net merupakan foto editor alternatif berbasis Windows. Berbeda dengan Paint milik Windows yang tampak sangat mendasar, aplikasi ini memiliki fitur yang lebih bisa diandalkan. Paint.net sendiri merupakan proyek open source sehingga dapat diunduh secara gratis.

Fokusnya adalah penggunaan yang mudah. Kita tahu banyak orang yang merasa kesulitan saat menggunakan Photoshop. Aplikasi ini memberikan kemudahan untuk mengedit foto, namun tidak difokuskan untuk menciptakan karya seni. Ada banyak efek spesial yang dapat digunakan untuk membuat sebuah foto menjadi lebih menawan dan tertutupi kekurangannya.

7. Sumopaint

Sumopaint merupakan editor gambar yang bisa digunakan melalui browser atau iPad. Ini memiliki fitur standar yang banyak dibutuhkan. Versi gratisnya bahkan cukup berguna untuk dicoba. Menu yang dimiliki rata-rata serupa dengan aplikasi editor foto/gambar lainnya misalnya brush, pencil, shape, text, cloning, gradient, dan lain-lain.

Kita bisa mencoba versi gratisnya secara online melalui website resmi sumopaint. Beberapa menu memiliki fungsi yang berbeda dari Photshop namun tetap layak untuk dicoba. Saat mengedit secara online pastikan browser sudah memiliki plugin Adobe Flash yang uptodate.

8. PicMonkey

PicMonkey merupakan alat editing yang dapat dioperasikan secara online menggunakan browser. Aplikasi ini menawarkan filter foto yang mirip Instagram. Ada juga fitur untuk mempercantik foto dengan menu menghilangkan kerutan, noda, dan sejenisnya. Ada juga pilihan stiker lucu seperti kumis dan topi pesata. Meskipun cukup sederhana tapi bisa dijadikan alat coba-coba untuk mengedit foto apalagi dapat digunakan secara gratis. Format gambar yang didukung antara lain BMP, JPEG, GIF, TIFF, dan PNG.

9. Krita

Krita telah mendapatkan berbagai pujian karena kemampuan editingnya yang baik. Aplikasi open source ini mendukung platform Windows, Linux, BSD, dan Unix. Fitur menu yang didukung cukup lengkap meskipun ada sedikit kekurangan jika dibandingkan dengan Photoshop atau GIMP. Krita sebenarnya dikenal sebagai program untuk menggambar atau melukis di komputer namun bisa juga digunakan untuk editing foto. Beberapa fitur editing yang dimiliki antara lain crop tool, adding text, dan menajamkan area tertentu.

Tema default Krita adalah dark tapi kita bisa menggantinya dengan pergi ke Setting > Theme Menu. Seperti program editing lainnya, Krita memiliki kontrol zoom yang beragam. Program ini menjadi satu bundel dengan Koffice Suite sehingga bisa menjadi pilihan ringkas bagi yang senang menggunakan program-program open source.

Aplikasi-aplikasi alternatif untuk Photoshop ada beragam. Tak sedikit yang kemudian benar-benar bisa menggantikan fungsi Photoshop sebagai foto editor yang handal. Baik pemula ataupun profesional, memiliki program editing foto selain Photoshop bisa dicoba untuk memberikan pengalaman berbeda.

Baca artikel yang lain mengenai Trik Fotografi dengan HP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − seven =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.